Apakah Kebebasan Lebih Baik?

Terbang Lepas dan Berbahagia

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Sudah lama banget ya biang rumpi tidak berbagi rumpian dengan teman ngerumpi sekalian. Bukan karena tidak peduli dengan blog ngerumpi nyeleneh di sini. Meskipun biang rumpi telah memiliki beberapa blog baru diantaranya adalah www.jejakcantik.com, www.petunjukhidup.com, www.asiabutterflytraveler.com, www.storycitra.com dan www.kitabahagia.com blog terlama yang biang rumpi kelola.


Kebebasan adalah kata yang sunggung menggoda menurut biang rumpi! Bagaimana dengan teman ngerumpi sekalian? Kebebasan yang seperti apakah yang bisa dikatakan bebas! Tadi pagi, biang rumpi lagi bermalas-malasan di dalam kamar dan terdengar kicauan beberapa burung yang bertengger diatas dahan pohon. Mereka basah tetapi tetap berkicau merdu. Mereka bebas dalam arti harafiah. Sehingga biang rumpi kembali teringat pada suatu masa, dimana biang rumpi menghadiri acara wisuda adik tetapi biang rumpi memilih nunggu di luar nyambi berbincang-bincang dengan orang yang tak dikenal.


Tidak jauh dari sana ada seekor burung yang terbang bolak balik mencari ranting. Rupanya burung ini sedang membuat sarang tidak jauh dari tempatnya bertengger. Nah, orang asing ini nyeletuk, kenapa coba burung ini tidak mau dipelihara. “Bukankah enak tinggal di dalam rumah yang nyaman dan diberi makan tidak perlu susah payah mencari makan,” sahut pria asing itu sambil memperhatikan gerak-gerik burung tersebut.

Tanpa disadar aku menyahut, apa asyiknya diberi makan dan rumah nyaman tetapi tidak ada kebebasan. Bebas dalam artian bisa menikmati hidup dan mengepakan sayap selebar mungkin terbang diangkasa. Berjuang untuk bertahan hidup dalam kesulitan dan kesenangan yang akan datang. Menurut teman ngerumpi, apakah makna kebebasan bagi kalian? Secara pribadi biang rumpi beranggapan kebebasan adalah terbang bebas dan berbahagia. Namun, its only theory right! Nah, makna kebebasan itu sendiri seharusnya bebas finansial, bebas melakukan APAPUN. Namun, hakekatnya, siapa yang bisa terbebas dari finansial. Jika tidak bekerja maka tidak akan menghasilkan UANG. Sedangkan UANG adalah kebutuhan yang penting dalam kehidupan masa sekarang.


Terus, apakah kita tidak terbebas? Apakah kita terikat akan komitmen yang membuat kita terpuruk? Jawabannya adalah IYA! Apabila kamu (teman ngerumpi berpikir demikian). Sedangkan bagi biang rumpi TIDAK. Kebebasan finansial bagaimana kita bisa mengelola dengan baik, kebebasan waktu bagaimana kita bisa memanajemenkan waktu dengan baik. Sehingga kita tidak dikejar waktu tetapi waktu terus bersama dengan kita karena kita yang mengatur segalanya dengan baik.


Kehidupan dan kebebasan adalah hal yang paling diinginkan setiap manusia tetapi kebebasan seperti apakah itu? bebas bergaul dengan siapa saja dan salah mengikuti aturan dan sehingga terjerumus dalam lubang kegelapan? Itu bukanlah kebebasan yang murni yang harus diperjuangkan tetapi kebebasan bagaimana kita bisa hidup seimbang antara kebutuhan dan kesenangan tanpa merusak sistem dan makna kebebasan itu sendiri. Bagaimana dengan teman ngerumpi sekalian?

Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia ,  dan Story citra, petunjukhidup temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan