Bisakah Nabung dengan Gaji Kecil?

Cara Menyimpan Uang dengan Pendapatan Kecil

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau mengajak teman ngerumpi membahas KEUANGAN. Nah, pasti teman ngerumpi bertanya-tanya ini, bisakah nabung dengan gaji kecil? Bagaimana cara menyimpan uang dengan pendapatan kecil? Nah, penasaran kan. Mari kita bahas bersama.

 

Biang ngerumpi ingat kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Begitu juga dalam hal menabung.  Jadi ada cara untuk menyimpan uang, meskipun pendapatan kecil. Teman ngerumpi pasti tidak percaya! Masa sih bisa nabung, sedangkan pendapatan kecil, bagaimana bisa menabung? Nah, ini merupakan tantangan terbesarnya! Karena itu, jangan biarkan teman ngerumpi berpenghasilan rendah untuk tidak menabung.

 

Pendapatan rendah menghalangi teman ngerumpi dan tujuan tabungan teman ngerumpi! Eits, teman ngerumpi tidak boleh merasa bahwa teman ngerumpi benar-benar harus menunda tujuan-tujuan ini, seperti pensiun atau uang muka rumah. Untungnya, ada beberapa cara kreatif untuk menghemat uang dengan penghasilan rendah.

 

Ingat pertimbangkan menjadikannya tantangan untuk meningkatkan tabungan teman  ngerumpi dengan pendekatan hemat terhadap anggaran yang tidak menghilangkan bagian-bagian kehidupan yang menyenangkan. Bagaimana caranya?

 

 Jujur, biang ngerumpi juga mengalaminya penghasilan rendah tentunya tenaga dan pikiran sudah terfokus untuk menghemat uang dan itu tidak mudah, namun sepadan.  Nah, teman ngerumpi harus melakukan beberapa langkah seperti ini

 

Membuat anggaran yang sesuai

Ketika menganggarkan dana, tentunya saat membuat list anggaran sangat merepotkan dan nilainya sangat kecil. Namun hal itu sangat berguna untuk membantu teman ngerumpi dalam menyusun pengeluaran, kecuali jika teman ngerumpi memiliki rencana untuk uang teman ngerumpi untuk membelanjakannya. Dengan membuat anggaran, teman ngerumpi dapat memasukkan tujuan tabungan. Alih-alih tanpa tujuan menyimpan apa yang tersisa setiap bulan, teman ngerumpi dapat memenuhi tujuan penghematan teman negrumpi melalui penganggaran yang cermat.

Menurunkan biaya perumahan  

Mungkin teman ngerumpi ngekos di kos-an yang mewah atau menyewa apartemen yang mewah. Nah, biaya perumahan teman ngerumpi bisa dipastikan merupakan pengeluaran terbesar. Bayangkan jika teman ngerumpi dapat mengurangi biaya perumahan teman ngerumpi beberapa ratus ribu setiap bulan. Uang itu dapat membuat perbedaan besar dalam ukuran tabungan teman ngerumpi dan kualitas hidup secara keseluruhan.

 

Ada beberapa cara untuk memangkas biaya perumahan teman ngerumpi seperti mempertimbangkan apartemen atau rumah kecil sebagai cara untuk memangkas biaya.     Lokasi baru, dimana lokasinya dekat dengan tempat kerja. Bisa saja, teman ngerumpi menyewa kamar atau membuat ruang kosong di rumah untuk disewakan. Nah, itu bisa menjadi alternative untuk menghemat uang.  

 

Hilangkan hutang

Hutang dapat menahan teman ngerumpi untuk mencapai tujuan keuangan baru. Ketegangan konstan pada anggaran tidak dapat menyisakan ruang untuk tabungan di akhir bulan. Jadikanlah sebagai prioritas untuk mengatasi hutang teman ngerumpi. Ini akan membutuhkan komitmen untuk menghapus hutang teman ngerumpi, tetapi itu dapat mengarah pada kehidupan yang lebih mudah. Teman ngerumpi dapat menggunakan uang yang digunakan untuk pembayaran hutang ke tabungan teman ngerumpi.

 

Berhati-hati tentang pengeluaran makanan

Tidak bisa dipungkiri memang, belanja makanan dapat merusak anggaran apa pun. Hal ini selalu dialami biang ngerumpi, apalagi dengan godaan konstan untuk makan makanan siap saji di restoran, berpegang pada anggaran makanan bisa terasa seperti tantangan yang mustahil. Walaupun teman ngeurmpi tidak menghabiskan banyak uang untuk makan di luar, masih ada ruang untuk perbaikan. Cari cara untuk memotong pengeluaran makanan di luar.

 

Salah satu cara terbaik untuk memerangi pembelian makanan di saat-saat terakhir adalah melalui perencanaan makan. Jika teman ngerumpi sudah tahu apa yang harus dimakan untuk makan malam, lebih mudah untuk pulang tanpa berhenti di tempat favorit teman ngerumpi. Perencanaan makan membutuhkan beberapa waktu untuk membiasakan diri. Cobalah tantangan perencanaan makan 30 hari untuk melihat seberapa teman ngerumpi akan menyukainya.

 

Terakhir, pastikan Anda tidak mengeluarkan terlalu banyak uang untuk belanjaan. Lihatlah dapur teman ngerumpi untuk melihat apakah ada sesuatu yang dapat dibuat  makanan dengan apa yang sudah dimiliki.

 

Otomatiskan tujuan tabungan

Membuat pilihan untuk menghemat uang bisa jadi sulit. Memaksa diri sendiri untuk membuat pilihan yang sama berkali-kali setiap bulan bisa jadi tidak realistis. Bisa dipastikan teman ngerumpi lebih cenderung menghabiskan semua uang di rekening koran, kecuali jika teman ngerumpi memindahkan tabungan secara otomatis, teman ngerumpi bisa berisiko membelanjakan tabungan yang diinginkan.

 

Dengan setiap gaji, atur transfer otomatis ke rekening tabungan teman ngerumpi. Sehingga bisa bernapas lega mengetahui bahwa tabungan disimpan dengan aman. Plus, teman ngerumpi tidak akan merasa menyesal menggunakan tabungan karena sudah autopilot.

 

Kira-kira teman ngerumpi dapat melakukannya tidak? Terkesan mudah ketika membaca tetapi pada dasarnya ketika mempraktikannya membutuhkan usaha dan mental yang kuat, tetapi tidak ada salahnya memiliki tujuan dan goal meskipun pendapatan bulanan rendah.

 

Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan