Perpustakaan Mini untuk Rumah

Sempurnakan Rumah dengan Taman Bacaan Pribadi

Chitchat.my.id- Aloha, How are you today? Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat,  Ngerumpi yuk! Setiap hari Selasa adalah hari yang selalu di dambakan si biang rumpi, apalagi kalau tidak membahas mengenai Home and Interior Design. Maklum, impian si biang rumpi ini ingin menjadi arsitek tetapi tidak kesampaian. Karena tidak pandai menggambar dan membuat garis lurus sejajar. Kasihan sekali ya buka kartu di jam rumpian ini hahaha. Bicara soal ngerumpi, biang rumpi paling demen (suka) bicara mengenai perpustakaan.

Wah, perpustakaan di rumah sendiri itu bagaikan memiliki surga dunia bagi si biang rumpi. Maklum lah, si biang rumpi ini suka sekali dengan membaca dan mengkoleksi beberapa buku. Namun, sejak belakangan ini biang rumpi tidak diperkenankan membeli buku. Sebab, koleksi sudah terlalu penuh dan tidak tahu lagi mau di taruh di mana. Impian si biang rumpi ini di masa datang membuat perpustakaan sendiri di rumah. Karena itu, hari ini mari kita membahas mengenai perpustakaan mini untuk ruang terbatas di rumah milik kita di masa depan.



Si biang rumpi kalau melihat design perpustakaan itu rasanya bagaikan pergi ke paradise, so amazing banget. Sayang, biang rumpi harus memilih beberapa dari yang terbaik menurut versi si biang rumpi tentunya, dan diharapkan ini berguna juga bagi teman rumpi yang super kece selalu bertandang ke rumah biang rumpi.

PILIHAN PERTAMA

Membangun perpustakaan mini seperti apa yang akan kita bayangkan? Sebuah dinding untuk membuat aneka jenis ukuran buku. Jika kita memiliki ruang khusus, tidak ada salahnya jika membuat ruang atau satu sudut sebagai tempat perustakaan. Seperti gambar pilihan pertama ini, sangat menari bukan? 

Ascher Davis Architects, LLP
                               Photo by Ascher Davis Architects, LLP - Search contemporary family room design ideas


Kita bisa mengambil konsep satu ini dan membuat kabinet atau lemari khusus  untuk menutupi seluruh dinding yang tersisa dan membuat rak sesuai ukuran buku mulai dari ukuran buku kecil hingga besar. Biar terlihat semakin besar perpustakaan ini di rumah. Tak ada salahnya jika dilengkapi dengan tangga perpustakaan. Sehingga membuat ruangan perpustakaan mini ini jadi tampak besar. Selain itu, tangga juga memudahkan kita mengambil buku yang kita butuhkan.


PILIHAN KEDUA
Tidak memiliki ruangan lagi dan ingin menggabungkan ruang tamu dengan perpustakaan. Kenapa tidak! Coba kita lihat pada Pilihan Kedua ini, dimana si empunya rumah menggabungkan ruang tamu yang nyaman dan sederhana dengan perpustakaan. . Di belakang kursi sofa yang antik, berjejer beberapa kabinet atau lemari buku yang di buat dengan sangat sederhana designnya. Bahkan, diberikan celah jendela agar pencahayaan sinar matahari masuk dan membuat ruangan ini ajdi terkesan nyaman dan enak di duduki selama berjam-jam 

Cozy Living Room
                                    Photo by Smith & Vansant Architects PC - More traditional living room photos

Dipandukan dengan beberapa kursi yang nyaman untuk duduk dan lampu baca pada malam hari. Wah, kalau si biang rumpi bilang this room so perfect and cozy.


PILIHAN KETIGA

Pilihan terakhir membuat si biang rumpi speechless. bagaimana tidak! Seperti hiding perpustakaan, menurut pendapat si biang rumpi. Coba lihat, satu ruangan kecil yang tiap sisi dinding bagian belakang, Samping kanan dan kiri di sulap menjadi rak buku yang kece. Padahal sederhana dan ditambahkan kursi nyaman dan di bawahnya diberikan fungsional seperti rak untuk menyimpan barang atau buku yang ukurannya tidak bisa di taruh di rak. Apalagi bantalnya itu lho, bisa berjam-jam biang rumpi bakalan baca di situ dan bahkan di sampingnya ada meja kerja. Capek bekerja, kita bisa baca sampai kembali semangat bekerja. Inspirasi ada di dalam ruangan ini!

Book Nook
                                 Photo by Susan Jay Design - More traditional family room ideas



Source Design Perpustakaan Mini Ruang Terbatas
Gambar 1-3 source

Ascher Davis Architects, Build a mini-library - A big statement-making wall of books like this, complete with a library ladder, may seem like something you couldn’t pull off in a small space, but it can actually make your room seem bigger; not to mention it would provide heaps of space for your book collection. (Pilihan 1)


Cozy Living Room, Borrow from the library. Built-ins house this Vermont homeowner's beloved book collection and lend library warmth to this living room. See the rest of this house. (Pilihan 2)

Elegant enclosed living room photo in Burlington with a library and beige walls — Houzz
This room feels very lived in and comfortable — Christina Von Stroh  (Pilihan 3)



KESIMPULAN
Sebagai pecinta buku dan juga pekerja yang berhubungan dengan inspirasi dan ide. Perpustakaan yang nyaman sangat di butuhkan. Selain membuat kita semangat untuk bekerja, juga membuat koleksi buku yang dibeli secara bertahap tetap aman dan tersimpan. Sebab, buku adalah harta yang tak akan pernah usang di makan waktu. Semakin tua akan semakin langka dan mahal

Salam Biang Rumpi



Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia  dan kotacinta dan temukan artikel menarik lainnya

CONVERSATION

10 comments:

  1. pilihan kedua, asyik tempatnya mbak. bisa bikin anak-anak atau keluarga nggak mau keluar rumah.
    ditambah ada wifi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget mas fajar... jadi ruang keluarga yang asyik untuk berbagi kesukaan dan juga pengawasan terhadap anak. jadi nggak mesti jauh2 anak2 ke warnet tuk bisa akses internet hehe

      Delete
  2. Replies
    1. wah benar benget tuh mbak ribka, kalau saya punya ruangan multifungsi seperti itu di jamin saya jarang keluar ruangan. Lha capek kerja, baca buku aja bisa berjam-jam, lelah duduk santai atau tiduran di ruangan itu. wah bisa jadi intervort saya mah haha

      Delete
  3. Pilihannya keren2 banget Mbak Cit. Kalo gapunya rak sih, kutaruh di kardus. Yg penting ada tempat buat buku2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, saya juga begitu tuk sementara waktu. sampai satu kamar di jadikan gudang buku dan sebagian buku udah di bagi2kan mama kepada anak2. padahal itu komik masa smp dulu masih tak simpan rapi eh di kasih ke anak2 haha entah kabar mereka seperti apa hehe

      Delete
  4. saya dulu punya perpustakaan mini seperti yang nomer satu, tapi sekarang karena saya sudah pindah dari rumah ortu, si perpus berubah fungsi jadi lemari piring dan pajangan mama :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak papa mbak, nanti buat lagi yang baru, mama itu luar biasa idenya dan harus jadi juara :)

      Delete
  5. Aku suka pilihan yang no 2 mbak. Terima kasih sudah berbagi, kayaknya nanti aku akan buat kek gitulah di rumahku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, pasti kehangatan di rumah mbak Yelli akan semakin terasa deh

      Delete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan