Cara Mengatasi Stres

handle stres

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau mengajak teman ngerumpi membahas stres, stress.. Siapa coba di sini yang tidak pernah stres! Belakangan sempat heboh mengenai runner up top model Indonesia yang sempat heboh di sosial media bukan?

 

Benarkah semua manusia pernah depresi? Biang ngerumpi masih ragu, kalau stres. Biang ngerumpi yakin, setiap orang pernah mengalami stres tapi kalau depresi bagaimana ya? Apa sih definisi DEPRESI. Menurut Wikipedia Indonesia, Depresi merupakan suatu kondisi medis berupa perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang. Yang mana kondisi depresi terjadi ketika kehilangan orang tercinta.

 

Biang ngerumpi penasaran dengan “depresi” ini. Seseorang yang sedang depresi biasanya yang ditandai dengan suasana hati yang terus-menerus tertekan atau kehilangan minat dalam aktivitas, yang menyebabkan gangguan signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Penyebab yang mungkin termasuk kombinasi sumber kesusahan biologis, psikologis dan sosial. Semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa faktor-faktor ini dapat menyebabkan perubahan fungsi otak, termasuk aktivitas sirkuit saraf tertentu yang berubah di otak.

Perasaan sedih atau kehilangan minat yang terus-menerus yang menjadi ciri depresi berat dapat menyebabkan berbagai gejala perilaku dan fisik. Ini mungkin termasuk perubahan dalam tidur, nafsu makan, tingkat energi, konsentrasi, perilaku sehari-hari atau harga diri. Depresi juga bisa dikaitkan dengan pikiran untuk bunuh diri.

 

Bagaimana dengan stres! Apakah sama dengan depresi? Stres adalah perasaan ketegangan emosional atau fisik. Itu bisa datang dari peristiwa atau pemikiran apa pun yang membuat merasa frustrasi, marah, atau gugup. Stres adalah reaksi tubuh terhadap tantangan atau permintaan. Dalam ledakan singkat, stres bisa menjadi positif, seperti ketika membantu menghindari bahaya atau memenuhi tenggat waktu. Ternyata berbeda ya! Sebab, tidak semua orang ingin bunuh diri, hanya beberapa saja yang pernah terbesit dikarenakan depresi. Jadi apakah teman ngerumpi setuju, kalau setiap orang yang bernafas pernah mengalami depresi?

 

Jujur, biang ngerumpi tidak setuju tetapi kalau stress, YES. Biang ngerumpi sering mengalami stres dadakan, tetiba sakit kepala padahal harus menyelesaikan deadline, jadi stres. Bahkan, ketika macet, tubuh terasa lelah juga bisa stres dan bawaan-nya jadi ingin makan orang. Hahaha. Ayo, jujur siapa di sini yang bilang kagak pernah stres? Sebab, hidup itu tidak pernah semulus jalan tol yang baru dibangun.

 

Kadar stres setiap orang berbeda, sejujurnya biang ngerumpi tahu bahwasanya orang yang berlebihan atau terlalu banyak stres akan berdampak buruk bagi. Sebab, dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Bahkan setiap orang berbeda dalam mengalami stres maupun cara untuk mengatasi stres. Oleh karena itu, sangat membantu untuk mengetahui berbagai alat dan teknik untuk mengelola stres, nah biang ngerumpi mau coba berbagi informasi ini. Diharapkan informasi ini bisa berguna bagi teman ngerumpi.

 

Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengenali stres, dan beralih ke dua strategi utama untuk mengelola stres: penghindaran dan pengurangan. Mari dimulai dengan mengenali Stres.  Lalu, dilanjutkan dengan mengatasinya dengan cara menyadarinya.

 

Lets learn tanda bahwa teman ngerumpi stres

Ada berbagai macam tanda dan gejala yang mungkin terkait dengan stres. Ini termasuk sakit kepala, gangguan perut dan gangguan pencernaan, dan masalah tidur. Banyak dari teman ngerumpi juga merasa mereka menjadi sangat emosional dan kesulitan mengatur emosi mereka.

 

Namun, sebagian besar dari tanda-tanda ini tidak terlalu spesifik. Sehingga teman ngerumpi mungkin terkait dengan berbagai penyakit dan kondisi. Oleh karena itu, sulit untuk mengidentifikasi kapan gejala yang disebabkan oleh stres. Karena itu, teman ngerumpi harus selalu berkonsultasi dengan dokter jika gejala ini berlangsung lama. Why? Kenapa penting sekali belajar mengenali tanda-tanda bahwa teman ngerumpi sedang stres, hal ini bertujuan agar teman ngerumpi dapat mengambil tindakan sejak dini.

Identifikasi 'pemicu stres' pribadi  

Tadi sempat biang ngerumpi membahas secara ngambang penyebab beberapa hal biang ngerumpi stres di awal. Sebab, semua orang pasti memiliki situasi yang bisa membuat stres. Kalau teman dekat biang ngerumpi stres dikarenakan anaknya kalau mau tidur rewel, minta di gendong dan sebagainya. Pasti di jam anaknya mau tidur, teman ngerumpi satu ini pasti mood-nya berubah seperti semua orang hendak di makan.  Nah, beberapa di antaranya mudah diidentifikasi dan mungkin bisa dihindari. Namun, terkadang stres dapat menumpuk seiring waktu, dan diakibatkan oleh pola insiden atau peristiwa, bukan dari satu pemicu.

 

Menghindari Stres

Apakah stres bias dihindari? Tentu saja bisa, ketika teman ngerumpi mengetahui pemicu kenapa stres. Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk menghindari stres.  Misalnya, teman ngerumpi sering mengalami stres ketika jalanan macet. Nah, jangan berpergian atau pulang kantor ketika di jam sibuk atau crowded. Teman ngerumpi bisa nongkrong dulu di cafĂ© atau di kantor sampai jam sibuk berkurang.

 

Jagalah diri  secara fisik

Pasti teman ngerumpi bingung, maksudnya ini seperti apa. Benar tidak! Nah, biasanya kalau teman ngerumpi bugar dan sehat secara fisik. Hal itu lebih mudah untuk mengatasi stres. Sebab, saat semakin stres, teman ngerumpi lebih sulit untuk memotivasi diri sendiri untuk peduli dengan apa yang dimakan, atau apakah berolahraga. Namun, tidak melakukannya juga bisa membuat teman ngerumpi semakin stres. Biasakan kebiasaan baik saat tingkat stres rendah, dan bisa jadi  kebiasaan baik seperti berolahraga secara teratur bisa  mengurangi stres. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba memasukkan beberapa aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian secara teratur, baik sebelum atau sesudah bekerja, atau saat makan siang. Aktivitas fisik yang teratur juga akan meningkatkan kualitas tidur.

 

Jangan lupa juga teman ngerumpi perlu untuk makan makanan yang baik dan seimbang. Secara umum, teman ngerumpi harus mencoba makan makanan yang sehat, seimbang, dan bergizi. Hindari stimulan seperti kafein dan tembakau sebisa mungkin, karena dapat membuat teman ngerumpi mudah tersinggung dan gelisah, yang pada dirinya sendiri bisa membuat stres. Usahakan juga untuk menghindari gula rafinasi, yang sering ditemukan pada makanan manufaktur, karena cara mereka dimetabolisme di dalam tubuh juga dapat membuat teman ngerumpi merasa lelah dan mudah tersinggung.

 

Ini yang paling penting juga, yakni Cukup tidur

Kurang tidur adalah penyebab stres yang signifikan, dan tidur juga dipengaruhi oleh stres. Oleh karena itu, ini menciptakan lingkaran setan. Cobalah untuk melakukan rutinitas tidur yang baik. Misalnya, pastikan kamar tidur teman ngerumpi adalah oase yang tenang tanpa pengingat tentang hal-hal yang menyebabkan stres. Hindari kafein di malam hari, jika teman ngeurmpi tahu hal ini menyebabkan tidur yang terganggu. Berhentilah melakukan pekerjaan yang menuntut mental (dan juga hindari ponsel dan layar lainnya) beberapa jam sebelum tidur sehingga teman ngerumpi memberi waktu pada otak teman ngerumpi untuk menenangkan diri. Cobalah mandi air hangat atau membaca buku yang menenangkan dan ringan selama beberapa menit untuk merilekskan tubuh, melelahkan mata, dan membantu melupakan hal-hal yang membuat diri khawatir.

 

Teman ngerumpi juga harus menargetkan untuk tidur pada waktu yang kira-kira sama setiap hari sehingga pikiran dan tubuh terbiasa dengan rutinitas waktu tidur yang dapat diprediksi. Kalau dibahas satu per satu bakalan panjang ini artikel. Biang rumpi jamin, teman bakalan bosan.

 

So, teman ngerumpi paham kan perbedaan depresi dan stres. Reaksi umum terhadap peristiwa stres dapat mencakup:

ketidakpercayaan, shock, dan mati rasa

merasa sedih, frustrasi, dan tidak berdaya

kesulitan berkonsentrasi dan membuat keputusan

sakit kepala, sakit punggung, dan masalah perut

merokok atau penggunaan alkohol atau obat-obatan

 

Cara Sehat Mengatasi Stres

 

Merasa emosional dan gugup atau sulit tidur dan makan bisa jadi merupakan reaksi normal terhadap stres. Berikut beberapa cara sehat untuk mengatasi stres:

 

Jaga diri dengan makan sehat, olahraga, banyak tidur, dan istirahatkan diri jika merasa stres. Tidak hanya itu, bicaralah dengan orang lain. Ceritakan masalah teman ngerumpi dan bagaimana perasaan teman ngerumpi dan cara mengatasinya dengan orang tua, teman, konselor, dokter, atau pendeta. Kalau biang ngerumpi lebih suka menulis, hal itu membuat biang ngerumpi jadi berkurang stres-nya. Kurang istirahat, juga bisa memicu stress. Jadi istirahat lah!  

Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan