Pentingnya Memperhatikan Makanan Anak

Kenapa Anak Dua Tahun Tidak Doyan Makan?


Chitchat.my.id- Hello Hello, Apa kabar? Semoga teman ngerumpi dalam keadaan sehat dan bersemangat. Sebelumnya, biang ngerumpi mau ucapkan, Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau mengajak teman ngerumpi mengenai kenapa anak dua tahun tidak doyan makan?

 

Kebetulan nih, Baby Hans sudah berusia dua tahun lima bulan, pada saat ini nafsu makannya bisa di bilang naik turun, seperti grafik investasi emas. Sehingga membuat biang ngerumpi pusing. Sebenarnya, kata Oma Hans, anak dua tahun yang susah makan bisa menjadi hal yang umum terjadi pada tahap pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal itu disebabkan beberapa faktor. Mungkin, teman ngerumpi sebagian sudah tahu. Namun, tak ada salahnya biang ngerumpi menjelaskan kembali ya.

 

Nah, biasanya Baby Hans suka sekali makan sup. Oma sampai masak beberapa hari sup terus. Meskipun sudah dijelaskan nanti anak bosan. Namun, tak percaya. Biasanya anak tidak mau makan dikarenakan perubahan rasa dan kebiasaan makan. Ketika anak mulai tumbuh, kemungkinan anak mengalami perubahan rasa dan kebiasaan makan. Mereka mungkin menolak makanan yang sebelumnya mereka sukai, atau tidak ingin mencoba makanan baru.

 

Selain itu, anak tidak doyan makan bisa dikarenakan sedang ada proses tumbuh gigi. Sehingga membuat anak merasa tidak nyaman dan menolak makanan. Gigi yang baru tumbuh dapat membuat gusi dan mulut anak terasa sakit. Hal itu bisa menyebabkan anak lebih memilih makanan yang mudah dikunyah dan dihisap, seperti es batu atau buah beku.

 

Terkadang biang ngerumpi lupa, jika pola makan yang buruk juga mempengaruhi anak tidak doyan makan. Mungkin hal ini terkesan sepele, misalnya teman ngerumpi memberikan cemilan atau junk food sebelum jam makan. Hal ini mempengaruhi nafsu makan anak. Pastinya, anak akan lebih memilih cemilan daripada makanan sehat. Sebab, cemilan lebih enak bukan?

 

Jadi teman ngerumpi tidak perlu kuatir, jika anak teman ngerumpi masih berusia dua tahun dan susah makan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya perubahan rasa dan kebiasaan makan, tumbuh gigi, gangguan kesehatan, dan pola makan yang buruk. Sebagai Orang tua terkadang suka panik, kalau anak tidak mau makan. Namun, carilah penyebab dan solusi yang tepat untuk membantu anak memperbaiki pola makannya dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

 

Ingin anak doyan makan? Mau coba cara biang ngerumpi? Belakangan ini biang ngerumpi lagi demen masuk dapur dan memberikan makanan yang menarik. Makanan menarik apa sih yang cocok untuk anak usia dua tahun? Nah, biasanya anak suka sekali makan dengan makanan yang memiliki warna dan bentuk berbeda. Jadi, tidak ada salahnya memiliki perlengkapan bento di rumah.

 

Selain itu, cobalah membuat waktu makan yang rutin. Hal itu dikarenakan abaj-anak cenderung lebih mudah makan saat sudah terbiasa dengan jadwal makan yang rutin. Makan pagi, siang, dan malam yang teratur membantu tubuh anak untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

 

Mungkin hal ini sedikit ribet. Namun, melibatkan anak dalam proses memasak dan memilih makanan akan membuat anak tertarik untuk mencicipi makanan yang disajikan lho. Nah, ini masih sering biang rumpi lakukan. Namun, tidak ada salahnya mencoba untuk menghindari menawarkan makanan sebagai penghargaan atau hukuman. Sebab, hal ini akan berdampak pada masa depan anak. Dimana pola pikir anak bahwa makanan bisa menjadi alat penghibur maupun pemenuhan kebutuhan emosional mereka.

 

Nah, makanan yang cocok untuk anak dua tahun yakni Karbohidrat, seperti nasi, roti, dan pasta. Sayuran dan buah-buahan, seperti brokoli, wortel, apel, dan pisang. Untuk sayuran baby Hans suka sekali pisang dan wortel. Sedangkan protein, bisa didapatkan dari daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Teman ngerumpi ingat, untuk menjaga porsi makanan yang disajikan dan memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan anak pada jenis makanan. Bagaimana menurut teman ngerumpi?

 

Salam Biang Rumpi




 



Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan