5 Alasan Kenapa Investasi Itu Penting!

Berpikir untuk Masa Depan

5 Alasan Kenapa Investasi Itu Penting!

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau mengajak teman ngerumpi membahas mengenai 5 Alasan kenapa Investasi itu Penting! Kebetulan waktu browsing ke website sista Icha, Biang ngerumpi membaca artikel mengenai Investasi emas. Nah, biang rumpi jadi terpikir untuk menginvestasikan sesuatu untuk masa depan.

 invesrasi untuk masa depan

Namun, bicara investasi itu tidak mudah. Apalagi dengan gaji yang pas-pasan. Dikarenakan itu butuh alasan kuat, kenapa teman ngerumpi butuh untuk memulai investasi. Nah, biang rumpi berpikir demikian, jadinya hari ini biang rumpi mau membahas mengenai kenapa investasi itu PENTING! Alasan teman ngerumpi dan biang rumpi bekerja pasti untuk menghasilkan uang. Pernah tidak terbayang jika uang teman ngerumpi bisa bekerja untuk teman ngerumpi. Nah, untuk membuat uang teman ngerumpi bekerja untuk teman ngerumpi’ sudah bisa dipastikan teman ngerumpi akan bekerja keras untuk mendapatkan uang, dan uang teman ngerumpi  juga harus bekerja keras untuk teman ngerumpi.

 

Bayangkan saja, jika teman ngerumpi memiliki tabungan di bank dan bisa dipastikan uang teman ngerumpi di bank tidak akan bertambah dan bahkan bisa berkurang dikarenakan biaya administrasi dan lain-lain setiap bulannya dengan bunga yang relatif kecil sekali. Tentunya uang tersebut tidak akan bertambah dengan signifikan jika hanya di simpan di dalam brangkas bank. Namun, berbeda jika uang teman ngerumpi digunakan untuk melakukan investasi. Kemungkinan besar, ketika teman ngerumpi melakukan investasi bisa memberikan stabilitas keuangan di masa depan. Namun, untuk memulai investasi terasa berat dan galau bukan?

 

1. Pengembalian Investasi Lebih Tinggi

Teman ngerumpi pernah berpikir untuk menginvestasikan dana dalam aset yang melibatkan tradeoff, hal itu disebabkan terkadang investor mengabaikan utilitas penggunaan dana untuk investasinya di masa sekarang untuk utilitas yang lebih tinggi di masa depan. Namun, investasi dalam saham dapat menghasilkan pengembalian melalui dua cara yakni melalui dividen sementara yang lain bisa dari capital gain.

Sedangkan untuk berinvestasi dalam obligasi dapat menguntungkan investor dalam bentuk pembayaran rutin atau kupon yang diberikan selama periode waktu yang telah ditentukan. Begitu juga, apabila teman ngerumpi menginvestasikan dalam real estat  dapat menguntungkan investor melalui pendapatan sewa dan keuntungan modal. Nah, itu adalah beberapa investasi yang bisa teman rumpi pikirkan saat ini untuk menentukan pilihan investasi mana yang lebih cocok untuk teman ngerumpi miliki.

 

2. Rencana Pensiun

Teman ngerumpi tau bahwasanya mayoritas orang berinvestasi untuk tujuan pensiun. Karena kebanyakan orang mengandalkan pendapatan gaji mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka, menjadi sulit untuk mempertahankan gaya hidup mereka setelah pensiun ketika seseorang tidak memiliki pekerjaan. Ini berarti bahwa setiap orang perlu menginvestasikan sebagian dari pendapatannya selama tahun-tahun bekerja untuk memastikan sarang telur selama tahun-tahun pensiunnya. Jika sebelumnya pemerintah dan perusahaan memberikan program pensiun manfaat pasti untuk karyawan, sekarang sebagian besar orang harus bergantung pada program iuran pasti.

 

Banyak anak muda juga ingin pensiun dini sehingga mereka perlu menginvestasikan sebagian besar pendapatan mereka untuk mencapai tujuan mereka. Gerakan “FIRE” menjadi gerakan besar di kalangan milenial. “Kemandirian Finansial, Pensiun Dini (FIRE)” adalah tujuan yang diperjuangkan banyak orang saat ini. Menabung sebagian besar pendapatan dari usia muda (setinggi 70% dari pendapatan teman ngerumpi) dapat memungkinkan seseorang untuk pensiun pada usia 40-45 tahun, bukan 60-65 tahun. Gerakan FIRE menganjurkan gaya hidup hemat baik pada saat berinvestasi maupun saat pensiun dini.

 

3. Kalahkan Inflasi

Berinvestasi juga penting untuk mengalahkan inflasi. Jika teman ngerumpi tidak menginvestasikan uang teman ngerumpi, tetapi membiarkannya di rekening giro atau tabungan, daya beli uang akan menurun karena inflasi akan menggerogoti nilai uang teman ngerumpi.

Sementara inflasi yang dilaporkan cukup rendah saat ini, inflasi sebenarnya cukup tinggi karena biaya pendidikan dan perawatan kesehatan meningkat jauh lebih cepat daripada inflasi yang dilaporkan. Jika teman ngerumpi tidak berinvestasi, uang teman ngerumpi akan kehilangan nilainya seiring waktu. Bahkan pengembalian 2% ini mungkin tidak akan bertahan selama bank sentral asing lainnya telah memotong mendekati 0% atau bahkan lebih rendah. Ini berarti bahwa teman ngerumpi dapat menghadapi hari ketika deposito bank teman ngerumpi memperoleh pengembalian 0% atau bahkan pengembalian negatif suatu saat nanti ketika inflasi diperhitungkan. Untuk mengasuransikan diri teman ngerumpi terhadap situasi seperti itu, mungkin masuk akal untuk mulai berinvestasi dalam aset campuran yang dapat mengalahkan inflasi.

 

4. Capai Tujuan Keuangan

Berinvestasi adalah salah satu cara utama dalam mencapai tujuan keuangan untuk diri sendiri. Saat seorang individu tumbuh melalui kehidupan, ada persyaratan finansial baru yang muncul. Biasanya dimulai dengan membeli rumah. Bahkan jika seseorang mendanai rumah melalui pinjaman, ada persyaratan uang muka yang cukup besar. Dengan berinvestasi melalui aset campuran, seseorang dapat membangun korpus yang dibutuhkan untuk uang muka.

Tujuan investasi utama lainnya adalah pendidikan perguruan tinggi anak-anak. Dengan biaya kuliah yang mahal yang dibutuhkan saat ini, orang tua dapat mulai berinvestasi untuk biaya kuliah bahkan ketika anak-anak masih sangat kecil. Selain tujuan keuangan ini, pensiun selalu menjadi tujuan keuangan yang ada di mana-mana bagi orang-orang selama kehidupan kerja mereka.

 

5. Mulai Sekarang Investasi

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang baik. Jadi, mulailah mencari investasi yang cocok dengan finansial atau keuangan teman ngerumpi. Jangan takut untuk mencoba menanam saham atau menabung emas atau apapun barang berharga yang kedepannya bisa memiliki nilai jual tinggi, bukan semakin jatuh.

 

Hidup itu sebuah putaran roda yang terkadang berada di atas dan di bawah, kapapun roda akan berada di bawah teman ngerumpi sudah mempersiapkan hal itu sedemikian mungkin. Sehingga teman ngerumpi sudah bisa bertahan dan melawati proses kehidupan yang berat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

 

Investasi bukan harga mati, tetapi untuk menetapkan kondisi keuangan yang stabil di masa datang.

 

.

 

Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

16 comments:

  1. Memang ya kita wajib investasi sekecil apapun. Skrng masa pandemi baru kerasa manfaatnya

    ReplyDelete
  2. Sekarang ini, udah banyak yang mulai tergerak untuk investasi ya, kak. Tapi, beberapa ada yang belum mencari tau investasi mana yang sesuai. Emang harus melek banget sama investasi dan unitnya apa aja ya

    ReplyDelete
  3. Iya, kalo ada dana pengen juga investasi dalam bentuk emas dan property. Konon dua jenis investasi tersebut termasuk zero inflasi

    ReplyDelete
  4. Wah baru tahu nih kalau namanya gerakan fire. Asli ini juga yang ada dipikiranku kak. Usia 45 sudah santai, tabungan cukup banyakin ibadah gitu aja. Toh hidup kan kita sendiri yang tahu standartnya. *semangat nabung

    ReplyDelete
  5. Betul sista perencanaan keuangan termasuk investasi memang harus dilakukan sedini mungkin karena kita tidak bisa memperkirakan masa depan. Contoh spti pandemi ini ya dimana banyak org kehilangan pendapatan..kalau sejak dulu sdh rencanakan keuangan dengan baik pasti nya ada persiapan saat ini

    ReplyDelete
  6. Invetasi memang menjadi keharusan ya kak. Demi pendidikan anak-anak yang terbaik. Dan biaya sekolah semakin tinggi saja. Kalau saya lebih suka menyimpan ke barang yang mudah dijual sewaktu-waktu.

    ReplyDelete
  7. Investasi sedini mungkin pastinya penting banget, sebab kita gak pernah tau apa yg akan terjadi kedepannya, kl sdh ada investasi setidaknya kita sdh ada persiapan jika sewaktu2 ada apa2, tapi tetap berharap sih gak ada hal buruk terjadi pada diri kita dan keluarga.

    ReplyDelete
  8. Investasi apa ya kira2 yang low risk high return... kalau kata temen beberapa waktu lalu.. punya kontrakan belum ada lawannya...

    ReplyDelete
  9. Nah , bener banget nih kak kenapa harus investasi, kalau kerjanya freelance yang gak pasti penghasilannya juga harus tetap investasi ya kak, baru berasa kalau kondisi seperti saat ini ya
    tidak ada pasive income, ataupun dana darurat sebagai cadangan.

    ReplyDelete
  10. aku pernah diajarin intinya dari penghasilan kita 1/3 untuk kehidupan sehari2, 1/3 buat sedekah 1/3 lagi buat nabung dan investasi...kalau lg pandemi ini ya dikecilin dulu bagian investnya hehe

    ReplyDelete
  11. bener banget investaasi itu emang penting banget. supaya kita juga bisa lebih mengatur keuangan dan gak mudah utang. karena kita kan enggak tau kapan butuh dana besar. setidaknya dengan kita punya tabungan dan investasi lebih aman. makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  12. Sampai sekarang investasiku masih di tabungan emas aja, sama ada tabungan pensiun juga. Pengen nyoba di reksadana juga sih, tapi belum terlaksana

    ReplyDelete
  13. Pengen tuh ada investasi yang busa dimulai dari recehan gitu. Secara Mak emak kayak saya gini kan dapetnya recehan dari ngendorse dan blog. Hihi.

    ReplyDelete
  14. Yes baru tahu tentang fire. Temen-temen juga ada sebagian yang ambil pensiun dini. Uangnya mereka pake buat modal usaha.

    ReplyDelete
  15. Setuju, meskipun sedikit, investasi itu banyak gunanya. Apalagi sekarang juga investasi gampang ya kak, bahkan ada platform yyang nawarrin investasi minimal 10rb

    ReplyDelete
  16. Investasi wajib buat jadi jaminan masa tua kelak

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan