14 Alasan Rumah Tempat Tinggal Adalah Harta Terbesar Seorang Anak


Chitchat.my.id-Anak – anak memiliki pikiran yang sederhana dan suka bermain. Namun, dibalik semua karakteristiknya mereka mempunyai kebutuhan atas rumah tempat tinggal yang memadai. Mengapa demikian? Karena di sanalah anak akan membentuk karakter pribadinya dan belajar memahami banyak hal. Berikut ini adalah 14 alasan rumah tempat tinggal adalah harta terbesar seorang anak untuk memotivasi orangtua membangun dan menciptakan hunian membahagiakan.

  1. Tempat Belajar Pertama Kali

Sejak bayi, anak berada di rumah pertamanya dengan orangtua. Mereka belajar berbicara, mengenal ruangan, dan mengonsep denah di rumah. Oleh karena itu, ruangan di rumah harus ramah anak sehingga memungkinkan mereka melakukan eksplorasi semaksimal mungkin. Seiring dengan berjalannya waktu, anak akan mulai sekolah dan tidak hanya belajar dari rumah. Namun proses pembentukan dasar yang terabaikan bisa mengganggu perjalanan selanjutnya.

  1. Bertemu Orangtua

Beberapa anak memiliki orangtua yang keduanya bekerja. Hal ini tidak menjadi masalah selama hunian tempat tinggalnya bisa menjadi tempat bernaung ketika semua anggota keluarga bertemu. Rumah yang didesain dengan ruang keluarga akan terasa hangat dan cocok untuk melewatkan waktu bersama. Meskipun tidak harus di ruang keluarga, kebersamaan memiliki nilai yang amat penting dan sebaiknya semua rumah mempunyai akses untuk itu.

  1. Melakukan Eksperimen Kecil


Hampir tidak ada rumah dengan anak – anak di dalamnya yang bebas dari coretan pensil atau krayon. Hal ini sangat wajar karena ketika mengenal benda – benda tersebut mereka cenderung mewujudkan imajinasi dan bayangan tentang berbagai hal. Rumah yang bisa ditempeli papan portable untuk akses corat – coret akan memudahkan anak untuk mengakomodasi imajinasi serta kecerdasan visual spasialnya.

  1. Memelihara Hewan Diam – Diam
Beberapa anak suka dengan hewan tertentu yang mungkin ditemukan di jalan atau liar. Sebagian anak mungkin memelihara hewan diam – diam di halaman belakang rumah. Momen itu akan membuat anak bisa melatih empatinya. Empati adalah salah satu perasaan yang didukung oleh keberadaan hormon oksitosin dan bisa membantu seseorang memahami konsep kasih sayang.



Jadi, jika memiliki tanah yang cukup luas maka jangan biarkan anak memelihara hewan secara diam – diam. Karena rumah tempat tinggalnya akan bisa membantu meningkatkan kepekaan sosial tidak hanya pada hewan tetapi juga manusia.

  1. Mengambil Makanan Kesukaan

Keinginan anak untuk makan makanan kesukaannya bisa membuat mereka tidak sengaja mengambil makanan kesukaan. Momen ini sebaiknya difasilitasi dengan ruang makan yang cukup memadai. Selain itu, ruang makanan yang memenuhi standar kesehatan bisa membantu membiasakan anak untuk gosok gigi dan cuci tangan secara teratur.

  1. Memasak Bersama Ibu
Rumah tempat tinggal yang nyaman sebaiknya dilengkapi dengan dapur minimalis dan rapi. Dapur yang nyaman bisa membuat anak merasa senang ketika belajar memasak atau membantu ibu. Kemandirian anak bisa dilatih melalui kegiatan cuci piring, mengupas buah, memotong sayur, hingga memasak. Jadi, dukungan dapur sebagai ruangan yang menaungi kegiatan tersebut tentu sangat dibutuhkan.



  1. Berkebun
Seperti halnya halaman rumah, kebun atau taman juga bisa membantu mengasah gerak motorik serta kecerdasan naturalis anak. Ketika berkebun di rumah tempat tinggalnya sendiri, mereka akan bisa bereksplorasi secara nyaman. Lepas dan bebas tanpa adanya orang yang marah. Ada beberapa anak yang sulit belajar karena takut atau malu. Hal ini akan bisa diminimalisir dengan proses pembangunan rumah yang ramah anak, misalnya dengan membuat kebun sendiri.




  1. Membantu Ayah di Garasi
Meskipun ruangannya begitu standar, ternyata garasi juga bisa sangat memorable untuk anak. Seorang anak dengan bakat teknisi yang tinggi sering memulai proyek pertamanya dari garasi. Saat merancang rumah dan ingin mengarahkan anak untuk menjadi teknisi sebaiknya pikirkan untuk membuat workshop di garasi. Ide ini sudah banyak dilakukan oleh para orangtua di Amerika dan Eropa.



  1. Mengecat Rumah
Mengecat rumah mungkin adalah kegiatan yang terdengar sepele. Tapi siapa sangka, jika momen yang biasa dilakukan oleh ayah dan anak ini akan bisa meningkatkan kemampuannya dalam bidang seni. Anak akan mempelajari teknik mengecat yang baik, percampuran warna, dan lebih menghargai sulitnya mengecat. Jadi, mereka juga akan lebih berhati – hati untuk tidak mengotori dinding.

  1. Kegiatan Belajar Sambil Bermain

Tidak harus dibuat ruangan tersendiri untuk anak bermain dan belajar. Kedua proses tersebut sebenarnya saling berkaitan terutama bila dihubungkan dengan dunia anak. Mereka bisa bermain sembari mempelajari sesuatu secara bersamaan. Jika jumlah ruangan kosong di rumah tempat tinggal sebuah keluarga cukup banyak, maka khusus belajar dan bermain boleh ada ruangan sendiri. Pada intinya, poin utama dalam memaksimalkan ruangan tersebut adalah peran orangtua.

  1. Pojok Literasi
Jika mempunyai rumah berdesain minimalis, tingkatkan kesukaan anak terhadap membaca melalui pojok literasi. Namun, jika hunian yang dimiliki cukup luas maka tidak ada salahnya untuk merancang perpustakaan kecil berisi buku, ensiklopedi, serta alat peraga pembelajaran. Tidak harus di sekolah, anak bisa belajar dan membaca di rumah. Kecintaan anak terhadap membaca akan menjadikan pengetahuannya lebih luas.

  1. Berenang dan Olahraga

Desain rumah dengan akses olahraga seperti kolam renang atau ruang pingpong dan olahraga lain memang masih terbatas. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa bangunan tersebut memang bisa meningkatkan minat anak terhadap olahraga. Tidak hanya itu, anak juga bisa lebih aktif berolahraga dan tentu akan membuat mereka sehat. Rumah tempat tinggal yang memiliki akses olahraga juga bisa memaksimalkan kemampuan dasar gerak motorik kasar anak. 

Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

1 comments:

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan