Pengenalan Budaya Bagi Anak

Indonesia Kaya akan Budaya dan Tradisi

Chitchat.my.id- Aloha, sapa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Sudah semingguan juga ya, si biang rumpi menghilang dari peredaran. Ceile, kangen nggak? Pasti kangen. Tenang walaupun menghilang lama, si biang rumpi akan kembali dengan segudang cerita yang menarik. Kali ini, si biang rumpi mau memberikan oleh-oleh sedikit selama Pelatihan Bimbingan Teknik yang diikuti 18 penulis buku anak dari wilayah Sumatera. Dimana, pertemuannya dilaksanakan selama tiga hari di Jakarta.

Beberapa narasumber yang dihadirkan kece badai deh, pasalnya mereka adalah orang yang profesional di bidangnya, mulai dari psikolog anak, Dwi Retno Aryanti, Dr Sofie Dewayani, MA terus ada penulis buku anak yang kondang, pasti teman ngerumpi sudah mengenal teteh Tethy Permanasari, terus ada Bp. Danu Kurnianto, Dr Semiarto Aji Purwanto, Pradikha Bestari dan juga Dwi Prihartono sebagai ilustrator buku cerita anak budaya seri Panca.



Mau tahu bagaimana jalan cerita pertemuan dengan narasumber kece ini? Pasti mau tau banget kan! Karena itu stay tune terus ya blog ngerumpi www.chitchat.my.id sebab si biang rumpi akan menghadrikan beberapa topik menarik hasil dari pertemuan yang akan diberikan kepada pembaca setia blog ngerumpi yuk yang dikelola oleh citrapandiangan si manis bukan dari jembatan ancol hahaha. Bercanda.


Apakah sangat penting bagi anak untuk mengenal budaya dan tradisi di Indonesia? Jawabannaya sudah pasti sangat penting. Sebab, Indonesia ini beragam budaya dan tradisi sudah semestinya informasi ini diketahui oleh anak cucu dan dibawa dari generasi ke generasi. Sehingga informasi ini tidak punah seiring dengan waktu.

Memperkenalkan budaya pada anak, sekarang ini tidak perlu kaku dan bahkan menyebalkan tetapi bisa dikemas dalam cerita anak yang menarik. Sehingga tidak heran, jika Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Seri Pengenalan Budaya Kepercayaan dan Tradisi yang sekarang memasuki tahun ketiga. Dimana di tahun ketiga ini mencakup wilayah Sumatera. Sehingga, kami yang terpilih diberikan bimbingan teknik untuk mencapai kesepakatan bersama terhadap alur cerita raykat dan upacara tradisi di setiap daerah.



Di Kepulauan Riau sendiri terpilih tiga srikandi cantik, si biang rumpi, Ruziana dan Sri Murni dimana kami akan membahas tiga topik yang berbeda. Si biang rumpi kebagian upacara adat tradisi yang rencananya akan dibuat Tepak Sirih, Ina, sapaan dari Ruziana akan mengangkat cerita rakyat asal usul Pulau Penyengat dan Menix, sapaan akrab Sri Murni akan membahas cerita anak eh cerita rakyat dari Hang Tuah. Bagaimana kami akan membuat cerita tersebut? Simak terus saja blog ngerumpi yuk untuk mengetahui alur cerita eh teori yang akan si biang rumpi bagikan juga ke kalian semua, siapa tahu temans juga ingin menulis cerita anak untuk diajukan ke penerbit nasional.


Salam Biang Rumpi



CONVERSATION

1 comments:

  1. Bener banget Mbak. Pingin lho anakku laki bisa main dalang. Sayangnya sini ga ada yang ngajarin.
    Lama nggak ke sini daku, kangennn :)

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan