Beratnya Jadi Ibu Rumah Tangga



Kerjasama Meringankan Pekerjaan
 
Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini mengenai pekerjaan sebagai Ibu Rumah Tangga. Pasti, teman ngerumpi beranggapan bawasanya pekerjaan sebagai Ibu Rumah Tangga adalah pekerjaan yang tidak profesional dan tidak berkelas. Padahal, pekerjaan ini lebih parah dari pekerjaan mana pun. Mau tau alasannya? Sebab, si biang ngerumpi baru merasakan selama 12 hari sejak Mama pergi berlibur.

Biasanya si biang rumpi hidup sendiri, kalau pun pas tinggal bersama orangtua. Rata-rata si biang rumpi cuma kebagian tugas ringan. Nah, sejak kepergian mama untuk berlibur. Baru kali ini si biang rumpi merasakan beban berat sebagai seorang “IBU” Maklum si biang rumpi ini kan, single forever, masih dalam batas waktu tak ditentukan hahaha.



Jadi, teman ngerumpi yang bekerja di kantor dan memiliki asisten rumah tangga. Jangan sekali pun menyepelekan teman yang memiliki pekerjaan sebagai Ibu rumah tangga. Ini dia alasannya...

Housewife should manage money
Bisa dibayangkan bagaimana susahnya mengatur keuangan dengan pemasukan yang tidak seberapa dan pengeluaran yang terus bertambah. Ditambah lagi, jika tiba-tiba ada pengeluaran mendadak di luar perencanaan per bulan. Its so damn difficult to do lho teman ngerumpi. Jadi, jangan menyepelakan pekerjaan IRT. Sebab, mereka harus be smart untuk mengatasi segala persoalan yang ada dan harus memutar otak bagaimana mengelola keuangan agar mencukupi hingga pemasukan berikutnya.




Housewife should super clean
Mungkin sebagian teman ngerumpi beranggapan zaman serba modern dan semua bisa dilakukan dengan mudah. Benar, sekarang ada mesin cuci, tetapi mesin cuci juga masih butuh manusia untuk memasukan sabun, air dan mengontrol penggerakan mesin cuci. Plus, setelah itu menjemur dan menyetrika or setidaknya melipat baju. Belum lagi di tambah apabila di permainkan hujan. Hujan sesaat dan panas, hujan lagi. Panas bagi IRT usai hujan walau 10 menit sangat berarti untuk mengeringkan pakaian.



Cuci Piring
Nah, ini yang paling menyebalkan. Kala, di minta sehabis makan di cuci piringnya. Mereka hanya mencuci bekas makan saja. Namun, kuali atau wajan di depan mereka tidak ada yang mau mencuci. Padahalkan, masak itu butuh panci dan perlengakapan masak lainnya. Apakah itu tidak butuh dibersihkan?


Housewife should Cook
Seorang ibu rumah tangga harus memasak agar bisa mengatur keuangannya sebaik mungkin. Memasak adalah persoalan yang berat mulai belanja, memetik, membersihkan dan memasak. Setelah memasak, segala urusan dapur juga harus dibersihkan.


Housewife shoud fix anything

Tiba-tiba keran air rusak dan semua pipa ledeng pada lepas semua. Tak ada seorang pun yang tergerak hatinya untuk membantu membenarkan keran air. Mau tak mau Ibu rumah tangga harus membenarkannya seorang diri dan berusaha sebagaimana adanya.

Nah diatas hanyalah segelintir pekerjaan sebagai ibu rumah tangga dan masih banyak lagi pekerjaan ibu rumah tangga yang harus dilakukan. Waktu kerjanya 1 x 24 jam dan tidak ada gaji plus hari libur. Jadi, apakah teman ngerumpi masih memandang rendah pekerjaan sebagai ibu rumah tangga? Coba rasakan terlebih dahulu, maka pemikiran teman ngerumpi akan berbeda.

KESIMPULAN

Pekerjaan Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang mulia. Namun sayang, semakin berkembangnya zaman. Sebagian orang mulai memandang rendah status IRT. Padahal, IRT itu adalah pekerjaan yang paling berat dari siapapun. Sebab IRT yang pintar harus pandai mengatur keuangan, kesehatan keluarga, kebersihan rumah, IRT adalah pekerjaan untuk wanita super yang bekerja 1 x 24 jam dan tanpa gaji apalagi libur. Karena itu, sebagai seorang suami atau anak marilah ringan tangan membantu pekerjaan si ibu agar ibu semakin sehat,sayang dan juga panjang umur agar kalian semua bisa menikmati rasa kebersamaan dan sukacita. Tidak ada yang mengatakan I am the best tetapi all the best karena saling bahu membahu.

Salam Biang Rumpi


Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia , kotacinta dan Storycitra temukan artikel menarik lainnya

CONVERSATION

3 comments:

  1. ibu rumah tangga, walau banyak yang diurus dirumah, tetep lah jadi Ratu dirumah ya mbak. dan disegani anak anak

    ReplyDelete
  2. Bagiku, ibu rumah tangga itu seorang profesor hehehe :)

    ReplyDelete
  3. aku bekerja sahabat2ku ada yg jd Irt tp kami ga saling nyinyir kek didunmay kami saling support krn saling menghargai pilihan masing2. jd irt silakan jalani tnp perlu merendahkan yg bekerja pun sebaliknya 😁

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan