Malas, Kelaut Aja; Mari Semangat!!

Bagaimana Mengatasi Rasa Malas


Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog  ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau mengajak teman ngerumpi membahas mengenai Bagaimana Mengatasi Rasa Malas. Ayo ngaku, sejak covid semakin merajalela, pasti teman ngerumpi bawaannya malas mau melakukan aktivitas kan! Sehingga membuat teman ngerumpi merasa hidup jadi lebih menjemukan dan tidak menyenangkan. Sama, biang ngerumpi juga sudah mengalami masa seperti itu!


Apalagi sekarang ini sudah mulai pemberlakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Dimana kegiatan teman ngerumpi dan biang ngerumpi jadi semakin terbatas. Sudahlah corona makin merajalela; semakin susah beraktivitas. Baiknya mager aja kali ya! Eits, jangan seperti itu! Cukup biang ngerumpi saja yang mengalami dan berakibat tubuh jadi melar.


Nah, biang ngerumpi kasih cara untuk mengatasi rasa malas ya. Mudahan tips ini bisa berguna bagi teman ngerumpi.


Buat Tujuan yang bisa Dikerjakan

Tentunya, teman ngerumpi harus bisa menerapkan suatu tujuan; dimana tujuan yang teman ngerumpi buat tidak menguras banyak energi. Sebab, terlalu banyak rencana dan ketika mengerjakannya akan menyebabkan KELELAHAN. Dimana, saat ini teman ngerumpi sudah mengalami kelelahan bekerja. Dimana kelelahan tersebut menyebabkan teman ngerumpi kehilangan minat, rasa lelah berkepanjangan dan bahkan tidak memiliki motivasi. Plus, selalu memiliki keinginan untuk melarikan diri. Nah, ada baiknya, teman ngerumpi menghindari menambah kelebihan beban dan menerapkan tujuan yang lebih kecil agar bisa dicapai. Sehingga bisa membawa teman ngerumpi pergi ke tempat yang diinginkan, tanpa membebani teman ngerumpi sepanjang hari.


Nobody Perfect

Teman ngerumpi sudah tahu kan bawasanya tidak ada yang sempurna, jadi teman ngerumpi jangan mengharapkan kesempurnaan pada diri teman ngerumpi sendiri! Sebab, segala sesuatu yang Perfeksionisme bakan membuat teman ngerumpi menjadi korban psikologis. Hal itu bukan tanpa alasan, saat ini banyak sekali diantara teman ngerumpi secara sadar atau tidak sadar menerapkan perfeksionisme. Sehingga tanpa sadar, teman ngerumpi jadi terlalu kritis terhadap diri sendiri dan bahkan orang lain. Hal ini menimbulkan rasa kecemasan yang berlebihan dan juga berdampak pada peningkatan depresi. Jadi, nggak usah terlalu memikirkan kesempurnaan, lakukan yang terbaik saja!


Berbicara Positif daripada Negatif

Terkadang tanpa disadari, teman ngerumpi cenderung membicarakan diri sendiri mengenai hal yang negatif. Hal itu memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan dan mental teman ngerumpi. Ada baiknya, teman ngerumpi berbicara hal-hal yang positif saja; misalnya hari ini cuaca cerah, semangat untuk bekerja. Jangan dimulai dengan berkeluh kesah. Bahkan coba jangan mengatakan, “Aku malas banget hari ini, karena bla bla.” Hal itu termasuk dalam bagian self-talk negatif. Ingat, hari ini aku bersamangat untuk belajar hal yang baru. Dibandingkan, mengatakan aku malas melakukan bla bla bla…


Buat Rencana Aksi

Siapa di sini yang suka sekali membuat rencana, tetapi tidak pernah melakukannya. Nah, ada baiknya mulai sekarang; teman ngerumpi mulai merencanakan bagaimana teman ngerumpi akan menyelesaikan sesuatu agar menjadi lebih mudah. Namun, pastinya tetap memegang sikap realistis ya. Jangan membuat rencana, seperti menulis novel dalam satu hari; tentunya tidak mungkin ya! Namun, ada baiknya misalnya hari ini aku akan menyelesaikan tulisan novel sebanyak dua puluh halaman. Kemudian, teman ngerumpi mulai bersikap realistis tentang berapa banyak waktu, usaha dan faktor lai agar teman ngerumpi bisa memenuhi tujuan yang teman ngerumpi buat.


Paling penting, Hadiahi dirimu sendiri

Menyelesaikan pekerjaan adalah hadiah itu sendiri, tetapi tidak ada salahnya apabila teman ngerumpi memberikan hadiah bagi diri sendiri. Hal itu untuk membuat teman ngerumpi fokus pada apa yang akan teman ngerumpi peroleh dari menyelesaikan sesuatu, seperti semakin dekat dengan promosi, atau hadiahi diri sendiri untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Misalnya, seharian habis membersihkan rumah, nah nggak perlu barang mewah sebagai reward untuk diri sendiri. Teman ngerumpi bisa menghadihi diri sendiri, secangkir teh hangat sebagai hadiah; sudah membersihkan rumah. Teman ngerumpi berhak bersantai sejenak.


Selain itu, cara mengalahka rasa malas dalam kehidupan ini dengan menjalani kehidupan yang SEHAT. Dimana, teman ngerumpi harus sudah mulai melakukan perubahan dimana perubahaan ini baik untuk dilakukan agar rasa malas itu benar-benar hilang. Nah, seperti apa sih! Baik, biang ngerumpi kasih tau ya.


Pastinya memulai hidup sehat, dimulai dari mengkonsumsi makanan sehat! Teman ngerumpi bisa memulai mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi! Sebab, ada beberapa makanan yang bisa membuat teman ngerumpi menjadi malas. Maka dari itu, teman ngerumpi peru mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa meningkatkan energi teman ngerumpi. Serta mampuni untuk menjaga gula darah teman ngerumpi tetap stabil; sehingga teman ngerumpi tidak cenderung merasa lesu dan malas. Makanan berprotein tinggi seperti: yogurt, kacang almond, telur dan tuna.


Hindari makanan manis dan tinggi lemak

Nutrisi dan produktivitas saling terkait. Maka dari itu, ada baiknya teman ngerumpi mulai menghindari makanan yang menguras energi teman ngerumpi. Sebab, makanan manis dan tinggi lemak sangat lambat untuk dicerna. Hal itu bisa menyebabkan lonjakan gula darah. Mau tahu makanan apa saja sih yang termasuk makanan manis dan tinggi lemak, diantaranya adalah karbohidrat olahan, seperti roti putih dan pasta, alkohol, makanan yang digoreng dan makanan cepat saji.


Olahraga

Sudah pasti ya, teman ngerumpi yang rajin olahraga pasti bisa mengatasi rasa malas. Bagaimana dengan teman ngerumpi yang suka mager dan enggan berolahraga. Sudah waktunya, teman ngerumpi melepaskan kebiasaan jelek untuk menjadi orang yang penuh energi dengan meluangkan waktu untuk berolahraga.


Sebab olahraga adalah cara jitu untuk menghilangkan rasa malas. Hanya beberapa menit olahraga dapat meningkatkan tingkat energi, memperbaiki suasana hati, dan mengurangi kecemasan, stres, dan depresi - yang semuanya dapat membuat teman ngerumpi merasa lelah dan tidak termotivasi. Cobalah berjalan kaki singkat atau bersepeda untuk melawan rasa malas itu.


Tidur dan istirahat

Tentunya bagi teman ngerumpi yang kurang istirahat menyebabkan depresi. Dimana kebanyakan orang yang depresi itu bawaannya malas. Nah, mulai dari sekarang; cobalah untuk beristirahat yang cukup dan tidur yang sempurna. Sehingga teman ngerumpi bisa bangun dalam keadaan sehat dan bersemangat. Banyak diantara teman ngerumpi yang bangun tidur, bawaannya lemas dan tidak semangat! Hal itu dikarenakan tubuh masih merasa lelah, dikarenakan belum tidur cukup. Sehingga sepanjang hari bawaanya moody dan tidak bergairah.


Kelola stres

Sudah bukan rahasia lagi, kalau stres itu sangat menguras tenaga baik energi, mental dan bahkan fisik. Nah, ada baiknya teman ngerumpi sudah bisa mengelola stress. Cari tau terlebih dahulu, apa sih yang menyebabkan stres. Kemudian cari cara untuk mengatasi stres tersebut. Teman ngerumpi bisa menemukan strategi untuk mengatasi stres yang bisa membantu meningkatkan suasana hati teman ngerumpi. Serta memberikan teman ngerumpi energi dan dorongan untuk menyelesaikan sesuatu. Teman ngerumpi tahu, meluangkan waktu dengan orang yang dikasihi, memeluk hewan peliharaan dan bahkan merendam di bath tube juga bisa membantu mengatasi rasa stres lho.


Last but not least, Jadikan Air Putih Sabahat

Manfaat air minum tidak ada habisnya dan banyak yang bisa membantu melawan kemalasan. Tetap terhidrasi dapat meningkatkan tingkat energi dan fungsi otak. Ini juga membantu memaksimalkan kinerja fisik. Beberapa teguk air juga dapat membantu teman ngerumpi bersemangat jika teman ngerumpi merasa lesu. Tidak percaya, coba saja sendiri! Nah, menurut teman ngerumpi artikel ini berguna tidak untuk mengatasi rasa malas; yuk di share ke teman ngerumpi yang butuh motivasi mengatasi rasa malas.


Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan