Ini Dia Obat Batuk Herbal Yang Bisa Anda Buat Sendiri Di Rumah


Penyakit batuk ini bisa disebabkan oleh bakteri yang berada di sekitar kita, apalagi pada saat musim hujan tiba biasanya bakteri-bakteri ini akan semakin banyak berkeliaran, sehingga bisa menyebabkan kita terkena batuk. Oleh sebab itu saat musim hujan tiba, kita harus selalu menjaga kesehatan kita supaya tidak terkena berbagai macam penyakit, seperti batuk dan pilek.



Namun jika anda sudah terkena penyakit batuk, anda jangan dulu menggunakan obat kimia atau pergi ke dokter, akan tetapi anda bisa mencoba untuk menggunakan obat batuk herbal yang bisa dibuat sendiri di rumah. Obat batuk alami atau herbal ini bisa menjadi pilihan untuk menobati batuk yang diderita. Walaupun, efektivitas dari obat batuk herbal ini akan berbeda pada setiap orang. Dan obat batuk herbal ini harus dikonsumsi secara hati-hati, khususnya bagi yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Dalam artikel kesehatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang obat batuk herbal yang bisa dibuat sendiri di rumah sebagai berikut ini :
  1. Jahe
 
Jahe ini memang terkenal sebagai rempah-rempah yang bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi batuk. Rasanya yang khas bisa menghangatkan tenggorokan sehingga bisa meredakan batuk yang diderita.  Untuk bisa memanfaatkan jahe ini sebagai obat batuk herbal, anda bisa mencoba untuk menyeduh beberapa iris jahe dengan air panas lalu tunggu selama beberapa menit. Setelah hangat, anda bisa langsung meminum teh jahe tersebut sebagai obat batuk herbal. Selain itu, jahe juga bisa bermanfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan serta mual-mual yang dirasakan pada saat terkena penyakit flu.

  1. Bawang Merah

Selain sebagi obat batuk alami untuk orang dewasa, bawang merah  ini bisa dijadikan sebagai obat batuk alami untuk bayi dan anak-anak. Adapun caranya adalah, iris bawang merah tersebut menjadi beberapa bagian lalu tempatkan irisan bawang merah tersebut di samping tempat tidur. Perlu anda ketahui bahwa manfaat bawang merah ini dalam mengatsi batuk tersebut didapat melalui efek uap yang keluar dari irisan bawang merah tersebut. Cara ini sangat populer di negara Prancis dan Spanyol.

  1. Nanas
 
Cara selanjutnya untuk mengatasi batuk secara alami adalah dengan cara mengkonsumsi nanas. Menurut penelitian bahwa nanas ini terdapat kandungan bromelain yang bisa meredakan batuk serta mengencerkan lendir di tenggorokan. Untuk bisa mendapatkan manfaat nanas ini, anda bisa mengkonsumsi sepotong nanas atau 100 ml jus nanas segar sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Madu

Madu ini merupakan salah satu minuman yang banyak sekali khasiatnya, termasuk untuk mengobati batuk. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut : Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat minuman yang terdiri dari 2 campuran, yakni campuran 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat, ditambah dengan perasan air lemon.

  1. Air Garam

Jika anda mengalami batuk yang disertai gatal pada tenggorokan, anda bisa mencoba mengobatinya dengan cara berkumur dengan air garam. Cara pembuatannya adalah : cukup campurkan ¼ - ½ sendok teh garam kedalam 240 ml air hangat dan gunakan untuk berkumur, sehingga rasa gatal pada tenggorokan yang menyebabkan batuk tersebut bisa diredakan. Cara ini memang mudah dan sederhana, akan tetapi tidak direkomendasikan untuk anak di bawah usia 6 tahun, hal ini dikarenakan pada anak usia ini biasanya belum bisa berkumur dengan baik, sehingga takutnya malah tertelan.

Itulah beberapa obat batuk herbal yang bisa anda buat sendiri di rumah. Dengan membuat obat herbal sendiri ini maka ini akan menjadi obat yang aman karena tidak akan menimbulkan efek samping.
Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan