Pentingnya Anak Dikenalkan Bacaan



Chitchat.my.id- Hello Hello, Apa kabar? Semoga teman ngerumpi dalam keadaan sehat dan bersemangat. Sebelumnya, biang ngerumpi mau ucapkan, Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau ngerumpi mengenai ajari anak menyukai buku.

 

Mengenalkan buku pada anak, menurut biang ngerumpi sangat penting! Apalagi di masa semua serba digital. Namun, buku tetaplah perlu dikenalkan pada anak. Hal itu bisa dimulai dengan membacakan buku pada anak usia dini. Mungkin, semua orang sudah menyadari betapa pentingnya membacakan buku pada anak sejak dini. Namun, masih banyak orang yang bingung tentang usia yang tepat untuk memperkenalkan buku pada anak, apakah teman ngerumpi juga demikian?

 

Sebenarnya, tidak ada usia yang tepat untuk memperkenalkan buku pada anak. Namun, semakin dini anak diperkenalkan dengan buku, semakin baik. Bahkan, sejak bayi sudah bisa diajak untuk membaca buku. Saat bayi merasa nyaman, tenang, dan rileks, membacakan buku dapat menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan.

 

Dalam perkembangan anak, usia 0-3 tahun adalah periode yang paling kritis. Pada periode ini, anak membangun fondasi kognitif, emosional, sosial, dan bahasa. Maka dari itu, sejak dini, anak perlu dikenalkan dengan buku. Selain dapat membantu perkembangan anak dalam berbagai aspek, membacakan buku juga dapat membantu orang tua untuk membina hubungan yang positif dengan anak.

 

Jujur, baby Hans sejak usia delapan bulan sudah dikenalkan dengan buku, bahkan, terkadang kalau biang ngerumpi malas mengambil buku, maka si baby hans minta di dongeng kan sebelum tidur.  Dikarenakan itu, penting sekali bagi teman ngerumpi untuk mengenalkan buku yang sesuai pada usia anak.

 

Buku yang Cocok untuk Anak Usia Dua Tahun?

Sebenarnya, memperkenalkan buku pada anak usia dua tahun dapat menjadi tantangan tersendiri. Hal itu terkadang dirasakan beberapa temannya teman ngerumpi. Sebab, usia ini anak masih memiliki keterbatasan dalam konsentrasi dan ketertarikan terhadap aktivitas yang monoton.

 

Sehingga penting bagi biang ngerumpi dan juga teman ngerumpi untuk memberikan buku yang pas untuk usia anak. Sehingga anak jadi suka untuk membaca buku. Setidaknya, mengenal buku apa yang dibacakan. Sini, biang ngerumpi kasih tahu buku yang cocok untuk usia anak dua tahun.

 

Buku Sederhana dengan Gambar Sederhana

Baby Hans suka banget dengan buku gambar, dimana gambarnya sangat sederhana dengan pemilihan warna yang cerah. Sebab, warna cerah menjadi perhatian anak. Namun, sebagai orang tua, teman ngerumpi jangan asal pilih buku, karena gambarnya cerah. Namun, pastikan dulu gambar-gambar dalam buku tersebut sesuai dengan usia anak.

 

Buku cerita yang pendek

Saat ini banyak sekali bukan buku cerita untuk anak. Nah, untuk anak usia tahun, teman ngerumpi harus memilihkan buku cerita yang pendek, dan sederhana. Buku cerita yang pendek dan sederhana disertai dengan karakter yang lucu dan menarik bisa menjadi pilihan yang baik untuk anak usia dua tahun. Pastikan cerita yang disajikan mudah dipahami oleh anak.

 

Untuk mengajar anak usia dua tahun untuk menyukai buku, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

Teman ngerumpi bisa memulai membacakan buku yang menarik perhatian anak. Pilihlah buku dengan gambar yang menarik dan warna yang cerah untuk menarik perhatian anak. Nah, ketika membacakan buku, coba menggunakan suara yang menghibur dan gunakan ekspresi wajah yang menarik perhatian anak. Ajak anak untuk berinteraksi dengan buku, seperti menunjuk gambar dan mengucapkan kata-kata yang mudah diucapkan.

 

Selain itu, mulailah baca buku secara teratur. Membaca buku secara teratur dapat membantu anak untuk membangun kebiasaan membaca dan mengembangkan minat mereka terhadap buku. Paling penting, jangan memaksa anak untuk membaca. Jangan memaksa anak untuk membaca jika mereka tidak tertarik. Biarkan anak mengeksplorasi buku dengan sendirinya dan berikan dukungan dan motivasi yang positif. Menurut teman ngerumpi bagaimana?

 

Salam Biang Rumpi




 



Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan