Cara Buat Anak Dua Tahun Mau Makan

Susah Makan Pada Anak


Chitchat.my.id- Aloha, how are you? Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau mengajak teman ngerumpi membahas mengenai Susah Makan Pada Anak. Masih berkaitan dengan anak yang berusia dua tahun ya teman ngerumpi.

 

Biang ngerumpi mau mengajak teman ngerumpi membahas balita tidak cukup makan, kenapa ya? Ada yang punya kasus yang sama?  Tentunya teman ngerumpi sebagai orang tua akan merasa worry dong ya mengenai anaknya. Apakah anak-anak sudah mendapatkan gizi yang cukup. Apalagi balita makannya dikit, bahkan rewel soal makan. Susah makan! Duh, dah capai masak, eh anak tidak doyan makan, nolak dikasih makan.

 

 Terkadang, teman ngerumpi bertanya kenapa ya balita (anak) susah makan? Sebenarnya, nafsu makan balita itu bervariasi secara konstan dikarenakan pertumbuhan dan variasi aktivitas anak.  Sebab, balita itu tidak tumbuh secepat bayi. Sehingga mereka makannya sedikit teman ngerumpi. Pasalnya, balita masih memiliki perut yang kecil.

 

Ditambah aktivitasnya, dimana balita sangat tertarik dengan dunia di sekitarnya. Sehingga perhatiannya untuk makan sangat pendek. Apalagi, balita juga ingin menunjukan bahwa mereka mandiri. Apa tidak pusing ya teman ngerumpi, hari ini anak suka makan ayam. Eh, besok ga suka ayam. Tenang, hal itu normal koq, sebab itu merupakan salah satu cara mereka menunjukan mandirinya.  Nah, teman ngerumpi tak usah khawatir ya, jika nafsu makan anak naik turun. Cara mengatasinya mudah, jika akan teman ngerumpi tidak mau makan atau makan sedikit. Nah, teman ngerumpi tinggal mengurangi jumlah makanan yang ditawarkan. Sebab, normal bagi balita makan dalam porsi yang sedikit pada waktu makan.

 

Paling penting, hindari memaksa anak untuk menghabiskan makanan yang ada di piring. Sebab, anak bisa stres, Sehingga waktu makan menjadi tidak menyenangkan untuk anak. Ada baiknya, memuji anak sebab dia sudah makan sesendok atau minum air.

 

Ingat ya teman ngerumpi, coba tawarkan cemilan pada anak di jam reguler. Bukan di jam menjelang makan, ya. Buatlah cemilan sehat pada anak seperti buah, maupun olahan makanan dari sayur. Trik satu lagi nih, ketika anak makan dalam jumlah kecil, coba buat anak terus berjalan pada saat jam makan utama. Bisa jadi, anak makan banyak.

 

Teman ngerumpi juga tidak usah khawatir, jika anak makan sedikit dan teman ngerumpi sudah menawarkan cemilan sehat. Sehingga anak tidak akan kelaparan.  Tahu tidak, anak-anak sebenarnya pintar dalam menentukan jumlah porsi yang mereka makan.

 

 

 

Nafsu makan naik turun: cara mengatasinya

Jika anak Anda tidak mau makan atau tidak mau makan utuh, Anda bisa mencoba mengurangi jumlah yang Anda tawarkan. Adalah normal bagi balita untuk hanya membutuhkan porsi kecil pada waktu makan.

 

Juga, hindari memaksa anak Anda untuk menghabiskan semua yang ada di piring, karena ini bisa membuat waktu makan menjadi stres. Sebaliknya, pujilah anak Anda karena mencoba sesendok atau seteguk air, jika itu yang mereka inginkan.

 

Pada waktu-waktu reguler di antara waktu makan, Anda dapat menawarkan camilan sehat kepada anak Anda seperti buah atau stik sayur. Ini akan membuat anak Anda terus berjalan jika mereka hanya makan dalam jumlah kecil pada makanan utama.

 

Selama Anda menawarkan makanan sehat, cobalah untuk tidak khawatir jika anak Anda kadang-kadang tidak makan terlalu banyak. Anak Anda tidak akan kelaparan. Anak-anak sebenarnya sangat pandai menilai berapa banyak makanan yang mereka butuhkan.

 

Ini dapat membantu untuk menilai nafsu makan anak Anda selama seminggu, bukan lebih dari satu hari. Tidak apa-apa jika anak Anda makan lebih sedikit hari ini – mereka mungkin akan lebih lapar besok.

 

Mencoba makanan baru

Teman ngerumpi pusing anak tidak mau makan, kenapa tidak coba mengkreasikan makanan baru. Terkadang, balita senang mencoba makan baru lho.  Tidak ada salahnya, memasak sesuatu yang berbeda, tetapi tetap menu sehat bagi anak. Selain itu juga, membuat lingkungan makan yang positif.

 

Caranya, dengan menjadikan waktu makan sebagai acara keluarga yang bahagia, teratur, dan sosial. Duduk bersama untuk makan bersama anak kapan pun teman ngerumpi bisa. Dari situ teman ngerumpi sudah menunjukan pada anak, bawasanya keluarga menikmati makanan yang sudah disiapkan.

 

Tidak ada salahnya juga, anak balita dilibatkan dalam menyiapkan makanan untuk keluarga.  Misalnya, anak masih susah makan. Teman ngerumpi bisa menerapkan batas waktu sekitar 20 menit untuk makan. Jika anak belum memakan makanannya, bawa pergi dan jangan berikan makanan ringan atau makanan alternatif.

 

Paling penting, jangan menghukum anak ketika dia menolak untuk mencoba makanan baru. Sebab, bisa membuat anak berpikir mencicipi makanan menjadi hal yang negatif dan tidak menyenangkan. Paling penting, ini biasanya dilakukan oma-oma, selalu menyuapi anak dengan cemilan, dengan tujuan agar mereka mau makan makanan sehat. Hal itu malah berdampak negatif, sebab anak  malah akan cenderung tertarik pada camilan dibandingkan makanan sehat.

 

Capai kan teman ngerumpi jika anak tidak bisa diam. Inginnya, saat anak makan duduk manis. Namun, jujur biang ngerumpi juga merasakan hal yang sama. Anak kalau makan nggak bisa diam, diamnya kalau makan di kasih ponsel. Ini tidak baik sebenarnya, selalu menjadi perdebatan di rumah, dengan dahlia oma dan memey bilang biar anak mau makan.

 

Padahal, mengikuti jejak anak tidak ada salahnya. Biarkan saja anak menyentuh makanan dengan tangan, menjilat dan bahkan bermain dengan makanan. Sebab, anak usia dua tahun pasti dong membuat kekacauan. Hal itu bertujuan mereka sedang belajar makan. Tidak ada salahnya, membiarkan anak makan sendiri, plus tidak ada salahnya teman ngerumpi sesekali memberi bantuan jika dibutuhkan.

 

Ingat balita berbeda dengan anak-anak lain, mereka makan sedikit. Lantaran memang porsi makannya sedikit, yang penting asupan gizi anak tetap dijadikan patokan dan nomor satu. Bukan seberapa banyak anak makan. Bagaimana menurut teman ngerumpi?

 

 

Salam Biang Rumpi




 



Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

1 komentar untuk Susah Makan Pada Anak Dua Tahun

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan

  1. Zaman anak2 GTM juga dulu aku selipin camilan yang mayan berkalori di luar jam makan. Emang puyeng sih ya kalau anak bayi balita GTM apalagi yang picky eater duh mumet hehe.

    ReplyDelete