Celana Chino


Chitchat.my.id- Sebenarnya apa sih perbedaan celana chinos dengan celana khaki? Pastinya pertanyaan ini sering membingungkan seseorang ketika ingin memilih sebuah celana pria. 

Untuk menjawab pertanyaan ini, memang agak sedikit membingungkan. Apalagi perkembangan fashion berubah begitu cepat. Selain itu, penggunaan bahan dan model juga tidak bisa dibatasi.

Celana chinos dikombinasikan dengan berbagai bahan, penggunaan warna khaki yang juga begitu kaya, dan banyak hal lagi lainnya yang membuat identitas celana ini semakin sulit dicari. Namun demikian, berikut ini beberapa perbedaan mendasar antara kedua celana chinos dan khaki.

Berdasarkan Berat Kain
Pada dasarnya celana chinos terbuat dari twill atau katun 100%. Namun dalam perkembangannya celana ini dikombinasikan dengan berbagai macam bahan lainnya. Perpaduan bahan ini membuat celana memiliki karakteristik yang berubah dari standar awalnya.

Perubahan terjadi pada tekstur kain yang bisa lebih elastis, semakin ringan, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk celana khaki biasanya menggunakan katun 100% yang pastinya akan lebih berat dan lebih kaku. 

Meski sebenarnya, khaki merupakan jenis pewarnaan yang digunakan pada celana. Dengan perbedaan ini akan sedikit menjelaskan perbedaan antara keduanya.

Berdasarkan Perbedaan Model
Perkembangan model pada fashion memang tidak terbatas. Setiap produsen menawarkan desain yang terus berkembang dari hari ke hari. Hal ini membuat seseorang kesulitan membedakan antara celana chinos dengan khaki.

Meski begitu, kamu bisa mengetahui perbedaan mendasar yang ada pada kedua celana. Dimana, celana chinos biasanya dipotong dengan model lebih slim daripada celana khaki. Perbedaan potongan ini menjelaskan bagaimana sebenarnya penggunaan dari kedua celana.

Celana chinos digunakan untuk kegiatan kantor yang lebih formal. Sedangkan celana khaki lebih pada kegiatan lapangan yang harus lebih longgar. Sehingga bisa digunakan lebih mudah dan lebih dinamis.

Berdasarkan Jahitan
Perbedaan dari sudut pandang ini juga sebenarnya sangat sulit dibedakan. Karena setiap produsen pastinya memiliki strategi masing-masing dan segmentasi masing-masing. Hanya saja, biasanya celana chinos akan lebih rapi dengan jahitannya yang tidak terlihat.

Berbeda dengan celana khaki yang biasanya menggunakan jahitan yang menonjol dan memang sengaja ditonjolkan agar lebih terlihat casual. Perbedan potongan ini akan menjelaskan arah desain yang digunakan pada celana chinos dan khaki. Hanya saja, desain celana bisa terus berkembang dan tidak lagi fokus pada fungsi yang itu-itu saja.

Maksudnya, celana chinos juga sekarang ini berkembang lebih casual dan bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Begitu juga dengan celana khaki yang bisa juga digunakan untuk agenda yang lebih formal.

Berdasarkan Warna
Perbedaan dari segi warna ini bisa menjadi yang paling tepat digunakan. Karena celana khaki sendiri sebenarnya merupakan metode pewarnaan untuk celana militer. Sehingga warna-warna yang digunakan cenderung lebih gelap untuk kebutuhan penyamaran.

Celana khaki sendiri digunakan untuk kalangan militer dan bahkan menjadi standar militer Inggris dan Amerika pada era 1800 an.

Berbeda dengan celana chinos yang bisa memiliki warna lebih beragam. Karena celana ini sebenarnya adalah sebutan dari celana yang terbuat dari katun dan berasal dari kata China. Sehingga warnanya akan lebih beragam.

Berdasarkan Penggunaan
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahwa penggunaan celana chinos pada awalnya untuk kegiatan yang bersifat formal. Sedangkan untuk khaki lebih pada acara—acara casual. Hanya saja, perbedaan penggunaan tersebut kini semakin tipis dan sulit sekali dibedakan.

Itulah perbedaan celana chinos dengan khaki yang sering kali ditanyakan. Pada dasarnya keduanya merupakan celana yang sama, hanya saja khaki lebih pada sebutan pewarnaan yang cenderung gelap. Jadi sudah mengerti kan sekarang perbedaannya?

Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




Silakan pilih sistem komentar anda

1 komentar untuk Inilah Bedanya Celana Chinos dengan Khaki Sebenarnya

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan

  1. klo saya celana chinos yang bagian atasnya karet, lebih praktis dan lebih adem sih

    ReplyDelete