Pelajaran Anak Usia 2 Tahun di Dalam Rumah

Fun Kegiatan Dalam Rumah untuk Anak

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau mengajak teman ngerumpi membahas mengenai Fun Kegiatan Dalam rumah untuk Anak. Nah, teman ngerumpi yang punya anak mau menjelang DUA TAHUN, ayo sini. Mari kita bergosip ria.

 

Memiliki anak adalah anugrah, tetapi bagi teman ngerumpi yang baru pertama menjadi MOM; pasti terkadang merasa lelah, dan bingung bagaimana mendidik anak agar anak merasa nyaman di dalam rumah. Apalagi kondisi cuaca di Indonesia sedang tidak bersahabat. Banyak anak-anak teman biang ngerumpi yang mengalami sakit deman, panas, batuk dan pilek, bahkan tipes. Duh, serem ya bunda kalau anak kita sakit!

 

Bagaimana membuat anak betah di rumah? Kasih ponsel biar nonton youtube aja aman dibandingkan keluar rumah? Emm, putarkan channel Disney di televisi? No way ya teman ngerumpi. Ada banyak cara untuk menghibur dan sekaligus mendidik anak lho. Bahkan, bisa dilakukan di dalam rumah. Serta bisa meningkatkan perkembangan anak yang baru memasuki usia dua tahun.

 

 Sebagai orang tua, teman ngerumpi bisa memberikan dorongan, bahkan dukungan agar anak bisa menguasai tugas-tugas perkembangan utama. Ada banyak cara, salah satunya dengan memperkenalkan anak pada kegiatan belajar langsung.  Di usia anak dua tahun ini, anak sudah bisa diajarkan aktivitas dengan ber-interaksi, menggunakan  

 

"Selalu lapisi aktivitas dengan banyak bahasa, interaksi, dan permainan imajinatif," tambah Roni Cohen Leiderman, Ph.D., dekan Mailman Segal Center for Human Development di Nova Southeastern University, dan rekan penulis Let's Play and Learn Together . "Perkembangan anak datang melalui portal hubungan dengan orang tua atau pengasuh."

 

Dengan mengingat hal itu, cobalah kegiatan belajar sederhana ini untuk anak usia 2 tahun di rumah. Apa saja sih kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak-anak? Penasaran kan, sini biang ngerumpi kasih tau hal sederhana yang bisa buat teman ngerumpi dan anak-anak bersenang sambil belajar. Siapa di sini yang sudah mulai mengajarkan anak untuk memilih pakaiannya sendiri?

 

Sejak usia satu tahun enam bulan, biang ngerumpi sudah membiarkan si kecil memilih pakaiannya sendiri. Caranya sangat mudah, keluarkan beberapa pakaian, dan biarkan anak memilih pakaian yang ingin dia gunakan. Sesederhana itu, tetapi anak mempelajari kreativitas, imajinasi dan juga keterampilan bahasa.

 

Si kecil memiliki banyak mainan, dia lagi suka bermain dengan binatang seperti dinosaurus, serta binatang pada umumnya. Tidak ada salahnya teman ngerumpi bermain dengan cara menyembunyikan mainan anak.   Teman ngerumpi sembunyikan mainan di suatu tempat di dalam rumah, lalu minta anak untuk menemukannya. Nah, jangan dibiarkan anak mencari diri sendiri. Teman ngerumpi juga melakukan penjelajahan bersama anak, gunakan bahasa isyarat agar anak menemukan mainannya. Bocil suka sekali permainan ini.  Skill yang didapat oleh anak yaitu mendengarkan, memori, memecahkan masalah dan juga keterampilan sosial.

 

Siapa yang tidak suka berimajinasi, orang tua maupun anak-anak suka berimajinasi. Yuk, teman ngerumpi bisa bermain imajinasi dengan anak. Salah satunya membayangkan sebuah perahu. Misalnya nih, teman ngerumpi bisa meletakkan selimut di lantai dan minta si kecil untuk duduk. Kemudian, tarik perlahan dan mengelilingi ruangan. Selimut itu seakan-akan sebuah perahu, kereta api atau apapun yang menjadi kesenangan anak.

 

Pada saat menarik selimut, dimana si kecil duduk; teman ngerumpi bisa berhenti di beberapa tempat yang berbeda. Teman ngerumpi bisa pura-pura berhenti di kebun binatang, toko dan bahkan rumah makan. Nah, kegiatan ini memang untuk anak berusia dua tahun dan bisa membantu anak untuk meningkatkan keseimbangan.  Keterampilan yang dipelajari dari permainan ini adalah keseimbangan dan berpura-pura atau imajinasi.

 

Ada banyak sekali permainan yang bisa dilakukan bersama anak-anak, misalnya permainan seperti petak umpet, stop and go dimana anak bisa belajar mendengarkan, memperhatikan dan peduli. Nah, apakah permainan pernah teman ngerumpi lakukan bersama anak-anak di rumah? Teman ngerumpi sudah melakukannya lho, anak jadi lebih aktif, cerdas dan penuh imajinasi dengan baik. Tentunya, sebagai orang tua senang jika tumbuh kembang anak bertumbuh seiring usia bertambah. Jangan lupa juga teman ngerumpi untuk membawa anak untuk rekrasi ya bunda.

 

Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan