Alasan Kenapa Membaca Buku Itu Seru

 Let’s Read Books to Get Fun Time

Alasan Kenapa Membaca Buku Itu Seru
Chitchat.my.idHallohow are you my friends? Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini mengenai “Alasan Kenapa Membaca Buku itu Seru!” Nah, dari judulnya saja, pasti teman ngerumpi sudah tahu jawabannya, artikel kali ini tidak jauh dari seputar membaca buku. Teman ngerumpi memiliki teman, namanya sista Ipeh dan sista satu ini suka banget membaca buku dan mengulasnya di website-nya dan bisa dijadikan rekomendasi untuk yang mencari buku mantap untuk bahan bacaan tahun 2020-2021 ini

 


Mungkin tanpa teman ngerumpi sadari, teman ngerumpi sudah mulai melupakan membaca buku dalam bentuk fisik. Teman ngerumpi lebih sering belakangan ini nonton drama korea, streaming youtube live dan bahkan tik tokan. Nah, jujur biang ngerumpi juga berada di posisi teman-teman ngerumpi hihihi. Soalnya, covid gini memang seru nonton drama korea, atau sekedar menyaksikan streaming dan bahkan live youtube dengan alasan BELAJAR. Padahal lebih sering, hiburan dibandingkan ilmu-nya.

 

Biang ngerumpi tahu, sebagian dari teman ngerumpi ada yang masih suka membaca buku dan bahkan ada yang setahun lebih tidak pernah membuka buku, kecuali ngajarin anak untuk belajar sekolah atau membantu mengerjakan tugas; baru deh buka buku. Padahal ada banyak sekali alasan kenapa teman ngerumpi dan biang ngerumpi harus tetap rajin membaca buku! Nah ini, dia beberapa alasan yang bisa membuat teman ngerumpi dan biang rumpi termotivasi untuk membaca buku lagi!

 

Hidup di dunia nyata ini sudah berat, dengan membaca buku maka teman ngerumpi dan biang ngerumpi bisa melarikan diri sejenak dari dunia nyata yang membosankan ke dalam dunia imajinasi yang mendebarkan dan penuh dengan kesenangan. Bahkan, dengan membaca teman ngerumpi tanpa disadari sedang mengasah pikiran untuklebih tajam.

 

Membaca buku merupakan kesenangan hidup yang sederhana, soalnya bisa dilakukan di mana saja. Baik di kamar tidur, maupun di ruang tamu. Soalnya membaca buku itu TIDAK MAHAL; seperti teman ngerumpi menghabiskan dana besar untuk traveling. Nah, dengan membaca, teman ngerumpi bisa dibawa ke dalam dunia hayalan dan itu semua GRATIS. Selain itu, membaca buku benar-benar ME TIME yang paling asyik dan seru!

 

Apalagi ini kalau dapat buku cerita yang asyik; wah bisa hanyut terbawa arus hayalan dan menyenangkan pikiran. Paling penting untuk teman ngerumpi ingat, bawasanya membaca buku itu tidak membuat teman ngerumpi RUGI. Pasalnya, teman ngerumpi tidak akan mengalami kerugian apapun ketika membaca buku! Membaca buku membuat teman ngerumpi jadi menambah kosakota dan bisa berbicara panjang lebar tanpa perlu ragu dan takut.

 

Tau kah teman ngerumpi, kalau membaca buku bisa merangsang pikiran dengan cara yang tidak akan pernah bisa dilakukan TV dan film. Soalnya imaginasi teman ngerumpi jadi bebas dan lepas. Ingat tidak, kalau teman ngerumpi salah satu penggemar Harry Porter atau Perahu Kertas. Dimana lebih seru membayangkannya dalam imajinasi; dibandingkan menonton filmnya secara langsung. Pasalnya, di dalam imajinasi teman ngerumpi bebas membayangkan apa saja, ketika membaca kisah tersebut. Bahkan menurut biang rumpi ini, teman ngerumpi bisa menggunakan buku untuk melihat pikiran penulis dan membandingkannya dengan pikiran teman ngerumpi sendiri, yang pada gilirannya akan membantu teman ngerumpi tumbuh sebagai pribadi yang menarik dan menyenangkan.

 

Tidak heran memang bagi teman ngerumpi yang suka membaca akan terpacu imajinasi sewaktu membaca buku dan bahkan ketika selesai membaca. Bahkan, bagi teman ngerumpi sendiri berimajinasi ketika membaca buku itu lebih seru dan bahkan membaca buku itu seperti sedang berolahraga tetapi bukan olahraga fisik, melainkan pikiran.

 

Tidak hanya itu saja, buku bisa dijadikan sahabat sejati. Biang ngerumpi mau jujur sama teman ngerumpi. Biasanya kalau biang ngerumpi sedih dan butuh hiburan, maka biang ngerumpi akan membaca buku yang penuh humor. Sehingga biang ngerumpi bisa tertawa lepas dan melupakan masalah yang ada. Bahkan, ketika sedang merasa sakit, membaca buku bisa membuat teman ngerumpi  merasa lebih baik.

 

Membaca buku itu seperti SIHIR yang ajaib, dimana teman ngerumpi bisa dibuatnya tertawa terpingkal-pingkal dan bahkan menangis.  Luar biasa banget bukan, sihir dari membaca buku yang cermat dan cerdas.

Ada beberapa kata yang membuat biang ngerumpi jadi penuh semangat untuk terus membaca, nah ini dia kata-kata motivasi untuk tetap terus berada di Indonesia. Dinosaurus tidak membaca, dan sekarang mereka punah. Tidak mau dong PUNAH seperti si dino. Makanya, rajin membaca buku, selain membuka gerbang imaginasi, membaca buku juga baik bagi kesehatan.  Teruslah rajin membaca buku, bahkan anak kecil saja bisa suka membaca buku. Asalkan si anak selalu mendapatkan waktu untuk dibacakan buku dan membaca  buku ketika berkumpul bersama keluarga.

 

Membaca buku itu MENULAR. Namun, bukan virus yang berbahaya; melainkan mendapatkan keuntungan lebih jika suka membaca. Duh, kalau bicara soal buku dan manfaat membaca buku itu nggak akan ada habisnya untuk dibahas. Soalnya selalu fresh dan menyenangkan. Nah, buku apa saja yang teman ngerumpi suka saat ini? Kalau biang ngerumpi buku TRAVELING dan juga novel.

 

Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

15 comments:

  1. Aih setujuu, kak. Apalagi kalau baca buku horor gitu. Malah makin mencekam dibanding nonton filmnya. Kaya film IT, asikan baca bukunya ternyata dibanding nonton filmnya. Makin bikin merinding di bukunya

    ReplyDelete
  2. dulu aku suka banget novel khususnya buku tere liye.. sekarang semenjak berumah tangga buku2 hampir 90% itu buku parenting dan relationship hehe. memang ya semakin meningkatnya usia preferensinya pun berubah mbak cit

    ReplyDelete
  3. Buku salah satu sahabat yang paling asyik so selama memberi suasana baru yang bisa dijadikan referensi,slalu ada waktu yang tersisah buat membaca buku

    ReplyDelete
  4. Baca buku jadi obat healing juga kak supaya ga jenuh dan bisa dapat ide baru juga ya.. apalagisebagai blogger nih butuh banyak referensi dalam menulis hehehe

    ReplyDelete
  5. Baca buku ga bakal ada ruginya apalagi kalau temanya motivasi

    ReplyDelete
  6. Memang asyik bersama gadget ya. Kebiasaan membaca juga beralih membaca dari buku ke gadget. Bener ya, saya sendiri lebih betah baca di gadget daripada dibuku. Kalo dibuku gak ada iklannya, kurang seru, he he..

    ReplyDelete
  7. Aku merasakan juga manfaat baca buku, jadi biasanya kalau ada uang aku simpan diprioritaskan untuk beli buku. Ada mini pustaka di rumah.

    ReplyDelete
  8. saya juga punya bukunya paulo chelho, emang membaca itu seru apalagi yang fiksi kaya harpot atau the lord of the ring. pas baca kaya tersihir enggak mau berhenti kalau belum tamatin bacanya haha.

    ReplyDelete
  9. Walaupun dunia udah serba canggih,tetap dong aku juga baca buku. Tapi ya emang gak se intens dulu saat belum menikah.
    Dan tentu buku yang aku baca juga beragam, buku tentang perdalam agama, novel, sampai menulis cerita ke redaksi sebuah buku islami dan alhamdulillah tulisanku lolos seleksi plus dapat buku gratis juga buat dibaca.
    Duh,jadi pengen tukeran buku bacaan dengan dirimu mba, hehe.

    ReplyDelete
  10. Aku nggak mau punah dong sist, enak aja wkwkwk. Aku termasuk yang suka ngadem lama-lama di gramed ketimbang di bioskop. Apalagi kalau nggak cari-cari buku gratisan buat dibaca wkwkw.kecuali sudah kliiik banget baru kubeli.

    ReplyDelete
  11. Iya kak.. membaca buku kayak disihir. Soalnya aku kalo udah baca buku bisa lupa sama waktu. Kadang gak bisa diganggu sampe buku sudah habis kulahap. Hehe

    ReplyDelete
  12. Bener banget, baca buku itu seru banget. Makanya gak heran kalau ada unngkapan membaca buku itu sama aja kayak lagi membuka jendela dunia :D

    ReplyDelete
  13. Kalau baca buku itu, kadang bisa berkhayal sendiri ya jalan ceritanya, terus sambil baca selalu cengar cengir sendiri ya.

    ReplyDelete
  14. Sekarang kebiasaan baca bukuku mulai tergeser dengan drama korea, hiks

    ReplyDelete
  15. Yup ketimbang traveling membaca buku jauh lebih murah ya kak... saya sendiri memang suka baca buku tapi kadang2 suka turun naik moodnya kak.. kalau lagi datang moodnya, 2-3 buku bisa dilahap... kakau lagi ga mood... 1 buku aja hadeuh... berat banget... hiks

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan