Apa Yang Harus Disiapkan, Liburan Keluar Negeri

Preapre dan Enjoy Liburan

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini mengenai “Apa saja yang harus dipersiapkan untuk liburan keluar negeri.” Traveling ke luar negeri, kenapa tidak! Benar tidak, teman ngerumpi. Nah, apa saja yang harus disiapkan seperti sista Ida Raihan, Blogger dari Surabaya ini mengulas di blognya mengenai persiapan budged ke luar negeri. Kali ini, biang ngerumpi ingin membahas mengenai apa saja yang harus disiapkan. Meskipun tahun 2020 ini, tidak banyak yang TRAVELING. Lantaran covid-19, tetapi bisa dipastikan tahun 2021 menjadi tahun yang baik untuk liburan.

 

Biang rumpi yakin disetiap kehidupan, pasti ada yang namanya PERTAMA kali. Nah, bagi teman ngerumpi yang baru pertama kali bakalan liburan ke luar negeri, biang rumpi akan memberikan sedikit tips mengenai apa saja yang harus disiapkan untuk liburan. Meskipun, biang ngerumpi masih belum banyak liburan ke luar negeri dan masih sebatas ASIA. Namun, siapa tahu, ada juga waktu pertama kali biang ngerumpi bakalan menginjakkan kaki ke Eropa. We never know about it!

 

Nah, apa saja yang biang rumpi dan teman ngerumpi harus lakukan untuk pergi keluar negeri? Ini dia jawabannya. Pastikan, terlebih dahulu untuk memastikan KEAMANAN dan KESEHATAN. Yups, namanya pergi ke negeri orang, teman ngerumpi harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter dan memastikan bahwasanya teman ngerumpi sudah mendapatkan semua vaksinasi yang tepat. Bahkan, mintalah dokter teman ngerumpi untuk memperbaharui resep obat, sebelum berpergian. Selain itu, pastikan juga teman ngerumpi memilih ASURANSI kesehatan yang tepat dan berlaku ketika liburan keluar negeri.  Hal itu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan!

 

Paling penting juga, jangan lupa untuk membawa salinan paspor teman ngerumpi. Hal itu untuk berjaga-jaga, jika paspor teman ngerumpi hilang atau dicuri orang. Hal itu juga untuk kebaikan teman ngerumpi agar kemudian hari, teman ngerumpi masih bisa liburan ke negara tersebut. Tidak hanya itu saja, meskipun dalam bentuk photocopy paspor tersebut juga bisa untuk membuktikan kewarganegaraan teman ngerumpi, ketika liburan ke negeri asing.   

 

Teman juga harus memiliki salinan paspor di rumah atau kepada teman yang bisa dipercaya untuk berjaga-jaga. Selain itu, teman juga bisa menyeken (scanning) paspor asli teman ngerumpi untuk di simpan ke dalam email. Safety is number one, ya teman ngerumpi! Jangan dianggap sepele, nanti bisa berabe jika dapat kejadian seperti di film TAKEN.  Apabila, teman ngerumpi mendapatkan masalah di negara yang dituju, jika teman ngerumpi sebelum berpergian sudah mendaftar ke kedutaan. Sehingga apabila ada masalah di negara tersebut, ini akan memudahkan pemerintah untuk menghubungi teman ngerumpi dan membawa teman ngerumpi ke tempat aman.

Urusan dokumen sudah BERES, sekarang biang ngerumpi akan melanjutkan pembahasan mengenai KEUANGAN. Dimana-mana UANG itu sangat penting! Jadi, tidak heran teman ngerumpi harus melihat konversi moneter sebelum teman ngerumpi pergi liburan. Teman ngerumpi harus mengetahui misalnya 12,000 sama dengan 1 dolar s… Nah, pastikan perhitungan uang teman ngerumpi benar; dan mengetahui  rasio konversinya. Sehingga tidak terkejut.

 

Paling aman, teman ngerumpi harus memiliki kartu kredit yang bisa berfungsi di negara teman ngerumpi kunjungi. Sebab, di beberapa bank Eropa sudah beralih ke teknologi chip-and-PIN yang lebih aman.  Ingat ya, pergi ke bank atau ATM di negara yang Anda kunjungi. Sebab, pusat konversi di bandara atau di sekitar kota cenderung merupakan penipuan besar-besaran. Teman ngerumpi tidak akan dikenakan biaya di ATM atau bank sebanyak itu, dan konversinya tepat. Dibandingkan, bila tukar di tempat lain.

 

Tidak hanya itu saja, teman ngerumpi harus memiliki uang tunai lokal. Tidak semua tempat menggunakan kartu kredit. Terutama tempat-tempat penting seperti kereta atau bus. Jadi, harus memiliki uang negara yang teman ngerumpi kunjungi. Hubungi bank atau penyedia kartu kredit teman ngerumpi, sebab terkadang bank berpikir bahwa penipuan mungkin terjadi jika transaksi tiba-tiba terjadi di Thailand ketika teman ngerumpi dari Indonesia. Bahkan, pihak bank akan mematikan kartu teman ngerumpi sebagai tindakan pengamanan.

That’s right, soalnya biang rumpi punya teman dari Spanyol dan lama liburan di Malaysia, tau-tau melakukan penarikan uang banyak dari ATM-nya. Nah, pihak bank langsung memblokir untuk melakukan pengamanan, sehingga teman biang ngerumpi ini harus menghubungi pihak bank untuk membuka blokirannya. Bahkan, ada kejadian unik. Awal mula dia menginjakkan kaki di Batam, habis dari Malaysia dia mengambil uang hanya 2,000,000 saja. Dia pikir itu sudah banyak; dikarenakan nol di mata uang Indonesia terlalu banyak. Apabila dibandingkan mata uang negerinya sendiri hihi. Bisa dimaklumi, dia seorang traveler dan sudah berkeliling dunia dan semua mata uang memiliki nol yang sedikit. Tidak heran, jika dia langsung zonk dan gak paham. Begitu, biang ngerumpi jelaskan; dia langsung ketawa geli hahaha.

 

Jangan lupa teman ngerumpi untuk meriksa biaya masuk / keluar negara. Beberapa negara mengharuskan pelancong membayar untuk masuk atau meninggalkan negara itu. Biaya ini tidak termasuk dalam harga tiket penerbangan teman ngerumpi, dan biaya tersebut bisa berkisar dari $ 25 hingga $ 200.

 

Sudah beres soal keuangan, ingat sebelum pergi ke mana saja, teman ngerumpi harus melakukan RISET mengenai lokasi yang akan dituju!  Misalnya, teman ngerumpi membeli tiket sekarang untuk tempat-tempat yang ingin teman ngerumpi kunjungi atau lihat. Dengan membeli di awal, teman ngerumpi bisa melewati lebih banyak antrean, dan menemukan lebih banyak penawaran yang ditargetkan untuk teman ngerumpi. Sudah pasti, harganya bisa lebih miring dibandingkan beli secara langsung.

Jangan lupa, literasi membaca itu sangat penting, termasuk ketika liburan. Nah, teman ngerumpi  harus memiliki buku panduan. Buku panduan biasanya menyertakan peta, kata kunci atau frasa, dan memberi teman ngerumpi cukup detail tentang situs tertentu sehingga teman ngerumpi tidak perlu membeli pamflet di tempat tersebut. Dan unduh aplikasi sebelum teman ngerumpi bepergian. Hindari mengunduh biaya dari operator nirkabel teman ngerumpi dan dapatkan aplikasi teman ngerumpi sebelum teman ngerumpi pergi.

 

Jangan lupa untuk meneliti peristiwa yang terjadi saat teman ngerumpi di sana. Ini akan membantu teman ngerumpi memastikan bahwa teman ngerumpi tidak melewatkan acara terbaik yang terjadi di kota - hal menyenangkan seperti festival, upacara, dan acara alam. Pastikan juga untuk meneliti sebagai beberapa hidangan nasional maupun tradisional di negara yang dikunjungi untuk dicoba. Pastinya, teman ngerumpi tidak ingin meninggalkan negara tanpa mencoba apa yang menarik dan terkenal di negara tersebut bukan? Seperti biang ngerumpi sewaktu liburan ke Thailand, tidak lupa untuk mencoba menu yang menjadi favorite di sana stinky mango, termasuk waktu di Malaysia dan di setiap daerah yang berbeda, semua dicoba dan menarik!

 

Wah bisa panjang banget ini, kalau biang ngerumpi bahas semua! Ada baiknya teman ngerumpi berkunjung kembali ke sini, minggu depan untuk mendapatkan update artikel terbaru mengenai apa saja yang harus disiapkan ketika liburan keluar negeri  

Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

15 comments:

  1. Keren sista tipsnya..emang ya kalau mau liburan ke luar negeri persiapannya harus lebih seksama karena di negara orang jadi ya harus prepare semuanya..

    ReplyDelete
  2. Semoga suatu hari nanti bisa liburan ke luar negeri,dan tentunya tips dari mba bisa bermanfaat buatku.
    Emang bener loh mba, sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri kita harus lakukan riset plus buku panduan biar apapun terencana sesuai keinginan,tapi soal uang tetap no.1 jangan dilupakan.

    ReplyDelete
  3. kalau aku tuh keluar negeri bukan ribet di uang aja tapi waktunya haha. maklum suami kerja kantoran. kadang cuti yang sudah diajukan bisa kapan saja batal gara-gara ada kerjaan mendadak. kan sayang uangnya wkwkwk. makanya masih belum sempet liburan ke luar negeri. ditambah pandemi begini. wkkw. sabar aja laaah. makasih mba cit sharingnya.

    ReplyDelete
  4. wah jadi tercerahkan nih kalau buat temen2 yang mau traveler ke luar negeri yang pertama kali dokumen dan keuangan yang paling penting memang yaa

    ReplyDelete
  5. Wah terima kasih sekali nih kak diberi info mengenai persiapan ke luar negeri.Aku belum pernah liburan ke luar negeri , semoga bisa menginjakkan kaki liburan ke luar negeri.

    ReplyDelete
  6. Kejadian uang Indonesia buat belanja ini sering dialami teman-teman saya kalo baru pulang dari luar negeri, belanja habis 30.000 dia pikir uang 10.000 masih ada kembalian. Penjualnya nungguin yang 20.000 lagi, pembeli ya nungguin kembalian dari 10.000 tadi. Wakakak

    ReplyDelete
  7. Ya ampun, kak. Gara-gara kebayang film taken akhirnya sampe selesai artikel kebayang terus

    ReplyDelete
  8. Tipsnya bermanfaat banget utk aku. Dulu aku pernah ke malaysia, agak kagok juga pas kesana ya ampuun antrian cek imigrasinya panjang banget. Aku tuh ga suka antri kan ya, mana kaki udah pegel.

    ReplyDelete
  9. Gitu disebut film taken auto merinding ya kak..
    Apalagi cerita kawan-kawan traveler ke luar negeri, banyak juga scamming di sana.

    ReplyDelete
  10. yang pastinya memang harus bawa budget yang lebih banyak untuk biaya tak terduga ya kak, temenku ikut suaminya ke Jerman kuliah lagi, satu hari belanja sayurnya capai 800 ribuan. Huhuhu. gak kuat deh

    ReplyDelete
  11. Jadi ingat paspor, sudah waktunya perpanjang atau belum ya.maklum bikinya agak sudah waktu itu, jadi lebih mudah diperpanjang

    ReplyDelete
  12. Makasih infonya kak penting banget buat kami yang rencana mau traveling ke negri Jiran Bulan depan

    ReplyDelete
  13. Asli gara-gara film taken ini aku jadi takut solo traveler ke LN, padahal ya harusnya santai saja ya

    ReplyDelete
  14. Yup memang butuh persiapan utk liburan . . Agar ketika berkunjung ke negara yang dituju sudah ga kaget2 amat... tapi utk negara asean sendiri karena masih serumpun lebih mudah dan ga seribet kalau ke negara2 barat dan eropa ya kak

    ReplyDelete
  15. Wah seumur umur saya belum pernah ke luar negeri. Jadi terbayabg di kepala apa aja yang perlu disiapin kalau mau berpergian

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan