Ini Biaya-biaya Yang Perlu Anda Keluarkan Ketika Sewa Apartemen!


Chithchat.my.id-Setelah menemukan apartemen yang tepat dan menandatangani perjanjian sewa, Anda perlu sedikit merayakan momen ini. Anda tidak hanya sudah menemukan hunian abaru,  tapi Anda bisa merasa lega ketika usaha Anda terbayar dan pencarian apartemen akhirnya selesai.
 
Tapi, ini juga jadi waktunya Anda membuka dompet dan menyerahkan sejumlah uang,
yang jumlahnya bisa 2 hingga 4 kali biaya sewa apartemen bulanan.
Berikut ini deskripsi apa saja yang perlu Anda bayar saat menandatangani perjanjian sewa apartemen:
#1. Biaya sewa bayar di depan
Anda perlu membayar sewa pertama, dan mungkin sewa bulan terakhir juga, bergantung kesepakatan saat tanda tangan perjanjian sewa. Ini mungkin terkesan begitu banyak biaya yang harus dibayar di awal, tapi masa sewa Anda sudah dimulai dan Anda perlu mulai membayar sewa tiap bulannya. Lagi pula, bila Anda telah membayar uang sewa bulan pertama dan terakhir, Anda berarti sudah memenuhi 1/6 dari biaya sewa 1 tahun (2 dari 12 bulan), dan Anda hanya perlu membayar sewa untuk sisa bulan ketika tiba waktunya.

#2. Biaya security deposit
Jumlah  untuk biaya security deposit yang diminta pengelola bisa bervariasi. Biasanya Anda perlu membayar jumlah yang sama dengan satu atau dua kali sewa per bulan. Bila Anda tidak menyebabkan kerusakan apapun di apartemen, pengelola akan mengembalikan biaya security deposit setelah masa sewa berakhir.
Biasanya pengelola diharuskan menyimpan security deposit di rekening yang menghasilkan bunga, yang berarti Anda akan menerima deposit beserta bunganya. Tapi Anda akan dikenakan pajak di tahun Anda menerimanya sebagai bagian dari penghasilan Anda.
#3. Biaya komisi
 
Bila Anda menggunakan jasa perantara untuk memperoleh apartemen, biaya untuk komisi perlu Anda keluarkan. Pastikan Anda tahu sejak awal berapa banyak Anda perlu membayar perantara, yang paling umum sekitar 10 persen dari sewa tahunan atau satu kali sewa bulanan, tapi ini bisa bervariasi.

#4. Biaya pindahan
Hampi tiap penyewa akan mengeluarkan biaya untuk pindahan. Baik menyewa jasa pindahan, sewa truk, atau meminta teman dan mengajak mereka makan karena meminjamkan mobil, Anda perlu membayar agar barang Anda bisa dipindahkan ke hunian baru.

#5. Biaya penyimpanan di luar apartemen
 Bila Anda tidak bisa menampung semua barang di apartemen dan tidak ada kerabat atau teman yang bisa meminjamkan ruang untuk menyimpan barang, Anda bisa gunakan fasilitas penyimpanan. Fasilitas ini biasanya dikenai biaya setiap bulan, bergantung ukuran ruang penyimpanan yang Anda butuhkan.
 #6. Biaya lain-lain
Pengelola apartemen bisa meminta Anda membayar biaya tambahan untuk hal lain, yang bisa diambil kembali ketika masa sewa habis. Misalnya Anda boleh membawa hewan peliharaan ke apartemen, tapi Anda perlu membayar deposit untuk hewan peliharaan. Deposit ini bertujuan membantu pengelola mengantisipasi hewan peliharaan Anda ketika menyebabkan kerusakan.

#7. Listrik
Anda perlu membayar listrik, apapun jenis unit yang Anda sewa. Pengelola bisa memberi Anda informasi tentang biaya tagihan listrik Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu bingung atau tanpa sengaja tidak membayar tagihannya.
#8. Biaya AC
Anda membayar AC melalui tagihan listrik. Bergantung seberapa sering Anda menggunakan AC, jumlahnya bisa sangat mempengaruhi tagihan listrik Anda. Anda bisa beralih ke kipas angin agar bisa lebih menghemat listrik.
#9. Internet/TV kabel
 
Di era saat ini, internet jadi sebuah kebutuhan. Bila Anda ingin menikmati fasilitas TV kabel juga, gunakan provider yang sama. Ini agar Anda bisa lebih menghemat dan bisa leluasa menonton acara yang Anda sukai.
 #10. Parkir
Tiap unit apartemen biasanya disediakan satu area parkir. Ada biaya bulanan yang Anda keluarkan untuk fasilitas ini dengan jumlah yang bervariasi. Sebagai contoh, bila Anda sewa apartemen Season City di Jakarta Barat, biaya parkir yang Anda harus keluarkan adalah Rp. 250.ooo per bulannya (khusus mobil).
 
#11. Biaya sehari-hari
Ini jadi biaya yang pasti Anda keluarkan ketika sewa apartemen. Salah satu cara menghemat pengeluaran ini adalah dengan memasak sendiri. Jadi Anda tidak perlu setiap hari mampir ke restoran untuk menikmati sarapan, makan siang, atau makan malam.


Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

6 comments:

  1. Anonymous5/9/18 10:20

    Wah banyak juga ya

    ReplyDelete
  2. jadi inget seorang food vlogger yang kerjaannya jadi broker sewa apartemen, pernah bahas ini lho . ternyatay usaha broker apartemen lumayan

    ReplyDelete
  3. Aku pernah punya pengalaman sewa apartment di Singapur. Lumayan banget biaya yang harus kita keluarkan. Untungnya dulu sewanya patungan ama temen, hehehe

    ReplyDelete
  4. boleh juga informasi bermanfaat nya kak

    jadi bisa siap siap kalau memang nanti mau pindah ke apartemen

    terima kasih informasi nya ya kak

    ReplyDelete
  5. banyak juga ya biaya untuk nyewa apartemen
    tapi sesuailah ya dengan level apartemen dibanding perumahan biasa
    apalah menyangkut keamanan..memang pantaslah ya

    ReplyDelete
  6. Aku mah nggak mau sewa maunya beli apartemen. Jiaah sombong. Eh beneran, pengen banget rasanya beli apartemen terus sewain, kan harganya mayan juga.

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan