Kuliner Soto Lenthok di Yogyakarta

Liburan ke Yogyakarta Usai Covid-19
 
Chitchat.my.id- Hello semua, apa kabar? Masih semangat membaca tulisan biang rumpi? Biang rumpi harap teman ngerumpi dalam keadaan sehat dan penuh semangat. Kembali lagi, biang rumpi ucapkan selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini mengenai “Kuliner Soto Lenthok di Yogyakarta.” Terus terang saja biang rumpi belum pernah mencoba cita rasa dari soto ini.


Nama Soto Lenthok masih asing di telinga biang rumpi, bagaimana dengan teman ngerumpi? Namun ketika biang rumpi browsing mengenai kuliner satu ini! Ada rasa ngences, soalnya biang rumpi paling demen makan-makanan yang disajikan dengan kuah. Apalagi kuah dari menu satu ini bening alias tidak menggunakan santan. Jadi, makin penasaran.

Kenapa ya namanya soto lenthok dan apa keistimewaan dari soto satu ini? Pada umumnya bumbu bahan sotonya sama seperti soto khas Jawa. Namun yang membedakannya itu ya si “lenthok” ini. Lenthok adalah perkedel yang terbuat dari bahan ketela. Sehingga membuat soto makin enak dan gurih. Teman rumpi penasaran ingin mencicipi kuliner satu ini? Biang rumpi juga. Namun apa daya gegara covid-19 ini, kita tidak bisa kemana-mana.

By the way bus way, sepertinya soto lenthok ini cocok juga menemani bakal buka puasa. Soalnya, Ramadhan sebentar lagi bukan? Walau kagak bisa pulang, bukan berarti tidak bisa menikmati kebahagiaan menjelang akhir puasa. Oops, puasa aja belum ya; sudah memikirkan raya-nya.

Nah, mumpung masih ada beberapa hari ini. Biang rumpi ingin coba bereksperimen di dapur untuk membuat lenthok. Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat perkedel lenthok biar membuat cita rasa soto lenthok jadi tasty?

 
Bahan untuk Lenthok:
500 gram singkong, kupas, kukus, kemudian haluskan

Bumbu Halus:

  • 2 siung bawang putih
  • ½ sdt ketumbar
  • ½ sdt merica butiran
  • 1 sdt garam

Pada dasarnya proses pembuatan lenthok ini sama seperti perkedel pada umumnya, seperti kentang. Tinggal bagaimana proses membentuk lenthok biar terlihat menarik, ketika disandingkan dengan si kuning gurih ini alias soto.

Bagi yang sama sekali belum makan soto ala Jawa. Biar biang rumpi kasih gambaran dulu ya, soto lenthok ini sekilas sama dengan soto kudus. Hal itu dikarenakan isi dan kuah beningnya. Isi dari soto lenthok ini adalah campuran so-un, taoge dan potongan danging ayam. Pastinya ditambah lenthok. Sehingga namanya menjadi soto lenthok.

Terus terang belum pernah buat perkedel dari bahan ketela dan di sajikan dengan soto. Jadi, beneran penasaran deh. Kalau lagi di Kota Pelajar, Yogyakarta ada beberapa tempat rekomendasi untuk makan soto lenthok.
  1. Soto Ayam Lenthok Pak Man
    Soto Lenthok Pak Gareng
    Soto Ayam Pak Yatno
    Soto Lenthok Pak Topan
    Soto Lenthok Pak Mul
Uniknya penyajian soto lenthok ini bervariasi di tiap tempat. Apapun bentuk penyajiannya pasti menambah cita rasa dari makanan itu. Duh, jadi tidak sabar ingin mencoba mencicipi semua kuliner yang ada di Yogyakarta, selain makanan andalan yang sering aku nikmati ketika liburan di Yogyakarta yakni gudeg.

Teman ngerumpi pasti sering jalan-jalan ke Yogyakarta atau sudah pernah menginjakan wisata yang ada di sana. Kuliner apa yang pernah teman ngerumpi cicipi selama liburan di sana. Kalau biang rumpi pasti suka banget menikmati gudeng yang ada di dekat stasiun atau pasar bring harga, nasi kucing, bahkan cemilan manis yang menggunakan gula merah sebagai topingnya. Jajanan tradisional yang menggoda.
.


Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

24 comments:

  1. kalau saya pernah nyoba soto di daerah Klaten pas mau ikut seminar di jogja. Kalau soto Lenthok ini baru denger malah... tapi jadi tahu dan makin nambah wawasan soal kuliner nusantara. Terutama jenis soto yang ternyata beragam ya...

    ReplyDelete
  2. kota ini banyak menyimpan sejuta kuliner unik, saat ke jogya nanti pengen coba dech, menarik tampaknya. thx kak berbaginya

    ReplyDelete
  3. Pernah makan soto lentok di jalan bantul tapi lupa apa namanya. Enak murah meriah

    ReplyDelete
  4. Tak pikir tadi telur goreng. Baru dengar namanya. Tapi, kayaknya kalo dikasih dua sepiring, vak perlu nasi lagi, ya. Udah bikin kenyang.

    ReplyDelete
  5. Bahan-bahannya mudah didapat, cara memasaknya juga sepertinya tidak sulit. Dan baru tahu ada varian soto dengan nama soto lenthok ini. Bicara soto, saya paling suka soto di daerah Blitar, Jatim. Kuah sotonya berupa santan, dan ada taburan bihun goreng. Tapi entah soto apa namanya.

    ReplyDelete
  6. Aku pas baca lenthok seketik teringat makanan khas Kudus tapi beda karakter. Lentog sih ejaannya, lontong disiram kuah kayak lodeh gitu, uenaaa. Tapi soto lenthok Jogja ini ga kalah nyamleng kayaknya, Mbak. da sentuhan ketumbar yang bikin sedap jleb! Yang paling asyik, pemanfaatan ubi kayu atau singkong adalah langkah kreatif buat mendukung ketahanan pangan, jadi ga ngandelin beras aja. Moga-moga wabah cepat berlalu, jadi kita bisa traveling semua. Jogja ngangenin banget.

    ReplyDelete
  7. Wah berkali ke Yogyakarta aku ga pernah lihat penampakan lenthok ini.. jadi penasaran liatnya. Penampakannya mirip tahu bulat nih hehe...Next jd pengen nyari soto lenthok kalau ke yogya..

    ReplyDelete
  8. waaah kutandai dulu tempat makan dijogjanya, mana tau tahun ini bisa melipir kesana, aku mau coba jugalah....dulunya ke jogja cuma nyari daster ama perak didekat bring harjo juga...heheh

    ReplyDelete
  9. aihhh mirip perkedel kentang cuman ini bahannya ubi kayu ya kak, kalau dibejek bejek dikuah soto pasti jadi enak banget.
    Sepertinya kalau dicocolin kesambel juga oke banget sih

    ReplyDelete
  10. Ooh itu perkedel bahannya dari singkong ya mbak. Saya kira dari kentang.

    Perkedelnya dijadiin satu sama soto gitu?
    Liat gambar, kirain apa bulet kuning di mangkok. Galfok dah..

    Waah kayaknya enak nih buat menu buka puasa. Resepnya oke juga mbak, ntar bilang ke istri buat coba bikin lah

    ReplyDelete
  11. Ngeliat fotonya aja udah bikin ngiler. Jadi pengen banget nyobain soto lethok. Di daerahku ga ada yang jual soto lethok ini. Bahkan dengar namanya aja baru kali ini.

    ReplyDelete
  12. Ini enak..
    Saat jakan jalan ke yogya awal tahun lalu, aku pernah nyoba makan ini

    ReplyDelete
  13. Belum pernah cobain soto lenthok, kayaknya kuahnya seger dan gurih. Jadi pengen coba bikin perkedel ketela, selama ini bikin perkedel kentang aja di rumah

    ReplyDelete
  14. Wah saya belum pernah mencicipi soto seperti ini. Nanti kalau ke Jogja saya mau coba deh

    ReplyDelete
  15. Aku kira awalnya telur itu kak, setelah dibaca ternyata itu perkedel singkong. Aku juga belum pernah nyicip kak, malah baru tau kalo ada Soto Lenthok

    ReplyDelete
  16. wah belum pernah sih coba ini, jadi penasaran dan mau coba masak di rumah ah

    ReplyDelete
  17. Waaah bahan utama sotonya ternyata dari singkong rebus ya Cit. Baru tahu banget saya. Ternyata singkong bisa digunakan sebagai menu lauk juga ya.

    ReplyDelete
  18. Ku belum pernah nyobain soto Lenthok ini, enak yah?

    ReplyDelete
  19. Sama g ya sama soto Banjar di tempat ku, ada perkedel singkong nya juga. Tapi beneran deh baru tau dari sini kalo ada soto lenthok dan karena aku penyuka soto jadi kayanya wajib nyoba soto lenthok

    ReplyDelete
  20. Perkedel ketela ya, hmm apakah rasanya sepeti combro tanpa isi? Aku belum pernah makan soto lenthok ini, sepertinya unik

    ReplyDelete
  21. waaah singkong ini bisa dijadikan perkedel juga ya rupanya, emang pas ya ini singkong bersanding dengan soto.
    kalau di Sulawesi juga singkong/ubi bersanding dengan sup jadilah sup ubi :)

    ReplyDelete
  22. Nah, aku penggemar Soto, dan belum nyobain kuliner satu ini. Nanti kapan2 klo ke Jogja lagi, nyobain soto lethok. Penampakannya bikin ngiler.

    ReplyDelete
  23. Sejauh ini sih saya doyannya soto padang. Gak tau kalo sudah nyicip soto lenthok ini nanti jadi berubah haluan. Berhubung sy di Bengkulu, kayaknya perlu dicoba sendiri deh masaknya.

    ReplyDelete
  24. Baru tahu kalau ada perkedel dari bahan singkong, itu dah menjadi makanan khas jogjakarta ya kak. Kirain tadi jajanan pasar yang di dalemnya dikasih gula merah.

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan