Tulis Dengan Hati

Ketika Menulis sebuah Hobi & Pekerjaan

Chitchat.my.id- Aloha, Cava Bien? Semoga dalam keadaan sehat semua ya. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini mengenai si biang rumpi sendiri hihihi. Habis, setiap kali si biang rumpi menyodorkan kartu nama dan mereka melihat sejumlah link blog biang rumpi. Teman ngerumpi langsung mengatakan, “Banyak Amat! Apa nggak repot?” entahlah, si biang rumpi sendiri tidak merasakan kerepotan menulis. Sebab, si biang rumpi menulis dengan hati.

Mereka pasti bertanya-tanya, apa karena sekarang kerja freelance. Sehingga bisa memiliki banyak waktu untuk menulis? Sejujurnya si biang rumpi untuk mengupdate my babies ini hanya menyediakan waktu khusus di akhir pekan, yakni hanya menulis di hari Sabtu or Minggu saja untuk setiap artikel blog yang harus ditulis. Kemudian dibuat jadwal khusus update automatis. Kalau tidak salah si biang rumpi pernah memberikan tutorial di blog gratisan yang pertama kali si biang rumpi buat yakni di diary citra. Mungkin teman ngerumpi berminat mengintip link tutorialbagaimana membuat jadwal update automatis? Silahkan diintip ya.



Nah, beberapa kali sempat ketiga babies tidak terupdate maksimal! www.kotacinta.com; www.kitabahagia.com; www.chitchat.my.id; dan terakhir yang baru sebulan yang lalu si biang rumpi buat yakni www.storycitra.com sempat terhenti update. Pasalnya, memang pada beberapa akhir pekan si biang rumpi terganggu dengan berbagai aktivitas. Sehingga tidak sempat menulis. Sedangkan di hari biasa, si biang rumpi mengurus proyek “rahasia” yang harus menyita fokus dan tenaga, plus wajib mengurus berbagai aktivitas lainnya. Bekerja freelance sebenarnya lebih berat dibanding bekerja di kantoran yang memiliki jadwal pasti. Namun, mereka melihat dengan kacamata mereka, kita ini kerjanya nyantai. Padahal, tidak demikian. Apalagi si biang rumpi memiliki target untuk menyelesaikan sejumlah buku anak yang sedang dalam proses penulisan maupun picture book dengan design yang berbeda. Buku traveling yang saat ini sedang dalam pengeditan oleh teman. Kemudian beberapa orang yang meminta tenaga si biang rumpi dalam menulis beberapa artikel yang memang tidak boleh dikasih tahu siapa.

Belum lagi si biang rumpi juga harus mengejar beberapa proyek yang ditawarkan secara lelang di internet. Semua itu sangat menyita waktu dan tenaga. Walaupun kerja di rumah tetap harus profesional dan tidak boleh mengecewakan. Namun, semua itu terbayar saat melihat penamabahan jumlah uang di rekening hihihi. Terus, masih sempat-sempatnya memiliki banyak blog? Tentu saja, sebab ketika menulis sebuah hobi maka itu tidak akan pernah membosankan untuk dikerjakan.


Menulis dengan hati akan membuat kita merasa tidak terbebani. Walaupun, tekanan dari berbagai klien dan juga deadline serta kehidupan harian, ditambah lagi suatu hubungan jarak jauh dan juga press sure dari keluarga dan pandangan orang tentang diri kita kenapa berada di rumah setiap waktu dan tidak mencari kerja kantoran membuat kita benar-benar kesel. Sebab, bekerja tidak perlu ngantor. Bekerja freelance tantangannya lebih banyak. Apalagi dengan adanya tawaran jalan-jalan dari teman, godaannya sangat besar. Meskipun bisa dilakukan bersamaan tetapi membawa laptop besar kemana-mana benar-benar sangat melelahkan. Sebab tanggungjawab itu ada dan harus menjaga kualitas dari hasil dan kecepatan tangan dalam menulis.

Terkadang juga harus bergadang sampai malam maupun bangun pagi hanya sekedar mencari network yang bisa digunakan. Apalagi tinggal di daerah yang terkadang sinyal internetnya bisa tidak digunakan dengan sempurna pada hari-hari khusus. Tekanan itu bisa sangat melelahkan. Namun kembali lagi, jika tidak dikerjakan proyek yang sudah diterima maka resikonya nama kita akan rusak dan hasilnya kedepannya banyak klien yang tidak percaya pada kita.


Jadi, ketika teman ngerumpi memutuskan memiliki beberapa blog, konsisten dalam menentukan waktu menulis. Kalau tidak bisa menentukan waktu tertentu untuk menulis. Luangkan waktu sehari untuk menulis dan mengupdate tulisan. Sebab, sebuah rumah walaupun dunia maya tentu membutuhkan sentuhan dari si pemilik rumah hihi. Jangan memandang apa yang kita miliki adalah sebuah beban tetapi sebuah kesenangan. Meskipun tidak semua orang memahami akan hal itu.

KESIMPULAN

Memiliki banyak blog berarti meluangkan lebih banyak waktu untuk mengisi konten blog tersebut. Sebenarnya tidak demikian jika kita membuat jadwal khusus untuk menulis blog dan juga melakukan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan. Apapun profesi pekerjaanmu, baik pegawai kantoran maupun freelance. Waktu sangat berharga dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Karena itu, buat jadwal dimana teman ngerumpi lebih fleksibel dalam menulis dan fokus dalam satu bahan tulisan. Sehingga semua bisa selesai. Apabila ditengah jalan ada ide yang muncul, tulis garis besar dalam kertas dan fokus pada tulisan pertama. Semoga bermanfaat curahan hati si biang rumpi kali ini hihihi di jam tayangan tips menulis di hari rabu.

Salam Biang Rumpi


Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia , kotacinta dan Story citra temukan artikel menarik lainnya

CONVERSATION

2 comments:

  1. Hai kak Citra, kalau boleh tau bagaimana kak Citra menentukan tulisan mana utk blog yg mana? Selain 1 blog berbahasa inggris, apa benang merah dari masing2 blog? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga kak Aniisa, emmm benang merah dalam blog yang aku miliki ya? Wah, ini malah tidak pernah aku pikirkan hihi tetapi sebelum aku membuat blog, aku sudah mengkonsepnya sejak dua belakangan, mulai dari url, konten dan gaya penulisannya seperti apa. Nah, contohnya si blog ngerumpi ini... gaya tulisannya santai dan nyeleneh. Karena sejak dibuat memang konsep yang dibuat seperti itu.

      Jadi setelah aku membuat konsep blog, jadi lebih gampang menentukan dan memilih oh tulisan yang ini untuk blog kitabahagia dan yang ini lebih pas di kotacinta seperti itu.... semoga penjelasannya mudah dipahami kalau masih bingung boleh ditanyakan kembali sama si biang rumpi ya hihihi

      Delete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan