Sosmed Tidak Sekedar Fun

manfaat sosial media

Chitchat.my.id- Hallo, how are you my friends? Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini masih enak-nya membahas apa ya? Yuk ngebahas tentang manfaat media sosial. Nah, teman ngerumpi tahu kan sosial media itu apa? Sosial media itu tidak hanya sekedar untuk mencari informasi mantan, atau sekedar bergosip. Benar seperti yang ditulis Elva blogger Bengkulu di artikelnya yang membahas manfaat media sosial.

 Menurut teman ngerumpi menggunakan social media untuk apa? Apakah untuk pamer, kepo-in mantan atau tebar pesona (bagi yang ABG), bahkan ngerumpi. Nah, kalau biang ngerumpi sendiri sih, memanfaatkan media sosial itu beragam. Nah, memanfaatkan media sosial yang baik dan benar menurut versi biang ngerumpi itu seperti ini teman ngerumpi, mau taukan?

 

Mungkin sebagian besar teman ngerumpi sudah tahu manfaat media sosial bisa untuk membangun merek. Caranya dengan meningkatkan kesadaran brand. Ayo ngaku, siapa di sini suka tag atau mantion brand yang digunaka? Nah, biang ngerumpi juga suka koq melakukan hal seperti itu! Rupanya hal itu bagus untuk meningkatkan brand, apalagi ini ya teman ngerumpi pasti sudah paham dong, kalau separuh populasi dunia menggunakan platform media sosial, sosmed merupakan tempat yang alami untuk menjangkau calon pelanggan baru dan sangat bertarget.

 

Nah, coba saja teman ngerumpi berpikir bahwasanya orang terhubung dengan merek yang sudah mereka kenal di media sosial? Pertimbangkan bahwa 60 persen pengguna Instagram mengatakan mereka menemukan produk baru di platform dan memposting hal itu, bisa teman ngerumpi bayangkan? Tanpa disadari akan memberikan target konsumen baru, benar tidak teman ngerumpi?

 

Teman ngerumpi tau tidak, kalau sebagian besar pengguna media sosial masuk ke akun mereka setidaknya sekali sehari, dan bahkan konon katanya, banyak orang memeriksa sosial beberapa kali per hari, ayo jujur, teman ngerumpi yang mana? Ngaku, ayo ngaku. Teman ngerumpi pasti merasakan dengan sosial media merasa terhubung dengan penggemar maupun pengikut yang mengikuti teman ngerumpi, benar tidak?

 

Bagi teman ngerumpi yang ingin “ikutan” membranding diri, jangan memposting masalah personal, ada baiknya teman ngerumpi memposting hal yang menghibur dan informatif, dan pengikut teman ngerumpi akan senang melihat konten baru teman ngerumpi. Hal itu akan membuat teman ngerumpi menjadi pemberhentian pertama mereka saat mereka siap melakukan pembelian.

Tidak heran memang jika dikatakan manfaat media sosial untuk pertumbuhan. Tingkatkan lalu lintas situs web, termasuk sosial media. Makanya, tidak heran jika ada posting dan iklan media sosial agar mengarahkan lalu lintas ke situs web beberapa brands. Teman ngerumpi juga bisa berbuat hal yang sama. Berbagi konten hebat dari blog atau situs web teman ngerumpi ke saluran sosial yang teman ngerumpi miliki juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan pembaca. Setelah teman ngerumpi memposting atau mempublish artikel di website dan di share ke media sosial.

Jadi, tidak ada salahnya jika teman ngerumpi memberikan penawaran  nilai yang bagus dalam obrolan, daripada terlalu promosi. Pastikan saja alamat situs web teman ngerumpi disertakan di semua profil media sosial yang teman ngerumpi miliki. Sehingga orang yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang teman ngerumpi bisa melakukannya dengan satu klik mudah. Lebih baik lagi, gunakan postingan yang dipasangi pin untuk menyorot halaman landing di situs teman ngerumpi yang relevan dengan chat.

 

Tentunya cara tersebut, bisa dipastikan akan menghasilkan prospek yang baik cepat atau lambat! Sebab, media sosial menawarkan cara mudah dan komitmen rendah bagi calon pelanggan untuk menunjukkan minat pada bisnis dan produk teman ngerumpi. Pembuatan prospek adalah manfaat penting media sosial untuk bisnis sehingga banyak jaringan sosial menawarkan format iklan yang dirancang khusus untuk mengumpulkan prospek.

 

Makanya biang ngerumpi iseng aja membuka usaha bisnis jasa photo produk yang harganya terjangkau banget oleh pelaku bisnis UKM yang masih belum memahami struktur penting sosial media yang bisa dijadikan ajang promosi baik secara langsung dan tidak langsung. Semua itu dibutuhkan hasil gambar yang menarik dan seperti kata pepatah, dari mata turun ke hati. Dari gambaran visual, baru tertarik untuk mencoba dan kemudian jatuh hati. Kalau menurut teman ngerumpi bagaimana?

 

 Selain bisa untuk urusan bisnis, sosial media juga bisa digunakan untuk menjalin hubungan pertemanan maupun networking sesuai dengan bidang yang teman ngerumpi kerjakan. Bahkan dengan sosial media, teman ngerumpi juga bisa berjumpa dengan teman lama yang sudah putus kontak. Keren bangetkan sosial media bisa menjalin hubungan yang putus. Bahkan, secara tidak langsung, teman ngerumpi juga bisa mendapatkan pekerjaan dari sosial media. Dikarenakan itu, ada baiknya posting yang sesuai bidang yang teman ngerumpi pahami. Jadi, jangan asal posting sesuatu di media sosial ya!  

 

Jangan berhibah, jangan bergosip dan jangan memposting yang berhubungan dengan masalah personal atau pribadi. Hal itu harap dihindarkan, sebab jika terposting sekali maka akan lama hilangnya dari peredaran, apalagi jika teman ngerumpi sudah famous. Jangan sampai teman ngerumpi yang bersusah payah membranding jadi rusak, karena tidak sengaja memposting masalah pribadi. Nah, selamat menggunakan media sosial untuk mendapatkan networking teman ngerumpi, termasuk mengembangkan bisnis.

 Salam Biang Rumpi





Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

14 komentar untuk Manfaat Sosial Media

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan

  1. Bener mbak cit, sekarang sosmed ga sekadar fun. Tahun ini aku ikut dapet uang jajan dari sosmed...rasanya seneng bgt malah ada bbrp campaign yg bayarannya lebih besar drpd nulis di blog hahah

    ReplyDelete
  2. Kadang aku masih ga pede sist kalau posting di medsos ngetag brand yang bersangkutan, hehehe. tapi boleh dicoba jga nih sista

    ReplyDelete
  3. Setuju banget sista emang sebaiknya media sosial bukan tempat untuk menumpahkan masalah personal karena ga ada nilai tambah juga hihi mending membranding diri ya dengan sesuatu yang informatif dan bermanfaat ya ..betul banget..

    ReplyDelete
  4. Memang media sosial itu banyak juga sih manfaatnya ya , asal jangan memberikan hal yang negatif ya, jadi sebelum mengupload apapun ke media sosial harus melalui kurasi dari diri sendiri dulu ya sehingga dapat bermanfaat juga buat orang lain.

    ReplyDelete
  5. Sepakat,. Sebaiknya di medsos dipake untuk membagikan yg baik2,. Kabar baik, berita yg manfaat, info yg berguna, membahagiakan, menghibur, bukan keluh kesah, hoax, menebar fitnah, kebencian, dan hal2 yg tidak baik lainnya

    ReplyDelete
  6. Manfaatkan sosial dengan sebaik mungkin dengan cara yang bijak, apalagi sekarang sosial media tak hanya sekedar wadah berbagi kehidupan sehari hari tapi bisa dimanfaatkan tuk ajang mencari rezeki.
    Itulah makanya sebisa mungkin apapun yang berhubungan dengan media sosial,aku selalu share hal positif.

    ReplyDelete
  7. Kalau aku sekarang manfaat media sosial untuk cari duit Kak hehehe..
    Kebanyakan ngendorse sih.

    ReplyDelete
  8. Media sosial dimanfaatkan untuk berbagi informasi dan promosi biar bisa mendapatkan sesuap nasi.. bukan menjadi tempat bergosip yg ujungnya malah ga mendapatkan manfaat apa apa... gitu kan ya kak..

    ReplyDelete
  9. Bener nih, kalo mau bikin akun sosmed lain untuk personal biar gak kecampur sama akun branding. Tapi emang amannya mah jgn suka share masalah pribadi di sosmed sih. Kurang enak aja diliatnya juga haha.

    ReplyDelete
  10. Setuju sista, kalau masalah personal di sosmed kog rasanya kurang etis ya, aneh aja jadinya

    ReplyDelete
  11. Bener banget kak citra. Sekarang sosial media bahkan dijadiin portfolio sama rekam jejak yang bakalan dicek kalau mau kerjasama atau kerja di suatu tempat. Ngeri kalo dipake bukan buat hal yang positif ya, kak

    ReplyDelete
  12. Setuju banget, aku tipe orang yg pantang banget curhat masalah pribadi ke sosmed. Mendingan curhat ke suami, trus sosmednya buat cari duit

    ReplyDelete
  13. Bener nih. Aku dulu suka curhat ke dinding facebook, tapi makin ke sini jadi suka malu sendiri dan merasa tolol karena melakukan hal yg tidak berguna. Jadi pas muncul kenangan tiap hari gitu kesempatan hapus satu satu

    ReplyDelete
  14. Setuju Kak, sebisa mungkin hindari dari menuliskan hal tentang persoalan yang tengah dihadapi. Apalagi jika sekadar menu=imbulkan belas kasih orang.Makasih sudha diingatkan Kak.

    ReplyDelete