Apakah Salah Mengajarkan Anak Mengenai Uang?


Anakku, Nabung Yuk!! 
 

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau ngajak ngerumpi dulu. Dah kangen tangan hendak menyapa, teman ngerumpi sekalian. Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat ya. Kali ini topic pembahasan mengenai mengajarkan anak menyimpan uang alias menabung, penting nggak she?


Nah, biang rumpi yakin, teman ngerumpi pasti kebingungan bagaimana cara mengajarkan anak mengenal uang. No worry, be happy hihi, gaya amat ya biang rumpi di bulan agustus ini sok membahas topic parenting lagi setelah sekian lama vakum meninggalkan teman ngerumpi sekalian yang pada kebingungan gini hihi. Cara mudah mengajarkan anak mengenai uang dengan memulai percakapan.

“Alamax itu mah ngampang,” kata teman ngerumpi. Iya, gampang sekali koq, tapi napa nggak mulai mengajarkan dari dini nilai uang pada anak? Itu, susah memulai percakapannya.. hihi. Baiklah, semoga artikel kali ini berguna bagi teman ngerumpi sekalian ya.

Mulai Percakapan tentang Uang
Ingat ya teman ngerumpi bicara tentang uang pada anak bukanlah hal yang tabu, dan jangan beranggapan usia anak belum pantas untuk mengetahui nilai uang. Sebab, biang rumpi akan bilang NO WAY, usia dini sejak usia empat sampai lima tahun sudah bisa koq mengajarkan anak mengenai nilai uang.

Ya, semua ada triknya jangan langsung cap cus bicara tentang uang. Setiap usia anak ada tingkatan cara penyampaian mengenai pengenalan tentang uang, khususnya pentingnya menabung. Jangan berpikiran dikit-dikit tabu ya, ini kan sudah zaman modern jangan sampai salah mendidik anak dari kecil.

Ajarkan mereka bagaimana pentingnya menyimpan uang. Tidak usah banyak-banyak, misalnya sehari Rp500 untuk anak usia 3 sampai 4 tahun. Biarkan anak-anak melihat teman ngerumpi juga melakukan hal yang sama. Contohnya neh, teman ngerumpi menyediakan dua tempat tabungan, satu milik anak dan satu milik teman ngerumpi. Nah, saat teman ngerumpi memasukan uang ke dalam celengan. Biarkan anak melihat dan biarlah mereka juga mengikuti jejak teman ngerumpi menabung. Katakan kepada mereka jika setiap hari menabung maka uang akan tersimpan sangat banyak dan bisa dibelikan barang yang diinginkan suatu saat nanti.

Jangan lupa teman ngerumpi harus konsisten dalam menabung. Sehingga anak juga konsisten dalam melakukan hal tersebut. Menurut teman ngerumpi, apakah masih salah mengajarkan nilai uang pada anak?


Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan