Travel Blogger Bukan Sekedar Jalan-Jalan 2

Belajar Menghargai Uang dan Waktu
Chitchat.my.id- Aloha, how are you every body? I wish all of you are the best in your way. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini mengenai bagaimana menjadi travel blogger. Rabu kemarin, si biang rumpi sudah membahas beberapa steps sebelum menjadi seorang travel blogger yakni mempelajari program blog, memilih url yang sesuai dan terpenting menceritakan siapa dirimu sebernarnya. Eh, maksudnya teman ngerumpi membuat profile yang menarik, gitu. Sekarang, masih berkelanjutan bagaimana menjadi seorang travel blogger dan semoga minggu depan, biang rumpi bisa “menghadirkan” bintang tamu sebagai travel blogger yang “famous” dikalangan group lokal yang biang rumpi ikuti, okay.

Judulnya sama dengan minggu lalu, wow teman ngerumpi so smart dan memperhatikan dengan seksama. Benar sekali, travel blogger itu bukan sekedar jalan-jalan tetapi seorang travel blogger menghargai uang dan waktu. Coba bayangkan saja, jika seorang travel blogger adalah orang yang miss/mrs/mr telat, bisa rugi kan uang tiket pesawat, bus, maupun kereta api jika tidak on time. Karena itu, seorang travel blogger harus bisa menghargai waktu dan uang. Sebab, jika teman ngerumpi sering berpergian otomatis penghasilan bukannya bertambah tetapi berkurang untuk biaya makanan, penginapan, transportasi dan sebagainya. Karena itu, sebagai seorang travel blogger harus bisa melakukan manajemen waktu dan uang dengan baik. Setelah itu, baru bisa menuliskan kisah perjalanannya dalam sebuah BLOG.

Tulislah Kisah Perjalanan Mu

Aduh, teman ngerumpi masih pemula dan tidak mengerti benar mengenai konsep bagaimana menulis dalam sebuah blog post? Tenang saja, tidak usah gugup apalagi sampai tangan bergetar. Caranya sangat mudah sebenarnya, seorang travel blogger menuliskan kisah perjalannya. Jadi, mulailah bagaimana teman ngerumpi memulai kisah perjalanan, contohnya, tips bagaimana bisa mendapatkan promo tiket pesawat murah, diskon hotel dan juga barang atau perlengkapan apa saja yang harus dibawa. Kemana tujuan traveling kali ini dan alasan kenapa teman ngerumpi memilih destinasi tersebut. Dari beberapa topik tersebut, buat yang terbaik sebagai headline. Sama seperti berita, tentu saja ada berita utama dalam setiap artikel post bukan?

Kursus menjadi Travel Blogger

Masih tidak percaya diri dalam menulis untuk sebuah artikel kisah perjalanan. Teman ngerumpi bertekad menjadi seorang travel blogger yang profesional? Nah, ambil kursus menjadi travel blogger. Ada banyak tawaran kursus menajdi seorang travel blogger. Dimana teman ngerumpi bisa menginvestasikan uang dan waktu agar menjadi profesional sebagai seorang travel blogger di mata dunia. Ih, untuk apa kursus menjadi seorang travel blogger? Mungkin, beberapa teman ngerumpi berpikiran sama seperti biang rumpi. Alasan nya untuk menjadi seorang profesional travel blogger adalah orang yang bdapat menghasilkan uang dengan cara melakukan perjalanan. Mungkin, kita melihat tidak ada sulitnya, tetapi sebagai seorang travel blogger yang PROFESSIONAL. Kita harus membangun minat pembaca, bagaimana menjual dirimu dan juga bagaimana teman ngerumpi bisa mengaet brands untuk bekerjasama. Tentunya semua itu butuh kursus dimana trainernya sudah mengalami semuanya dalam kehidupannya bukan?

Bangun Jaringan dengan Blogger Lain
 

Meskipun seputar dunia penulisan dalam blog, bukan berarti teman ngerumpi bisa berdiri sendiri. Teman rumpi juga membutuhkan blogger lainnya. Karena itu, tidak ada salahnya teman ngerumpi membangun jaringan dengan blogger lain. Sehingga sama-sama mendapatkan keuntungan dari dunia blogging. Pentingnya mengikuti komunitas dalam dunia blogger. Dikarenakan banyak informasi yang bisa didapatkan teman ngerumpi, termasuk si biang rumpi mengikuti beberapa komunitas blogge.. Sehingga secara perlahan namun pasti kita sudah mendapatkan network sesama hobi dan penggila traveler. Bagaimanakah caranya membangun network yang bukan dari komunitas? Caranya dengan meninggalkan komentar pada kolom blog post yang teman rumpi kunjungi. Asal komentarnya jangan garing ya. Sehingga mereka mau berkunjung balik dan bahkan bisa mendapatkan unique visitor juga melalui blog tersebut.

Menghasilkan Uang melalui BLOG
Sebagai seorang travel blogger, sudah bisa dipastikan ada dua tipe, travel blogger yang meluangkan waktu liburan untuk jalan-jalan atau full travel blogger. Apapun itu, menghasilkan uang dari blog sangat penting untuk menambah pundi-pundi anggaran agar bisa melakukan perjalanan lain. Terus, bagaimana caranya?  Untuk menghasilkan uang dalam sebuag blog pertama teman ngerumpi perlu membangun pembaca yang lebih banyak bukan sekedar teman ataupun keluarga yang berkunjung ke blog teman ngerumpi. Lebih banyak traffic masuk ke dalam blog kamu maka akan banyak uang yang bisa teman ngerumpi hasilkan.  Paling penting bagi teman ngerumpi dan si biang kerok ini sebagai blogger pemula adalah bagaimana membangun audience terlebih dahulu. Baru, bicara soal money!

Emm, biang rumpi rasa sudah cukup untuk ngerumpi hari ini. Sebab, masih banyak yang harus dilakukan teman ngerumpi dalam segala aktivitas dan mimpinya bukan? Jadi, selamat menjalankan aktivitas dan stay tune terus ya di blog yuk ngerumpi bersama si biang rumpi di blog kesayangan kita yakni www.chitchat.my.id

KESIMPULAN
Menjadi travel blogger itu tidak mudah, pertama kita harus ahli dalam menulis kisah perjalanan yang unik dan membangun minat audience untuk terus berkunjung ke blog kita. Membangun network bagi seorang blogger pemula sangat PENTING! Sebab, jaringan tersebut akan membuat kita mendapatkan berbagai informasi yang berguna. Ditambah, juga bisa mendatangkan visitor pada blog yang kita miliki. Sebagai travel blogger pemula jangan beramsusi atau tergiur dengan cara mendapatkan duit tetapi bagaimana cara membangun pembaca pada blog kita.

  

Salam Biang Rumpi



Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia , kotacinta dan Story citra temukan artikel menarik lainnya

CONVERSATION

1 comments:

  1. ahaha iya bener banget.. travelling gak cuma buat kepuasa.. ada banyak hal yang bisa diambillll dipelajari... jadi kalo cuma buat mejeng2 di igek, mending out aja jadi travel blogger... karena gak guna juga kalo cm buat pamer ya kak.... minimal ngasilin duit deh...

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan