Pentingkah Investasi?

Ingin Tahu Apa Saja Bentuk Investasi

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog  ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau mengajak teman ngerumpi membahas mengenai macam-macam investasi pada umumnya. Kenapa teman ngerumpi perlu memikirkan investasi? Alasannya sudah pasti demi masa depan, bukan!

 

Baiklah, bagi teman ngerumpi yang masih belum mengetahui manfaat investasi itu untuk apa. Sebenarnya ada segudang manfaat, biang ngerumpi kasih tau beberapa saja ya. Biar tidak bosan. Alasan, kenapa teman ngerumpi perlu berinvestasi bisa dijadikan karena penurunan nilai mata uang. Dengan memiliki investasi, teman ngerumpi bisa melindungi aset dari inflasi.


Tidak hanya itu saja, memiliki investasi sama dengan memiliki kebebasan finansial dan juga keuntungan. Tidak bisa dipungkiri, semua orang pasti ingin kaya, atau setidaknya memiliki penghasilan yang besar. Dengan memiliki investasi, hal tersebut bisa memungkinkan. Apalagi ada banyak jenis investasi yang memberikan keuntungan.


Nah, teman ngerumpi penasaran kira-kira investasi apa saja sih yang teman ngerumpi sudah ketahui? Biang rumpi kasih tahu beberapa ide untuk investasi yang bisa teman ngerumpi lakukan. Sebab, beberapa investasi ini banyak dilakukan di Indonesia baik jangka panjang maupun jangka pendek. Pastinya, setiap investasi memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri ya.


Misalnya, teman ngerumpi memilih investasi dalam bentuk DEPOSITO. Sebagian dari teman ngerumpi pasti sudah tahu apa itu deposito. Yups, benar sekali deposito mirip dengan tabungan. Dikarenakan risikonya rendah membuat deposito kerap dipilih investor pemula. Namun jika dibandingkan dengan tabungan, ada dua hal yang membedakannya, yakni tingkat bunga dan adanya waktu jatuh tempo.


Biasanya, suku bunga deposito lebih tinggi dibandingkan bunga tabungan biasa. Bahkan ada juga beberapa bank yang menawarkan suku bunga lebih dari 6%. Semakin banyak uang yang diinvestasikan, bunga depositonya juga semakin tinggi. Walaupun memiliki suku bunga yang lebih tinggi, uang yang diinvestasikan ke deposito tidak bisa diambil sewaktu-waktu layaknya tabungan. Ada waktu yang mengikat. Sebelum deposito tersebut jatuh tempo, teman ngerumpi tidak bisa menyentuhnya sama sekali.


Bagaimana dengan sistem EMAS. Hampir sebagian teman biang ngerumpi lebih memilih investasi emas. Sebab investasi emas bisa merupakan pilihan yang menarik. Bahkan, risiko investasi emas juga rendah. Nilainya cenderung stabil dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun, sayangnya banyak yang salah memehami investasi emas. Nah, bagusnya kalau mau investasi emas jangan dalam bentuk perhiasaan, melainkan emas batangan. Sebab, emas perhiasan, biasanya nilai jualnya bakalan rendah. Pasalnya, sewaktu membeli emas teman ngerumpi harus membayar biaya pembuatan emasnya yang lumayan. Sedangkan emas batangan murni dinilai dari beratnya.


Menariknya lagi, teman ngerumpi bisa berinvestasi emas lewat aplikasi. Bahkan teman ngerumpi tidak harus membeli emas batangan dengan berat minimal 0,5 gram atau mengeluarkan beberapa ratus ribu rupiah untuk memulai investasi emas. Jika dana yang tersedia memang masih terbatas, teman ngerumpi bahkan bisa membeli emas cukup dengan kemampuan anggaran.


Bagaimana kalau teman ngerumpi memiliki dana lebih, sayang kan jika hanya di simpan dalam bentuk tabungan saja. Tidak ingin mencoba memiliki beragam properti yang bisa dijadikan investasi jangka panjang. Teman ngerumpi tahu, investasi properti memiliki beberapa kesamaan dengan investasi emas. Ada benda fisik yang dibeli. Bahkan nilainya juga dipastikan terus mengalami peningkatan tanpa banyak fluktuasi. Selain itu, risikonya juga terbilang rendah.


Ada beberapa model investasi properti yang biasa digunakan. Investasi yang paling mudah misalnya membeli tanah, bangun rumah dan kemudian menjualnya ketika harga lokasi properti tersebut sudah mulai tinggi. Namun, jangan melupkan kalau investasi properti juga memiliki resiko, seperti kerusakan pada bangunan. Namun, bisa dikatakan masih rendah.


Nah, tiga investasi ini cocok bagi teman ngerumpi yang termasuk pemula dalam hal investasi, ada juga investasi dalam bentuk saham, Asuransi, Reksadana, Peer to Peer Lending, dan masih banyak lainnya. Namun, yang pasti tidak ada salahnya teman ngerumpi memikirkan investasi yang sesuai budget. Apabila teman ngerumpi merasa artikel ini sangat membantu dan ingin membantu teman yang lainnya yang memikirkan ingin berinvestasi tetapi tidak mengetahuinya. Teman ngerumpi boleh share artikel ini ke mereka. Jadi, mau investasi apa nih teman ngerumpi?


Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan