Butuh Alasan Untuk Bersepeda

manfaat sepeda

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau mengajak teman ngerumpi membahas mengenai kesehatan yakni manfaat sepeda. Penasaran kan, bawasanya dengan bersepeda juga memiliki dampak yang baik bagi kesehatan. Nah biang ngerumpi akan membahas mengenai alasan kenapa teman ngerumpi harus mulai mencoba kegiatan bersepeda masuk ke dalam agenda rutin?

 

Teman ngerumpi tahu kalau bersepeda merupakan latihan aerobik yang memiliki dampak yang rendah dan memberikan banyak manfaat. Apalagi kegiatan bersepeda ini juga bisa dilakukan seorang diri, bersama keluarga atau bahkan komunitas. Sehingga bisa dikatakan kegiatan berolahraga menggunakan sepeda bisa dilakukan oleh semua umur. Selain itu juga, teman ngerumpi juga bisa menggunakan sepeda sebagai pengganti transportasi, dan kegiatan santai, plus mendapatkan manfaat yang besar!

 

Tanpa disadari ketika teman ngerumpi memulai aktivitas bersepeda hal itu membuat teman ngerumpi aktif dan juga mengubah gaya hidup teman ngerumpi menjadi lebih sehat baik secara mental dan fisik. Sebab, tubuh akan tetap terasa bugar. Nah, pasti teman ngerumpi sudah penasaran dengan manfaat yang di dapat dengan bersepeda.

 

Bersepeda Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat sepeda
 

Apabila teman ngerumpi ingin menurunkan berat badan, teman ngerumpi bisa memulai dengan memasukan kegiatan bersepeda secara rutin dan dengan intensitas tinggi. Sebab, bersepeda mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan mendorong pengelolaan berat badan yang sehat. Tidak hanya itu saja, teman ngerumpi juga bisa meningkatkan metabolisme dan membangun otot. Hal itu bisa berdampak pada pembakaran lebih banyak kalori.  

 

Selain itu dengan bersepeda, teman ngerumpi juga bisa menguatkan kaki. Dimana ketika sedang naik sepeda membuat fungsi keseluruhan pada tubuh di bagian bawah, serta memperkuat otot-otot kaki tanpa terlalu menekannya. Ini menargetkan paha depan, glutes, paha belakang, dan betis. Selain bersepeda, apabila teman ngerumpi ingin menguatkan bagian kaki; maka teman ngerumpi bisa mencoba kegiatan seperti angkat besi, squat, leg press, dan lunges, beberapa kali seminggu untuk lebih meningkatkan performa bersepeda.

 

Bersepeda Bagus untuk pemula

Naik sepeda itu sederhana. Sehingga teman ngerumpi tidak perlu bersusah payah untuk belajar perlengkapan yang lain. Sebab, bersepeda tidak lah susah seperti olahraga ekstrim lainnya. Yang dibutuhkan keseimbangan tubuh dan kekuatan kaki untuk mengayun sepeda. Apalagi dengan bersepeda, teman ngerumpi bisa mengatur pola terlebih dahulu, baik bagi pemula maupun professional. Sebab, intensitas bersepeda bisa disesuaikan dengan kemampuan tubuh.

Setelah terbiasa bersepeda, maka teman ngerumpi bisa mencoba latihan inti.  Sebab, dengan bersepeda teman ngerumpi juga melatih otot inti, termasuk pada bagian punggung dan perut. Dimana mempertahankan bentuk tubuh teman ngerumpi tetap tegak dan menjaga sepeda pada posisinya. Dimana posisi tubuh ini membutuhkan sejumlah kekuatan inti yang mana otot perut dan punggung yang kuat menopang tulang belakang. Serta meningkatkan stabilitas, dan meningkatkan kenyamanan saat bersepeda.

 

Meningkatkan kesehatan mental

Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Berfokus pada jalan saat teman ngerumpi bersepeda membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran akan momen saat ini. Ini dapat membantu mengalihkan fokus teman ngerumpi dari obrolan mental hari teman ngerumpi.

 

Apabila teman ngerumpi merasa lesu, bersepeda lah setidaknya selama sepuluh menit. Dimana olahraga melepaskan endorfin, yang pada gilirannya membantu teman ngerumpi merasa lebih baik sambil menurunkan tingkat stres. Bahkan, teman ngerumpi bisa meningkatkan ras percaya diri dan bahagia setelah menjadikan sepeda sebagai kegiatan rutin dalam hidup teman ngerumpi.  

 

Apakah teman ngerumpi tahu, olahraga sederhana ini seperti bersepeda bisa membantu penderita kanker lho. Pasti belum tahu kan?  Nah, biang ngerumpi kasih tau ya, ketika teman ngerumpi bersepeda hal itu membuat teman ngerumpi tetap bugar dan ramping. Plus bisa mengurangi resiko jenis penyakit tertentu seperti kanker payudara. Bahkan, bagi penderita kanker yang sedang melalukan pemilihan bisa mencoba menambahkan list bersepeda untuk pemulihan dari kanker.   

 

Tidak hanya itu, bersepeda juga bisa menjadi awal kegiatan positif dalam pola hidup teman ngerumpi. Jadi, tidak ada salahnya mencoba bangun lebih pagi untuk melakukan kegiatan bersepeda, sebelum melakukan aktivitas. Sebab, ketika bersepeda pada pagi hari bisa meningkatkan sirkulasi dan memungkinkan teman ngerumpi memulai hari dengan rasa pencapaian. Sehingga, besar kemungkinan teman ngerumpi cenderung untuk membuat pilihan yang sehat dan positif seiring dengan waktu.  

 

Apalagi berkendara di pagi hari dengan intensitas rendah dapat membakar lemak, meningkatkan kinerja daya tahan, dan meningkatkan energi dan tingkat metabolisme sepanjang hari. Masih banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika bersepeda. Namun, biang ngerumpi nggak ingin teman ngerumpi merasa bosan membacanya. Jadi, apakah teman ngerumpi mau mencoba mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan bersepeda?

 


Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan