Pertualangan Nori di Blog Ngerumpi

Manfaat Membaca Bagi Anak

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini mengenai “Pertualangan Nori di blog ngerumpi dan manfaat membaca bagi anak.” Sudah bukan rahasia lagi, kenapa anak harus gemar membaca. Namun, masih banyak teman ngerumpi yang tidak memahami manfaat yang besar yang di dapat anak dari membaca buku lho. Ada banyak sekali buku bacaan anak yang menarik, seperti cerita pendek untuk anak yang ada di blog milik kakak Linda.

 

Apa saja sih manfaat membaca buku bagi anak? Ada banyak lho dah biang rumpi bagi beberapa saja ya mengenai manfaat membaca buku bagi anak-anak yakni meningkatkan Keterampilan membaca. Dengan membaca buku, anak-anak akan dilatih untuk meningkatkan keterampilan membaca. Meskipun ada beberapa kata yang susah, secara perlahan anak-anak akan belajar memahami apa yang dibaca. Semakin anak banyak membaca buku, maka itu akan menjadi latihan yang sempurna bagi anak.

 

Bagaimana anak bisa membaca buku? Tentunya, bagi anak batita harus didampingi orang tua terlebih dahulu untuk membaca buku, bukan? Sempat disinggung sedikit sama biang rumpi, kalau membaca buku akan menambah kosa kata baru. Hal itu memang benar, dengan membaca maka anak secara tidak langsung literasi membaca meningkatkan kosa kata, pemahaman dan keterampilan komunikasi. Selain itu, struktur kalimat, tata bahasa, tanda baca, dan ekspresi akan meningkat. Dengan membaca, pasti anak akan memahami pemaparan kata-kata baru, tanda baca dan tata bahasa. Bahkan, dengan rajin membaca juga bisa meningkatkan kemampuan anak dalam menulis lho.

 

Ketika anak senang membaca, maka secara tidak langsung anak akan memperluas pemikiran dan mengembangkan empati Sastra yang beragam serta membuka pikiran anak-anak pada kehidupan orang lain. Sehingga secara tidak langsung dengan membaca, membantu anak-anak dalam memahami dunia di sekitar mereka. Bahkan, sukses akademik dengan membaca secara teratur meningkatkan prestasi akademik di seluruh kurikulum. Buku non fiksi memberikan kesempatan kepada anak untuk menambah pengetahuan dan minatnya.

 

Mengembangkan Imajinasi saat membaca, sehingga anak-anak menciptakan dunia baru. Ini mengembangkan kreativitas dan empati mereka saat mereka membenamkan diri dalam kehidupan karakter. Plus membaca itu menyenangkan! Saat membaca dengan seorang anak, mereka tahu apakah orang dewasa itu menikmati dirinya sendiri. Perkuat pesan bahwa membaca adalah alternatif yang menyenangkan untuk video game dan TV dengan menjadi panutan membaca yang baik.

 

Apalagi saat ini minat membaca anak mulai berkurang dibandingkan dahulu. Dikarenakan adanya teknologi malah membuat anak semakin berkurang membaca dikarenakan asik bermain games tanpa pembatasan waktu. Sebagai orang tua tentu biang rumpi dan teman ngerumpi akan merasa sedih. Dikarenakan anak bertumbuh lebih sering memegang ponsel dibandingkan buku. Namun, itu semua kembali lagi bagaimana cara mendidik yang teman ngerumpi terapkan. Mengajarkan anak membaca kalau dari awal pola asuhnya sudah salah, bukan berarti tidak bisa diperbaiki. Namun butuh waktu lho.

 

Dikarenakan prihatin dengan minat membaca buku anak yang rendah, biang rumpi mencoba untuk membuat cerita anak khusus di blog ngerumpi ini. Sehingga anak bisa membaca secara gratis. Kira-kira cerita anak apa yang bakalan biang rumpi tulis ya? Sebenarnya, kisah pertulangan ini sudah lama di rancang tetapi belum sempat saja untuk di tulis kembali.

 

Berkenalan dengan Nori dari Blog Ngerumpi

Hai kenalkan, namaku Nori. Itu nama panggilan papa dan mama, sebenarnya nama asliku adalah Nobela Rhiani. Alasan papa menamakan aku Nobela, karena papa berambisi untuk mendapatkan penghargaan Nobel, tetapi hingga usiaku 7 tahun. Keinginan papa itu bagaikan mimpi.

 

Papa bilang mamaku pergi meninggalkan kami, karena laut mengambilnya saat aku berusia 4 tahun. Aku tidak ingat dengan pasti, tetapi memang saat aku berumur empat tahun aku selalu mendapatkan bayangan mengenai keindahan laut, tetapi aku tidak pernah menyangka laut mengambil mama ku. Sebenarnya, bukan laut yang membunuh mama ku, melainkan kanker. Aku tidak tahu penyakit apa itu, saat aku masih kecil. Sekarang aku tahu kanker itu adalah peyakit yang mengerikan, jika sudah masuk stadium empat. Mama tidak pernah ingin menghembuskan nafas terakhirnya di rumahsakit, tetapi di laut. Karena itulah, papa berkesimpulan bahwa laut mengambil jiwa mama.

 

Bukan berarti papa dan aku membenci laut lho, kami malah senang berpetualang di lautan lepas setiap summer, musim panas. Karena awal summer adalah ulang tahun mama. Papa bilang, kita tidak perlu merayakan kematian melainkan kelahiran. Kelahiran mamalah yang membawaku ke dunia ini. Itulah yang harus di syukuri. Begitu perkataan papa, jadi setiap kelahiran mama, sudah dipastikan kita akan ke laut dan merayakan ulang tahun mama dengan melepaskan foto mama di laut. Hal itu agar kami selalu mengingat tentang mama. Kisah kami di mulai di summer usia ku yang ketujuh tahun.

 

Oh ya, aku tidak terlalu menyukai dengan dunia televisi. Jadi jangan samakan aku dengan film kartun Find Nori ya, aku akan tersinggung banget lho. Sebab, aku suka nama panggilan yang diberikan orang tuaku padaku. Karena Nori seperti nama ala Jepang. Soalnya, aku gemar sekali membaca komik, buku dongeng baik tentang princess hingga fabel, seru. Sehingga aku terbiasa menghabiskan banyak waktu dengan membaca daripada menonton televisi.

 

Pertualangan Nori ini akan selalu hadir menemani kalian semua teman, asalkan teman selalu berkunjung kemari di awal bulan atau pertengahan bulan. Karena kisah pertualangan Nori akan selalu hadir lho dan pastinya seru dan menarik. Benar-benar bagai kisah dongeng. Walaupun aku hidup bersama papa, bukan berarti hidup aku sangat membosankan dan menyedihkan. Karena, ada saja kejadian lucu dan aku ini benar-benar harus menjaga papa dengan baik.

 

Apalagi setiap tahun, aku selalu mendapatkan surat menarik dari mama. Karena itu aku selalu ceria dan tidak bersedih. Mama bilang hidup ini terlalu singkat jika dihabiskan untuk bermuram saja, jadi nikmati hidup selagi bisa dan selagi masih anak-anak. Karena anak-anaklah yang membuat dunia ini berwarna hingga usia menua dan bijaksana di mulai dari usia anak-anak. Karena itu, aku adalah anak yang bisa dibanggakan papa dalam soal menggoreng telur. Soalnya, kalau papa yang menggoreng telur untuk sarapan. Rasa telurnya, kamu tahu makanan keripik yang terlalu kering. Begitulah telur buatan papa, seru kan kehidupanku. Walaupun terkadang aku juga iri dengan kehidupan teman-teman yang memiliki mama. Karena itu teman, kalian selagi memiliki orangtua lengkap patut menghargai mereka semua. Jangan membuat mereka bersedih dengan tingkah pola kita. Aku bukannya sok dewasa atau mengajarkan pada kalian, tetapi itulah yang ku rasakan.

 Penasaran kan kisah pertualangan aku? Jangan lupa untuk terus mengunjungi blog ngerumpi ya biar kita menjadi teman baik.

 

 

Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

16 comments:

  1. Duhh dewasanya Nori.😍
    Meskipun gak punya mama tapi tetap ceria.
    Stay tune terus deh di blog chit chat ini biar tau terus cerita nori

    ReplyDelete
  2. Nori ini true story gak kak? ditunggu petualangan nori berikutnya...

    ReplyDelete
  3. wah jadi penasaran mau baca kisah nori selanjutnya..bagus banget sista kisahnya menginapirasi..

    ReplyDelete
  4. Ternyata penting banget ya mba,membiasakan anak anak sejak dini tuk gemar membaca.
    Walau seusianya belum begitu mengerti apa isi bacaan tersebut.
    Jadi inget sama ponakanku, soalnya aku sering dapet kiriman video kalau sodari ku ajarin anaknya baca buku walau kadang malas malasan.

    ReplyDelete
  5. nori jadi inget rumput laut hehe. semangat nori semoga akamu tumbuh jadi anak yang cerdas dan berakhlak mulia

    ReplyDelete
  6. Sayangnya kita masih mengalami darurat membaca ya mbak cit. di mana, minat baca anak masih sangat minim. Padahal manfaatnya banyak banget

    ReplyDelete
  7. Semoga kebiasaan membaca pada anak tetap bisa ada ya mengingat sekarang banyak sekali sosial media yang lebih cenderung menampilkan visualisasi gambar sehingga membuat anak cenderung malas membaca

    ReplyDelete
  8. bener mba blog untuk cerita anak itu jarang, hihi. untuk disini ada, ya. Halo Nori, salam kenal ya. sehat selalu sama papahnya. cerita lagi disini, ya. Jadi anak yang kuat dan selalu bikin ayah bangga ya Nori.

    ReplyDelete
  9. Haai Nori, aku jadi penasaran sama kisahmu. Dan pastinya, penasaran sama buku-buku yang sudah Nori baca. Siaap, akan berkunjung lagi di awal bulan yaaa. Lope lope

    ReplyDelete
  10. Waiting next story of Nori... Hihihi belum-belum sudah kangen sama nori nih ... Be good boy ya nak.. Semoga sukses hidupnya kelak tetap bahagia ya..

    ReplyDelete
  11. Gagal fokus... jadi keinget finding nemo bercampur sama mpo nori ... ok..akan selalu muncul diawal dan pertengahan bulan ya kak 👍🏾👍🏾

    ReplyDelete
  12. siap selalu mampir membaca perjuangan nori

    ReplyDelete
  13. Jadi penasaran kisah Nori ini, pasti makin seru kalau dibikin buku bergambar buat anak.

    ReplyDelete
  14. Membiasakan anak dengan buku bacaan emang sangat penting ya, agar anak gemar membaca.

    Sedih amat cerita Nori mamanya mesti meninggal di laut. TPI UNTUNGLh tidak trauma dengan laut.

    ReplyDelete
  15. Membiasakan membaca bagi anak memang bagus ya, dapat menstimulasi otak, apalagi baca cerita nori pasti lanjutannya lebih lucu, apakah papanya nori menggoreng krupuk garingnya akan seperti telur wkwkwk.

    ReplyDelete
  16. Penasaran kisah Nori selanjutnya, senangnya Nori bisa mandiri dan kelihatan bahagia, meski tidak punya mama.

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan