Bahagianya si Kecil Bermain di Pantai

Kapan Anak Boleh Diajak Ke Pantai

Chitchat.my.id- Waktu berjalan dengan cepat ya, sekarang sudah di penghujung akhir bulan Januari. Apa kabar? Semoga teman ngerumpi dalam keadaan sehat dan bersemangat. Sebelumnya, biang ngerumpi mau ucapkan, Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau ngerumpi mengenai Kapan Anak Boleh Diajak Ke Pantai.


Terkadang bingung ketika memiliki anak yang masih dibawah setahun. Kapan ya, mereka bisa diajak ke pantai. Benar tidak teman ngerumpi. Apalagi kalau mengikuti aturan orang tua, ini dan itu tidak boleh. Namun, sebenarnya anak usia 3 bulan sudah boleh lho diajak ke pantai. Jujur, biang ngerumpi baru ngajak si kecil ke pantai ketika dia sudah memasuki usia 8 bulan.

 


Paling penting sebelum persiapan ke pantai adalah melihat cuaca. Apabila cuaca cerah, tentunya si kecil akan menikmati perjalanan ke pantai pertama kali dan menjadi hal yang tidak terlupakan. Paparan alam, manfaat sinar matahari, pengaruh udara laut, dan suara ombak saat tidur siang membuat pantai dapat memberikan dampak positif sejak dini. Namun ada hal penting yang perlu diperhatikan sebelum teman ngerumpi berencana membawa bayi ke pantai.

 

Memilih Waktu yang Tepat

Teman ngerumpi yang memiliki anak masih dibawah setahun, ada baiknya ketika pergi ke pantai memilih waktu yang tepat yakni pagi atau sore hari. Hal ini untuk menghindari sinar matahari pada saat terpanas (pukul 11.00-15.00). Lindungi bayi dengan topi bertepi lebar, payung matahari, pakaian anti ruam UV seluruh tubuh dan tentunya tabir surya berkualitas yang cocok untuk bayi. Tabir surya bayi harus memiliki SPF minimal 30. Oleskan 15 menit sebelum mereka terkena sinar matahari dan gunakan kembali setelah berenang di laut.

 

Jangan Tinggalkan Bayi Sendirian

Meskipun untuk urusan penting atau sekedar mengambil sesuatu. Teman ngerumpi harus ingat, Jangan pernah meninggalkan bayi di dekat air tanpa pengawasan. Memang, ada beberapa anak bayi yang sejak kecil sudah diajarkan berenang. Namun, si kecil masih jauh dari kata perenang yang kompeten di usia ini. Selalu awasi mereka saat mereka bermain di dekat air.

 

Hati-hati dengan pasir

Pasir mungkin menarik bagi bayi, tapi pasir juga bisa berisi batu tajam, kaca, dan sampah yang tertinggal atau tersapu air pasang, jadi waspadalah. Sepatu tahan air sangat membantu, terutama jika pasir menjadi panas. Apalagi anak-anak, khususnya bayi masih belum bisa memahami bahayanya pasir apabila terkena mata atau masuk ke dalam mulut. Sebagai orang tua, teman ngerumpi harus memastikan anak aman ketika bermain pasir.

 

Waspadai keberadaan si kecil

Pantai adalah salah satu taman bermain besar bagi anak kecil. Balita yang mobile dapat menjangkau banyak hal – jadi jangan mengalihkan pandangan dari mereka!

 

Diatas adalah langkah-langkah yang harus dilakukan, ketika berada di pantai. Persiapan apa yang harus teman ngerumpi siapkan sebelum membawa anak ke pantai. Ini hal yang paling penting untuk dibawa ketika liburan ke pantai bersama anak.

Tabir surya – merek berkualitas dengan minimal SPF 30 dan cocok untuk kulit sensitif bayi.

Topi – pilih model dengan pinggiran lebar untuk menaungi leher dan mata bayi.

Baju Renang - untuk mengatasi kecelakaan kecil, dibuat dengan bahan penyerap yang tidak membengkak di dalam air.

Payung atau tenda pantai – naungan sangat penting untuk memberikan perlindungan yang sangat dibutuhkan anak-anak dari sinar matahari.

Pakaian ganti – kemasi pakaian yang bersih dan kering serta beberapa lapis pakaian tambahan.

Handuk – satu untuk diduduki, satu lagi untuk dikeringkan.

Minuman dan makanan ringan – banyak cairan, terutama di hari yang hangat, dan persediaan makanan ringan yang cukup untuk mengisi kembali kesibukan bayi di pantai.

Tisu – berguna untuk membersihkan setelah berguling-guling di pasir, es krim yang lengket dan, tentu saja, mengganti popok.

Mainan – Ada beberapa mainan yang memang di setting untuk bermain di pantai

 

Sudah siap belum teman ngerumpi ke pantai bersama si kecil. Berdasarkan pengalaman biang ngerumpi. Barang diatas memang sangat penting dibawa. Karena memang sangat dibutuhkan ketika berada di pantai. Awasi anak, ketika bayi mulai memegang pasir. Sebab, anak di usia 8 bulan pastinya semuanya mau masuk mulut bukan? 

Salam Biang Rumpi




 



Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan