Pertimbangkan Makanan Kesukaan Anak

Kendalikan Alergi Pada Anak Melalui Makanan

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini mengenai topik “Alergi Pada Anak” tentu sebagai orang tua kita selalu memperhatikan kesehatan anak, termasuk makanan yang dikonsumsi anak. Masalahnya, apakah anak alergi terhadap makanan dan ternyata makanan tersebut merupakan makanan kesukaan anak. Bagaimana cara mengatasi persoalan ini?

Sebelum si biang rumpi ini membahas topik alergi pada anak lebih jauh. Yuk kita simak apa yang dimaksud alergi oleh Mr W.

Mr W mengatakan:

Alergi atau hipersensitivitas tipe I (1 dari 4) adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen. source


Sudah paham bukan apa yang dijelaskan Mr W mengenai Alergi. Kalau menurut si biang rumpi,  alergi itu bisa dilihat dan dicermati. Karena itu, yuk teman ngerumpi, khususnya orang tua mari cermati anak untuk mengetahui apakah anak mengalami alergi atau tidak. Sebab alergi jika dibiarkan saja akan mempengaruhi tumbuh kembang anak ketika dia menjadi dewasa.

Sebenarnya, reaksi alergi itu bisa dipicu dari makanan, obat-obatan, sengatan serangga, serbuk sari, atau zat lain. Meskipun sebagian besar reaksi alergi tidak serius, reaksi parah dapat mengancam kehidupan dan memerlukan perhatian medis segera. Karena itu, untuk mengatahui apakah anak mengalami alergi perlu memperhatikan dengan cermat tanda dan gejala yang terdapat pada tubuh anak. Mau tahu?


Ini dia tanda dan gejala ringan  yakni anak mengalami rasa gatal, kulit kemerahan dan sedikit pembengkakan, bahkan ada lebih cendrung pilek dan hidung tersumbat, dan bahkan sering bersin-bersin saat berada di lingkungan tertentu. fpBahkan ada yang mengalami rasa gatal pada kulit dan mata berair. Lebih teruknya lagi timbul benjolan merah dan terasa gatal pada tubuh anak.

Sedangkan tanda dan gejala parah karena alergi yakni pembengkakan mulut atau lidah, kesulitan menelan atau berbicara, kesulitan bernapas, perut terasa nyeri nyeri, mual, muntah, atau diare; pusing dan bahkan bisa menyebabkan pingsan;


Apa yang harus dilakukan ketika anak mengalami alergi? Sudah pasti teman ngerumpi harus menghubungi dokter jika sang anak memiliki reaksi alergi yang sudah tergolong tidak ringan dan sangat mengkuatirkan. Jika anak masih masuk kategori alergi ringan, maka kenali dulu apa penyebab alergi anak teman biang rumpi. Sebab, setiap anak memiliki  penyebab alergi yang berbeda satu dengan yang lain.

Jika diketahui anak mengalami alergi akibat makanan. Maka perhatikan pola makanan anak. Jangan sampai anak terus menyantap makanan yang menyebabkan anak mengalami reaksi alergi. Kendalikan alergi anak misalnya anak alergi makanan tertentu seperti alergi terhadap kacang. Saat anak ingin makan sate, jangan meminta sausnya yang berisi kacang tetapi bisa meminta kecap. Sehingga anak tidak akan merasakan alergi.


Namanya anak zaman sekarang yang selalu bertanya, kenapa aku tidak boleh makan kacang? Maka, teman ngerumpi bisa menjelaskan dengan cara singkat, “Alasan bunda melarang kamu makan kacang, sebab setelah makan kacang maka tubuh kamu akan terasa gatal. Karena itu bunda sayang kamu, makanya bunda tidak ingin kamu tersiksa akibat rasa gatal setelah makan kacang. Reaksi tubuh kamu berbeda, itu namanya alergi kacang.”

Hal tersebut termasuk solusi alergi bagi anak, sehingga anak mengetahui bahwa tubuhnya mengalami reaksi gatal, ataupun lainnya setelah habis makan makanan yang tidak bisa diterima tubuhnya. Terus bagaimana jika tanpa disengaja anak memakan makanan yang menyebabkan alergi? Tidak usah panik dulu teman ngerumpi, si biang rumpi memiliki cara jitu cara mengatasi alergi pada anak yang disebabkan makanan yakni dengan cara memberikan anak minum air putih. Mengapa? Sebab dengan  meminum banyak air putih akan membantu menetralisir tubuh dari alergi makanan. Lalu, beri konsumsi madu apabila kulit anak menjadi merah dan gatal-gatal akibat tanpa sengaja mengkonsumsi makanan yang menyebabkan alergi. Sebab madu dapat membantu menyembuhkan alergi makanan. Jika masih mengalami reaksi alergi segera pergi ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.



KESIMPULAN
Anak mengalami alergi terhadap makanan tidak perlu panik. Sebab, anak mengalami alergi karena makanan bisa disebabkan karena faktor keturunan atau bahkan  tubuh anak tidak bisa mencerna makanan tersebut. Sehingga mengalami alergi, kenali dulu alergi anak, sebab ada dua tahapan alergi ringan dan berat. Jika ringan kita bisa menemukan solusinya, misalnya anak alergi terhadap makanan tertentu, maka jelaskan pada anak dan kendalikan alergi anak dengan mempertimbangkan segala makanan kesukaan anak. Jelaskan, alasannya sehingga anak dapat memahami kenapa dia tidak boleh mengkonsumsi makanan tersebut.



Salam Biang Rumpi

.


CONVERSATION

1 comments:

  1. Ini dia Mbak memang kudu waspada, anakku yg kecil nih suka nggak tahan makanan pabrikan :)

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan