Perhatikan 5 Tanda Penting Anak Sehat


Apa Tanda untuk Mengetahui Anak Sehat


Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini mengenai “Perhatikan 10 tanda anak sehat.” Biang ngerumpi masih ingin membahas mengenai perkembangan anak. Tanpa disadari, pertumbuhan si buah hati cepat sekali. Nggak kerasa, baru saja di timang-timang. Eh, sekarang sudah bisa merangkak dan tidak lama kemudian sudah bisa berlari. Setiap momen terasa begitu berharga memperhatikan tumbuh kembang anak. Apalagi, jika anak sehat. Senang sekali ya.



anak sehat



Biang rumpi merasakan momen melihat tumbuh kembang anak. Rasanya, ingin menangis melihat perkembangannya yang pesat. Dari menggengam jemari, sekarang sudah pandai menggigit paha ayam haha. Nah, teman ngerumpi pasti merasakan hal yang sama, seperti biang rumpi bukan?

Bukannya biang rumpi ini pandai, tetapi tidak ada salahnya teman ngerumpi memperhatikan dan mempelajari tanda-tanda perkembangan anak yang positif. Nah, biasanya anak yang positif itu sudah pasti SEHAT. Tanda-tanda seperti apa sih? Biang rumpi akui, terkadang kita mengalami kesulitan melihat tanda-tanda apakah anak kita sehat atau tidak! No worry, teman ngerumpi berada di artikel yang tepat. Sebab, biang rumpi akan mengulas secara singkat, padat dan jelas. Semoga teman ngerumpi jadi mudah memahaminya ya.

 Nah ini dia  5 tanda kesehatan yang baik bagi anak-anak yang sedang berkembang.  

 1. Anak Bertumbuh

Ketika anak masih bayi, maka dia akan bertumbuh. Perhatikan tumbuh kembang anak, apakah anak teman ngerumpi sehat? Nah, anak sehat ditunjukan dengan perkembangan berat badan yang kian bertambah. Jadi, ketika pergi ke dokter atau posyandu, teman ngerumpi harus memperhatikan timbangan. Apakah berat timbangan anak bertambah atau berkurang? Sebab, seiring bertumbuhnya anak, maka anak akan terus bertambah. Hal itu bisa dilihat ketika mengunjungi  dokter dengan jadwal yang teratur.

2. Anak Berinteraksi dengan Anak lain
 
Teman ngerumpi pasti mudah sekali memahami poin kedua yang di maksud biang rumpi. Teman ngerumpi tinggal perhatikan anaknya saja. Apakah si anak sudah mulai berinterkasi dengan anak-anak lain. Biasanya, anak-anak yang mendekati prasekolah; mereka bakalan mulai bermain bersama. Bahkan teman ngerumpi sadari atau tidak, anak sudah mulai bereaksi terhadap emosi teman ngerumpi. Anak juga akan merasa kuatir apabila teman ngerumpi kesal.

Bahkan anak juga terkadang mau berbagi, jika dia ingin. Anak juga ingin menunjukan kepada teman ngerumpi bawasanya dia juga bisa melakukannya sendiri seiring usia anak bertambah. Misalnya, anak akan mengikuti teman ngerumpi melipat baju. Meskipun, sebenarnya anak malah membuat berantakan, tetapi anak belajar untuk mandiri dan mau menunjukan bawasanya dia bukan anak kecil lagi.


3. Anak Makan Dengan Baik
Tentunya, melihat anak bisa makan sendiri dan lahap ada rasa bahagia bukan? Sejujurnya, biang rumpi juga seperti itu. Sebagai orang tua, tentu teman ngerumpi ingin memberi asupan gizi yang baik melalui makanan sehat. Biasanya anak-anak juga memiliki pilihan sendiri. Tidak usah kuatir, jika pertama kali memberikan makanan pada anak, anak tidak mau memakannya. Namun coba terus, biasanya anak masih baru mau makan. Seteah beberapa kali di suap. Sebelum, anak menyukai makanan tersebut.  


Tidak ada salahnya memberikan kesempatan anak untuk makan sendiri. Biasanya anak yang belum genap dua tahun tertarik menggunakan pelengkapan makan. Meskipun, anak belum sepenuhnya bisa menggunakan sendok.  Mereka lebih sering menggunakan tangan untuk memasukan makanan ke dalam mulut mereka.   

Meskipun bagus mengajarkan anak untuk makan sendiri. Namun, perhatikan anak masih belum pendai makan makanan. Jadi, ada baiknya teman ngerumpi suapin dulu dan kemudian kasih anak untuk makan sendiri. Jangan kuatir, jika anak teman ngerumpi sering sekali merasa lapar. Sebab,  ukuran porsi anak tidak terlalu besar. Sehingga normal bagi anak untuk makan tiga kali sehari dalam jumlah kecil, bersama dengan beberapa makanan ringan.

4. Anak Tertarik pada Hal-Hal Baru
 
Namanya anak-anak, pasti mereka memiliki rasa ingin tahu. Hal itu wajar, tetapi pastikan teman ngerumpi memberikan banyak cara yang positif agar anak-anak mempelajari hal yang baru dan menjelajahi.  Anak-anak di usia lima tahun kebawah,   kebanyakan belajar melalui permainan dan sangat aktif. Anak-anak juga dapat mengembangkan imajinasi yang sangat kreatif dan mulai menikmati permainan pura-pura. Ini adalah usia yang tepat untuk menawarkan banyak peluang bermain sensorik.


Tidak usah melakukan hal-hal yang berat. Teman ngerumpi bisa menunjukan anak untuk minat pada byku dan membaca. Tau tidak teman ngerumpi, ini sangat penting bagi anak. Sehingga, luangkan waktu untuk membacakan buku pada anak.

5. Anak Tidur Nyenyak

Teman ngerumpi pasti tahu, anak memiliki jadwal rutin untuk tidur. Sebab, tidur sangat baik bagi tumbuh kembang anak. Makanya, jadwal rutin dan tidur sangat penting. Anak yang sehat membutuhkan 10 hingga 14 jam tidur per hari, termasuk tidur siang. Sebagian besar anak akan tidur siang pada usia 3 hingga 4 tahun.  Walaupun beberapa anak tidur siang maupun malam lebih awal.  Hal itu normal, bagi tumbuh kembang anak.



Semoga artikel ini memberikan tambahan informasi untuk teman ngerumpi agar memperhatikan tanda-tanda penting anak sehat. Terkadang hal yang sepele suka kita sepelekan bukan! Jangan sampai terlambat menyadari apakah anak teman ngerumpi sehat atau sakit!


Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

15 comments:

  1. Noted Mba, terlihat sepele tapi penting banget sebagai deteksi tanda penting anak sehat ya.

    terutama bisa berinteraksi dengan orang lain :)

    ReplyDelete
  2. Bisa interaksi sama anak lain itu penting bgt loh..soalnya langsung keliatan kan dikeseharian

    ReplyDelete
  3. senang rasanya yaa kalo liat anak sehat dan tumbuh dengan baik, apalagi kalo doyan makan.. duh seneng bukn main rasanya..

    ReplyDelete
  4. Yup, benar sekali. Tanda-tanda anak sehat memang seperti yang disampaikan di atas. Alangkah senangnya melihat anak kita tumbuh dan berkembang dengan baik, mampu berinteraksi secara baik terhadap orang lain.

    ReplyDelete
  5. Sebagai orangtua harus paham dan terus menerus belajar tentang pertumbuhan anak ya, apalagi buat orangtua baru alias baru memiliki anak, pengetahuan tentang tumbuh kembang anak seperti ini bisa dijadikan pedoman agar anak bisa tumbuh kembang optimal

    ReplyDelete
  6. seneng deh kalau anak punya ke 5 ciri ciri di atas, paling seneng kalau dia udah datang ke tempat baru dan explore keliling-keliling sendiri, jalan, lari, alhamdulillah ^^

    ReplyDelete
  7. Sejak disapih usia 3 tahun si adek jadi susah tidur siang hehe. Tapi alhamdulillah tidur malamnya nyenyak dan anak2 biasanya jam 8.30 atau jam 9 sudah tidur.

    ReplyDelete
  8. Aku bahagia banget kalo liat anakku doyan makan. Disediakan apa aja di atas meja mau dimakan

    ReplyDelete
  9. Salah satu yang saya tandai saat anak kurang sehat, adalah tidak bermain. Eh ini bisa dikategorikan pada anak suka hal-hal baru yah? Tapi mainnnya biasanya pakai barang atau mainan yang itu-itu juga sih.

    ReplyDelete
  10. Selain itu penting juga melihat tahapan tumbuh kembang anak yang ada di kartu menuju sehat.
    Bila pertumbuhan anak sesuai sama usianya insyaAllah aman.
    Orang tua juga baiknya slalu mendampingi dan memfasilitasi saat anak ingin bereksplorasi pada hal baru.

    Keluargamulyana

    ReplyDelete
  11. Standart tumbuh kembang anak ini memang penting diperhatikan.
    Karena begitu tau ada yang ga beres, bisa langsung ditangani oleh ahlinya.

    ReplyDelete
  12. Ngelihat anak lahap makan dan juga gampang berinteraksi sama temen2nya pasti bikin ortu happy ya mbak cittt

    ReplyDelete
  13. Setuju mbak kelima hal ini memang benar banget jadi hal barometer untuk melihat anak sehat dan aktif. Semoga saya bisa selalu melihat perkembangan si kecil selalu.

    ReplyDelete
  14. Noted Mbak. yang masih repot di point 3 tu Mbak saya. Anak saya dua duanya susaah suruh makan. Belum faham juga sayanya kesukaannya apa mereka itu.

    ReplyDelete
  15. Tentang BB anak, masa-masa dagdigdug banget deh tuk saya. Anak2ku ini, punya masalah BB yg sama, BB akan menurun
    jika mulai MPASI, heran deehh. Padahal dikasih makan sesuai waktu dan porsi juga, meski lahap makan, tp tetap aja BB seakan merangkak naiknya. Beda ketika dibawah 6bulan. Saat MPASI, apalagi kalau udah mulai belajar merangkak sudah deh, lamaaaa naiknya, huhuhuh. *upss maaf curcol ya Mbak.

    Kalau soal tidur siang, sebisa mungkin mereka harus tidur saat siang, biar emaknya jg bisa waras, heheheh

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan