Kenapa Sulit Menabung Uang?


Resolusi 2020 Komitmen Menghemat dan Menabung



Chitchat.my.id- Hallo, how are you my friends? Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini agak sedikit berat dan pastinya sangat menggena biang rumpi sendiri. Penasaran kan? Mari kita membahas mengenai “Kenapa sulit menabung uang?” Sudah bukan rahasia lagi, niat nabung hanya tinggal niat saja. Masih bersyukur, sudah ada niat nabung; meskipun belum sampai ke tindakan.



Tidak semua orang pandai menabung. Mungkin dulu, sewaktu biang rumpi masih anak-anak. Biang rumpi pandai menabung, tetapi belakangan ini susah sekali untuk menabung ya. Padahal pendapatan eh penghasilan sudah layak; bagaimana jika belum layak! Kapan bisa memiliki tabungan.

Teman ngerumpi pernah mengalami hal yang sama, seperti yang biang rumpi rasakan. Menghemat uang dan menabung sepertinya diluar dari kamus! Soalnya, susah banget. Lebih mudah menghabiskannya, dibanding menyimpannya. Padahal menabung itu sangat penting untuk masa depan.


Biang rumpi refresh dulu ya makna menabung, mungkin teman ngerumpi pada lupa haha. Tabungan merupakan sebagian uang yang disisihkan untuk disimpan dan dihabiskan di kemudian hari. Banyak tujuan untuk menabung, misalnya untuk hari tua (pensiun), membeli rumah, mobil, biaya pengobatan yang tak terduga, jalan-jalan santai keluar kota tau luar negeri. Pokoknya banyak sekali, alasan untuk menabung.

Untuk menabung berarti teman ngerumpi harus bisa menyisihkan uang bukan? Cara menyisihkan uang untuk ditabung bisa dengan membuka akun deposito, dana investasi, akun pensiun atau bahkan investasi uang tunai maupun emas. Biasanya, orang yang mulai menabung, mereka sudah siap untuk melakukan pengurangan biaya hidup. Nah, hasil menghemat inilah yang disisihkan untuk di tabung.


Terus, bagaimana cara agar teman ngerumpi bisa menghemat agar bisa menabung! Ingin tahu, pembahasan bahan ngerumpian kali ini? Biang rumpi sadari, tanpa disadari terkadang kala mengalami hari yang buruk; Biang rumpi demen sekali jalan-jalan ke mall shopping dan makan-makanan yang enak. Hal itu, terkadang biang rumpi harus mengeluarkan uang ekstra. Sebab, hal itu tidak ada dalam rencana keuangan.

Apalagi kalau lihat barang sale atau diskon. Dah, gatal tangan ingin belanja. Tentunya pola hidup yang biang rumpi jalani, termasuk teman ngerumpi yang mengalami hal yang sama TIDAK AKAN MUNGKIN bisa diubah dalam waktu semalam. Semua membutuhkan proses.



Nah, biang rumpi mencoba tips dan trick agar bisa menghemat supaya bisa menabung. Caranya dengan mengubah gaya hidup dan pola pikir agar bisa bijak dalam menggunakan uang.

1. Simpan Uang Kembalian

Terkadang, tanpa disadari kita terlalu gengsi untuk menyimpan uang receh. Padahal, kalau dipikir-pikir biang rumpi suka banget dapat kembalian uang receh ketika berbelanja. Dalam sepekan, uang receh yang berhamburan itu bisa mencapai angka 20,000. Lumayan juga ya. Jadi, biang rumpi mulai membuka celengan atau tabungan untuk menyimpan uang kembalian yang berupa receh atau koin.

2. Cobalah Menggunakan Aplikasi Uang Online
Terkadang, ada banyak sekali manfaat menggunakan uang online. Salah satunya, ketika kita berbelanja kita bisa mendapatkan poin yang bisa dihitung sebagai uang. Ketika kita membelanjakannya lagi. Jadi, ada banyak keuntungan menggunakan uang online dalam melakukan transaksi.

3. Membuat Daftar Belanja

Awal mulanya, hal ini terkesan sepele. Namun, hal sepele ini membuat teman ngerumpi fokus pada barang apa yang dibutuhkan. Sehingga mengurangi barang belanjaan yang tidak penting atau dibutuhkan saat itu. Biasanya, kalau tanpa list daftar belanja. Biang rumpi pasti tergoda untuk beli ini dan itu; Padahal itu tidak dibutuhkan. Malah, barang yang urgent yang harus dibeli; jadi tak terbeli. Akhirnya, harus pergi lagi ke supermarket dan belanja lagi, tergoda lagi. Terus, kapan bisa nabung?

4. Lebih Sering Me Time di Rumah
Ada pribahasa yang mengatakan manusia hidup itu butuh me time. Memang benar, tetapi me time tidak harus nongkrong di starbuck bukan? Teman ngerumpi bisa membuat sendiri coffe di rumah, duduk santai sambil mendengarkan musik dan bermain dengan gadget asal jangan buka aplikasi shopping online ya. Sebab, urusannya bisa berabe.

Nah, itu adalah beberapa cara agar teman ngerumpi bisa menabung. Sebenarnya, ada banyak alasan agar teman ngerumpi bisa menghemat uang, termasuk ribuan alasan agar teman ngerumpi bisa mengeluarkan uang. Semuanya itu balik lagi ke diri kita masing-masing. Sejujurnya, sejak biaya ongkos kirim mulai mahal. Akhirnya, biang rumpi bisa menahan diri untuk tidak berbelanja. Apalagi ditambah sekarang minimal belanja agar bisa dapat diskon biaya ongkos kirim makin tinggi. Sehingga biang rumpi jadi enggan membeli sesuatu yang tidak terlalu penting, tetapi ingin dimiliki. Semoga hal ini terus terjadi, sehingga biang rumpi bisa menyimpan uang dan mengurangi keperluan yang tidak penting.

 
Hal yang terpenting dalam menabung adalah memiliki tujuan dan niatan. Jangan hanya niat tanpa action. Ntar terlambat dan menyesal sudah percuma. Yuk, mulai buat resolusi dalam membuat perencanaan keuangan. Hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai. Asal jangan rajin-rajin belanja, sebab buat dompet semakin menjerit kesakitan.


Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

1 comments:

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan