Liburan Singkat di Balikpapan

 Iterary Singkat Liburan di Kota Balikpapan
Liburan di Balikpapan

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini mengenai “Liburan ke Balikpapan.” Tentunya, teman ngerumpi sudah membayangkan bagaimana rasanya liburan ke suatu tempat yang menarik. Duh, waktu baca pengalaman liburan sista Shafira Adlina di blog cerita mama, ketika liburan di  Pulau Belitung. Duh, membuat biang ngerumpi jadi kangen liburan deh.

 

Siapa coba sejak masa pandemic ini berani pergi liburan? Jujur, biang ngerumpi tidak berani! Kalau teman ngerumpi bagaimana? Walaupun nggak bisa liburan, tetapi imajinasi tidak masalah kan terbang dengan bebas. Jadi, kali ini biang ngerumpi ingin flash back waktu liburan ke Balikpapan tahun 2017 lalu. Duh, lama banget ya dan semoga data ini masih berlaku. Maklumlah, namanya juga cerita lama. Pasti ada yang berubah, tetapi teman ngerumpi jika ingin liburan ke Balikpapan bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai transportasi umum yang ada di Balikpapan.

 

Maklumlah, dulu biang ngerumpi ini suka naik transportasi umum kalau pergi dari satu spot wisata ke wisata lain. Selain menghemat juga menikmati waktu liburan yang ada. No rush bukan kalau liburan, easy going aja; benar tidak teman ngerumpi?

Transportasi Kota Balikpapan dan Info Lain

Kota Balikpapan, sama seperti kota lainnya, ada transportasi umum untuk menunjang segala aktivitas warga setempat dan juga wisatawan. Nah, ini dia adalah informasi mengenai transportasi umum yang ada di Kota Balikpapan.

 

Salah satu yang banyak digemari adalah angkutan kota, warga setempat menyebutnya taksi, tetapi wong jowo menyebutnya mikrolet. Kebiasaan suatu kota, dimana aktivitas pastinya di mulai di pagi hari. Begitu juga dengan “taksi” kota Balikpapan mulai beroperasi di pagi hari (sekitar jam 5:00) hingga pukul  22:00. Meskipun di jam 20.00 WITA sudah mulai kesulitan mencari angkot.  

 

 #ANGKOT

Nomor Mikrolet

Warna

Rute Angkot Dari dan Ke

1

Oranye

RSS Damai III, Terminal Batu Ampar, Karang Anyar, Terminal Kampung Baru

2

Hijau Muda

Terminal Batu Ampar, Muara Rapak, Karang Jati, Gunung Sari, Jl. Mayjen Sutoyo, Jl. Panjaitan, Jl. Sungai Ampal, Balikpapan Baru, RSS Damai III

3

Biru Muda

Terminal Batu Ampar, Rapak, Gunung Sari, Klandasan, Harbor

4

Coklat Tua

Terminal Batu Ampar, Rapak, Terminal Kampung Baru

5

Kuning

Terminal Kampung Baru, Kebun Sayur, Karang Anyar, Rapak, Gunung Sari, Pasar Baru, Terminal Damai

6

Biru Tua

Terminal Kampung Baru, Karang Anyar, Pelabuhan Semayang, Klandasan, Terminal Damai

7

Hijau Tua

Terminal Damai, Sepinggan, Batakan, Manggar, Gunung Tembak

8

Kuning Muda

Terminal Batu Ampar, Km. 24 (Karang Joang)

9

Coklat Tua

Terminal Batu Ampar, Rapak, Terminal Kampung Baru

 

#TAKSI

Taksi adalah pilihan yang lebih nyaman, nah teman ngerumpi yang warga Balikpapan menyebutnya dengan sebutan “Taksi argo”. Taksi ini mengenakan tarif minimum Rp20.000. Argo saat naik akan dimulai dari Rp6.000.

 

Ini daftar perusahaan taksi di Balikpapan:

Kalung Mas Taxi, Tel: 0542 732222

Kokapura, Tel: 0542 56782947

Mawar Taxi Kalimantan, Tel: 0542 874545, 0852 46523266

Neo Taxi, Tel: 0542 424 277

Taxi Globalindo, Tel: 0542 878787

 

#PENYEWAAN MOBIL

Sama seperti di kota lainnya, di Balikpapan juga terdapat penyewaan mobil, dengan maupun tanpa sopir. Penyewaan mobil dengan sopir disarankan, kecuali teman ngerumpi terbiasa dengan kondisi lalu lintas di Balikpapan. Tarif rental bevariasi dari sekitar Rp350.000 hingga jutaan rupiah. Sewa satu hari maupun sewa per jam, dengan minimum sewa 4 jam seharga Rp50.000 per jam.

 

Note: Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

 

Liburan Singkat yang Berkesan

 

 

Ini merupakan pengalaman liburan biang ngerumpi tahun nggak enak ya. Meskipun liburan singkat tetapi tetap harus dibuat berkesan. Apalagi jika teman ngerumpi ada urusan dinas di kota Balikpapan, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menikmati wisata yang ada di Balikpapan. Ini dia Itinerary versi biang ngerumpi untuk menikmati kota Balikpapan dengan waktu singkat yakni 2 hari 1 malam.

 

 

Hari Pertama:

Jadwal  & Kegiatan

07.00 – 07.30 Breakfast di hotel

07.30 – 09.00  Perjalanan menuju Pantai Manggar, Melalui terminal BP

09.00 - 11.00   Menikmati pemandangan dan makan siang di Pantai Manggar

11.00 - 14.00   Penangkaran buaya, melihat buaya sambil mencoba makan sate buaya. (Sebelum naik angkot, tanya apakah melewatin penangkaran buaya)

14.00 - 15.00   Perjalanan pulang ke Terminal BP

15.00 – 17.00 Mencari oleh-oleh di Pasar Kebun Sayur. Dari terminal BP cari angkot jurusan Pasar Kebun sayur dan minta diturunkan di pasar kebun sayur

17.00 – 20.00 ke Pantai Melawai menikmati sunset dan makan malam di seputaran melawai

 

 

TIPS

Naik angkutan kota tentu tidak bisa menjamin kapan dapat dan kapan angkutan akan berjalan. Jadi, sabar, sebelum naik tanyakan harga pasti angkot menuju ke suatu tempat. Sehingga tidak dipermainkan harga. Jangan lupa, kalau bisa membawa air mineral sendiri dari penginapan karena harga air mineral di pantai manggar, harga bisa dua kali lipat.

 

Apalagi masuk ke dalam gerbang ke Pantai Manggar jaraknya lumayan berkisar 600 meter. Karena naik angkot, angkot tidak akan masuk ke dalam gerbang pantai manggar. Harga masuk ke dalam pantai manggar per kepala berkisar Rp5.000,- jangan sampai salah naik angkot, jangan malu bertanya agar tidak sesat di jalan. Untuk ke penangkaran buaya, naik angkot tetap sama yakni nomor 7, tetapi saat menghentikan angkot, tanyakan dulu apakah melewatin penangkaran buaya, plus nanya harga angkotnya normal ya, yakni 6000-an. Harga masuk ke penangkaran buaya Rp15.000,- per orang. Buka dari jam 08.00 – 17.00 WITA.

 

Note: Harga sewaktu-waktu bisa berubah

 

 

Hari kedua

Jadwal  & Kegiatan

07.00 – 07.30 Breakfast di hotel

07.30 – 11.00 berjalan-jalan di seputar kota Balikpapan, seperti ke monumen atau mall

11.00 -12.00 check out dari hotel dan balik ke kampung halaman

 

Catatan:

Jika jam penerbangannya sore hari, check out pagi dari hotel dan menuju lokasi wisata yang ada di KM 32 yakni melihat beruang madu, pastikan tidak di akhir pekan. Karena perjalanannya bisa macet. Selain itu, bisa menikmati berbagai kuliner yang ada di kota Balikpapan.

 

So, jangan lupa teman ngerumpi wajib membuat estimasi biaya dan waktu selama liburan. Sehingga benar-benar tidak terburu-buru dan gagal di tengah jalan. Dikarenakan kurang persiapan. Nah, jangan lupa juga untuk mencari informasi mengenai no telepon penting selama berada di Balikpapan.

 

 

Nomor Telepon Penting Selama Berada di Kota Balikpapan.

Bandara - Sepinggan Internasional    0542 - 734611

Layanan Ambulance   118

Polisi    0542 - 421110

Pelabuhan  0542  - 422246

Rumah Sakit    0542 – 879555 or 0542 - 872222

Pusat panggilan Telkom  147

Pusat Informasi Nomor Telepon  108

Tourist Information     0542 – 761111

 

Selamat menikmati waktu di masa datang di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Biang ngerumpi nggak sabaran mau liburan lagi haha.

 

Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

13 comments:

  1. aku belum pernah ke balikpapan..padahal kaka kerja di sana..pengen deh kapan2 jalan2 ke sna makan kepiting di sana. corona segera lah berakhir yaa

    ReplyDelete
  2. Ya ampun mbak, Kalung Mas taxi masih ada ya. Legend banget ya sebab dari tahun 1998 udah ada itu taksi. jadi ingin lihat balikpapan lagi

    ReplyDelete
  3. Taxi argo entah kapan terakhir naik, semenjak ada taxi online bisa dihitung lebih murah. Naik angkotpun demikian.
    Btw serius berani makan sate buaya? Aku malah belum pernah cobain

    ReplyDelete
  4. Walau singkat tapi tetap berkesan ya mba liburan nya, duhh angkotnya banyak banget ya warnanya yang udah sesuai sama rute nya.
    Kalau di daerahku dulu angkot hanya ada 4 warna yang udah ditentukan jalur nya. Jadi kalau mau ke pantai naik angkot kuning, dan warna angkot lain gak boleh lewatin jalur angkot kuning.
    Pernah waktu itu mau ke pantai, tapi susah banget cari angkotnya karena angkot kuning memang jumlahnya gak terlalu banyak,alhasil gak jadi deh ke pantai.

    ReplyDelete
  5. Wah, ini nih. Nomor nomor penting yang wajib dicatet sebelum jalan ke balikpapan. Coba aja banyak travel blogger kayak kak citra. Yang kasih rekomendasi narahubung penting di satu kota. Biar pelancong ngga kebingungan

    ReplyDelete
  6. waah seruuu ke balikpapan, dulu ke kalimantan cuma mampir ke tarakan aja terus lanjut ke derawan. jadi mau coba ke balikpapan juga nih. itinnya bisa dicontek yaaa hehe. makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  7. Kalau liburan ke tempat jauh kalau liburannya singkat sepertinya gak nendang ya kak, seperti makan nasi yang belum kenyang gitu, pasti penasaran tempat destinasi yg lain, tapi kalau dapat momen sunset jadi berkesan, walau liburannya singkat.

    ReplyDelete
  8. Wah senangnya bisa liburan ke Balik Papan ya kak, refresh pikiran. Noted nih agar mood liburan tidak berubah ditinjau waktunya ya agar tidak macet.

    ReplyDelete
  9. Detail penjelasannya. Semoga bisa liburan di Balikpapan. Belum pernah soalnya. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  10. Kalo angkot di Balikpapan dibedakan dari warna ya kak.
    Kalo di Medan, harus perhatikan nomer dan juga keluaran CV angkot mana. Asli di Medan ini angkot banyak banget line nya..

    ReplyDelete
  11. Mantap nih, postingannya lengkap banget, sampe semua ongkos dan warna angkutan jjuga diulas di sini. Semoga nanti bisa ke Balikpapan

    ReplyDelete
  12. Asyik banget kak ke Balikpapan, ternyata di sana angkotnya warna-warni ya. Lebih gampang ngenalinnya mau ke jurusan mana

    ReplyDelete
  13. Balikpapan salah satu kota yang ga bosan gua datangi, pengen tinggal disana rasanya heheheh

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan