Mengatur Jadwal Anak Tidur

Jam Berapakah Anak Dua Tahun Tidur?

Chitchat.my.id- Hello, Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat, meskipun banyak yang sedang menderita batuk, pilek, dan bahkan demam. Dikarenakan kondisi cuaca yang tak stabil. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau mengajak teman ngerumpi membahas Jam Tidur Anak, khususnya anak dua tahun.

 

Belakangan ini, banyak sekali teman ngerumpi yang memiliki anak, khususnya usia balita diajak untuk bergadang. Apakah itu baik dan jam berapa sih seharusnya anak tidur? Belakangan ini, biang ngerumpi berdebat sama Oma. Lantaran, Oma ingin buat jam tidur baby Hans larut, setidaknya jam 10 malam, baru diajak tidur. Sementara biang ngerumpi, maunya Baby Hans tidur jam 08.00. Karena itu, masuk kamar jam 07.30 untuk diajakbermain dan mendongeng.

 

Jujur, biang ngerumpi sama Oma selalu berantem dengan aturan jam tidur Baby Hans. Menurut teman ngerumpi, jam berapa anak harus sudah tidur? Yuk sama-sama belajar untuk mengetahui jam berapa seharusnya balita tidur. Menurut pakar kesehatan, balita membutuhkan waktu sekitar 11-14 jam tidur dalam sehari. Berdasarkan hal itu maka rumusan, malam balita harus tidur 10-12 jam dan siang hari 1-2 jam.


 Sebab pertumbuhan balita itu sangat pesat, termasuk jam tidur mengalami perubahan. Biasanya waktu masih satu tahun kebawah, balita akan tidur sehari bisa tiga sampai empat kali. Nah, bertambahnya usia, tidur siang cukup satu kali. Menidurkan anak tentunya tidak mudah.

 

Bahkan terkadang ada anak yang mengalami kesulitan untuk tidur. Sebab, balita sedang menguji kemandirian mereka, jadi membuat mereka tidur di tempat pertama bisa menjadi tantangan. Nah, sebagai orang tua, teman ngerumpi harus bisa melihat tanda-tanda kelelahan pada anak. Sehingga bisa menenangkan, sebelum anak mulai menggerutu atau bertingkah mengesalkan. Dikarenakan jam tidur lewat.

 

Penting, teman ngerumpi ketahui rutinitas waktu tidur harus tegas dan konsisten benar-benar membantu mengatasi banyak masalah tidur dan menetap balita. Dengan memahami jam tidur anak, sangat penting dalam membantu anak menerapkan kebiasaan sehat.

 

Mengatur Jam Tidur Balita

Teman ngerumpi menjadi orang tua adalah tanggung jawab besar, termasuk dalam hal mengajarkan anak tidur tepat waktu. Mungkin, jadwal tidur balita pada umumnya terlihat  begini pada jam 07.00 anak akan bangun, jam 1 siang merupakan jam tidur siang tidak lebih dari 2 jam. Biasanya bangun di jam 3 sore. Dan pada 19.30 merupakan jam tidur anak di malam hari.

Jam Berapakah Anak Dua Tahun Tidur?

Pastikan jam tidur anak pada siang hari jangan terlalu siang, sehingga bangunnya kesorean. Sehingga anak akan mengalami kesulitan tidur di malam hari.  Pada dasarnya, beberapa balita suka bangun jam 5.30 pagi atau 6 pagi. Tidak banyak yang dapat teman ngerumpi lakukan tentang ini. Menidurkan balita di malam hari dengan harapan bangun di pagi hari cenderung tidak berhasil. Balita mungkin masih bangun lebih awal kemudian menjadi pemarah karena terlalu sedikit tidur.

 

Jujur, ini pernah diterapkan Oma pada baby Hans. Baby Hans diajak tidur jam 10 malam, tetap saja bangun subuh atau jam 5. Bahkan, Oma menerapkan sistem tetangga yang anaknya diajak begadang sampai jam 11 malam. Biang ngerumpi sangat TIDAK setuju dengan prinsip begadang untuk anak. Sebab, anak jadi mudah cengeng dan tidak happy sepanjang hari. Hal itu benar. Jika Baby Hans tidur cukup, ketika bangun dia bisa langsung main sendirian. Bahkan, tidak menganggu mama-nya yang masih mengantuk.

 

Bagaimanakah membuat anak bisa tidur awal?

Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa anak membutuhkan rutinitas sebelum mereka tidur. Teman ngerumpi bisa membuat kegiatan waktu tidur yang positif agar balita merasa siap untuk tidur. Sehingga mudah tenang ketika mereka bangun di pagi hari.

 

Sebagian besar balita siap tidur antara pukul 18:30 dan 19:30. Ini adalah waktu yang baik, karena mereka tidur paling nyenyak antara jam 8 malam dan tengah malam. Penting untuk menjaga rutinitas tetap konsisten di akhir pekan dan juga selama seminggu.

 

Nah, rutinitas sebelum tidur bisa digambarkan seperti jam 7 malam sikat gigi, ganti popok. Lalu membaca buku atau mendongeng. Jujur, penerapan rutinitas seperti ini sangat mudah. Meskipun, terkadang Baby Hans susah diajak masuk ke kamar jam 7.30. Namun, dijanjikan nonton satu film sebelum tidur, membuatnya mau masuk ke kamar.

 

Ya, memberikan ponsel sebentar untuk menonton lagu anak-anak selama sepuluh menit. Kemudian matikan ponsel, dan lampu. Awalnya, si Baby akan marah karena masih belum puas menonton. Biasanya biang ngerumpi menenangkan dengan mengajak bernyanyi dan kemudian mendongeng. Hingga Baby Hans tertidur, bahkan tanpa minum susu bisa tidur.

 

 Menurut teman ngerumpi, apakah sistem yang biang ngerumpi terapkan salah? Sistem apakah yang bagus agar anak bisa tidur lebih awal? Ingat anak tidur cukup akan memberikan pertumbuhan yang bagus bagi anak.

Salam Biang Rumpi




 



Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan