Hidup Seimbang untuk Kehidupan Lebih Baik

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau mengajak teman ngerumpi membahas mengenai Cara Mendapatkan Kembali Keseimbangan Hidup. Apalagi belakangan ini kehidupan semakin pelik, sepertinya teman ngerumpi dan biang rumpi butuh untuk mendapatkan keseimbangan hidup.

 

Teman ngerumpi tahu, belakangan ini banyak sekali orang-orang sangat sibuk! Mungkin teman ngerumpi juga merupakan bagian dari orang-orang sibuk tersebut! Sibuk urusan dapur, sibuk urusan pendidikan anak yang darling dan banyak hal lain yang membuat teman ngerumpi “sesak nafas”.

 

Sepertinya kesibukan teman ngerumpi bisa dikarenakan teman ngerumpi mungkin memiliki tanggung jawab terhadap keluarga, pekerjaan, kegiatan anak-anak atau komunitas teman ngerumpi. Semua ini bersaing untuk mendapatkan perhatian teman ngerumpi yang berharga. Kadang-kadang teman ngerumpi membiarkan jadwal teman ngerumpi mengatur hidup teman dan mengatur prioritas teman, berlawanan dengan teman ngerumpi yang mengatur jadwal dan prioritas. Bisa dikatakan hasil yang didapat teman ngerumpi adalah KELELAHAN, STRES, dan juga FRUSTASI.

Teman ngerumpi harus waspada terhadap tanda-tanda peringatan bahwa hidup teman ngerumpi mungkin tidak terpusat, dan ambil tindakan hari ini untuk membawa rasa keseimbangan yang lebih besar ke semua bidang kehidupan teman ngerumpi. Biang ngerumpi juga pernah mengalami hal yang sama koq! Apa yang menyadarkan biang rumpi? Bahwa hidup ini lebih dari sekadar pekerjaan sehari-hari.

 

Teman ngerumpi ingin tahu empat tanda bawasanya hidup teman ngerumpi mungkin ya, mungkin tidak seimbang? Baca terus artikel biang ngerumpi sampai tuntas ya dan jangan lupa share jika teman ngerumpi merasa artikel ini bermanfaat agar teman ngerumpi yang lain juga tetap hidup dalam kesimbangan. Nah ini dia empat tanda bawasanya hidup teman ngerumpi tidak seimbang yakni

Daftar "yang harus dilakukan" teman ngerumpi tampaknya seukuran gedung Empire State

Teman ngerumpi merasa sangat sibuk tetapi tidak yakin mencapai apa pun

Teman ngerumpi merasa lelah.  Teman ngerumpi selalu merasa lelah, sakit kepala, atau tanda-tanda stres fisik dan emosional lainnya.

Teman ngerumpi merasa seperti menjalani jadwal orang lain dan kehilangan arah.

 

Nah, tanda-tanda ini seperti terkadang teman ngerumpi merasa seolah-olah sedang menjalani hidup seolah-olah teman ngerumpi tidak memiliki pilihan, tidak ada tujuan, atau kebebasan untuk mengejar nilai dan prioritas tertinggi. Teman ngerumpi menyadari mungkin ada satu atau dua area dalam hidup teman ngerumpi yang telah terabaikan. Alih-alih menjalani hidup teman ngerumpi secara maksimal, rasanya teman ngerumpi telah menghabiskan waktu dan perhatian yang berharga di bidang lain.

 

Jadi, bagaimana Teman ngerumpi menyeimbangkan hidup?

Ikuti Tip Ini Untuk Mendatangkan Lebih Banyak Keseimbangan Dalam Hidup teman ngerumpi!

1. Akui dan terima bahwa teman ngeurmpi tidak dapat melakukan segalanya setiap saat

Teman ngerumpi hanya memiliki begitu banyak sumber daya: waktu, energi, uang, dll. Meskipun dapat dimengerti untuk ingin mencapai banyak hal dan menyenangkan sejumlah orang, ingat teman ngerumpi hanyalah satu orang dan tidak selalu dapat melakukan semuanya.

Jadi, berhentilah; ambil napas dalam-dalam dan kumpulkan kembali.

Yang bisa teman ngerumpi lakukan adalah semua yang bisa teman ngerumpi lakukan. Dan, yang bisa teman ngerumpi lakukan sudah cukup! Lepaskan kebutuhan akan kesempurnaan, dan untuk menyelesaikan semua masalah bagi semua orang. Teman ngerumpi tidak dapat melakukan semua yang perlu dilakukan, setiap saat. It’s o.k!

 

2. Kelola diri Teman Ngerumpi sendiri, bukan waktu.

Sebenarnya tidak ada yang namanya "manajemen waktu". Tapi, teman ngerumpi bisa mengatur aktivitas teman ngerumpi. Setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama persis yakni 24 jam dalam satu hari.

Berhari-hari biang ngerumpi berharap dapat menghabiskan beberapa jam lagi untuk menyelesaikan sebuah proyek, atau untuk mendapatkan lebih banyak istirahat atau untuk melakukan hal-hal lain yang ingin kami lakukan dalam hari-hari.

 

Mengelola diri sendiri mencerminkan rasa tanggung jawab atas apa yang teman ngerumpi lakukan dalam sehari, dan seumur hidup. Itu adalah bersikap proaktif dan menyadari kekuatan pilihan, dan mengetahui apa yang dapat teman ngerumpi kendalikan.

 

3. "Tambah dan kurangi"

Mengenai kegiatan: Tugas mendesak apa yang ingin teman ngerumpi serahkan, atau kurangi, untuk memiliki atau mencapai sesuatu yang lebih penting di bidang lain? Untuk melakukan lebih dari satu hal, teman ngerumpi harus melakukan lebih sedikit dari yang lain. Teman ngerumpi harus bersedia memotong beberapa aktivitas dari jadwal teman- meskipun hanya sementara - untuk mencapai prioritas yang lebih tinggi.

 

Saat merencanakan minggu teman ngerumpi, tentukan tugas atau proyek yang kurang penting yang dapat menunggu. Kurangi ini dari daftar "tugas" mingguan  dan rasakan perasaan kewalahan secara otomatis berkurang.

 

Mengenai orang lain: Identifikasi orang "A" dalam hidup teman ngerumpi. Maksudnya apaan ya? Nah biang ngerumpi kasih tau ya, orang-orang ini membangun teman ngerumpi. Mereka percaya dan mendukung teman ngerumpi. Teman ngerumpi tahu seseorang termasuk dalam kategori A jika teman ngerumpi merasa lebih baik tentang teman ngerumpi setelah bersama mereka.

 

Orang "B" adalah orang yang netral. Teman ngerumpi merasakan hal yang sama setelah bersama orang ini daripada sebelumnya. Sedangkan Orang-orang di daftar "C" Teman ngerumpi benar-benar perlu masuk ke file melingkar, untuk dibebaskan atau dihapuskan. Memang, itu tidak selalu memungkinkan. Tetapi orang-orang ini biasanya selimut basah yang hanya menguras dan menambah stres dalam hidup teman ngerumpi. “Tambah” atau habiskan lebih banyak waktu dengan orang A. Mereka akan memberi energi, memberdayakan, menginspirasi, dan memberi teman ngerumpi kekuatan daripada stres!

 

 4. Cukup ucapkan "Tidak"

"Maukah kamu…?"

"Bisakah kamu…?"

“Aku hanya butuh bantuan kecil…”

Kami selalu bisa mengandalkanmu.

“Kamu sangat ahli dalam…”

Apa yang terjadi ketika teman ngerumpi membaca atau mendengar pesan-pesan ini? Apakah teman ngerumpi merasa tersanjung, kesal, atau dimanfaatkan?

Menurut teman ngerumpi, apa yang akan terjadi jika mengatakan tidak? Terkadang teman ngerumpi dan biang rumpi mengatakan ya untuk sesuatu karena merasa tertekan untuk memberikan jawaban langsung. Namun, ingatlah selalu bahwa teman ngerumpi berhak meluangkan waktu untuk memikirkan apa yang dapat teman ngerumpi lakukan secara wajar sebelum menanggapi. Mampu mengatakan tidak adalah bagian penting dalam mengurangi stres dan menyeimbangkan hidup teman ngerumpi. Ini juga memberi kekuatan lebih untuk ya!

 

5. Jadwalkan waktu untuk diri sendiri

Jika teman ngerumpi tidak menjaga diri sendiri, siapa lagi? Jika teman ngerumpi tidak mengambil waktu dan langkah untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan, lalu siapa lagi? Sungguh luar biasa memiliki orang lain dalam hidup kita yang dapat kita bantu, bekerja dengan, berteman, dan berbagi aktivitas. Namun, teman ngeurmpi harus menjadi sahabat teman ngerumpi sendiri terlebih dahulu.

 

Biang rumpi tahu teman ngerumpi ingin keluarga dan teman ngerumpi mendapatkan yang terbaik dari teman ngerumpi! teman ngerumpi membutuhkan upaya yang disengaja untuk mewujudkannya. Prioritaskan untuk menjadwalkan waktu dan tempat bagi diri teman ngerumpi sendiri untuk membawa apa yang memberi teman ngerumpi kenyamanan, kesehatan, kegembiraan, atau apa pun yang paling teman ngerumpi butuhkan sekarang.

 

Bersungguh-sungguh dalam istirahat, dalam bermain, dalam bertumbuh. Luangkan setidaknya 10 menit sehari untuk membaca, berjalan atau beristirahat. Menjadwalkan waktu untuk diri sendiri adalah suatu keharusan jika teman ngerumpi ingin yang terbaik dari diri teman ngerumpi siap untuk menangani jadwal sibuk teman ngerumpi.

 

 6. Hidup dengan tujuan!

Kehidupan yang berorientasi pada tujuan yang otentik dan penuh gairah adalah kehidupan yang lebih mudah dijaga keseimbangannya. Untuk alasan ini, tidak ada rencana keseimbangan satu ukuran yang cocok untuk semua yang harus teman ngerumpi perjuangkan.

 

Rencana keseimbangan hidup terbaik berbeda untuk kita masing-masing karena kita semua memiliki prioritas dan kehidupan yang berbeda. Kutipan, “Hidup adalah perjalanan, bukan tujuan” memiliki banyak nilai dalam arti mengingatkan teman ngerumpi tentang nilai menjaga keseimbangan hidup. Tidak ada “waktu terakhir dan terakhir” untuk membersihkan rumah teman ngerumpi, merawat anak-anak atau keluarga teman ngerumpi, menjaga kesehatan teman ngerumpi sendiri atau mencapai beberapa tujuan.

 

Akan selalu ada sesuatu yang perlu teman ngerumpi lakukan, bahkan setelah pensiun, dan ini hal yang baik! Yang menyenangkan adalah teman ngerumpi memiliki pilihan tentang bagaimana menjalani hidup teman ngerumpi, kegiatan yang akan dilibatkan dan orang yang akan diajak menjalin hubungan.

 

Sadarilah tanda-tanda hidup teman ngerumpi mungkin tidak seimbang, dan mulailah mengambil langkah hari ini untuk mendapatkan kembali kendali dan keseimbangan hidup teman ngerumpi!

 

Salam Biang Rumpi





Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan