6 Cara untuk Mengelola Uang Lebih Baik

Cara Sederhana Mengelola Uang

6 cara untuk mengelola uang lebih baik
 

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini mengenai “6 Cara untuk Mengelola Uang Lebih Baik.” Tentunya uang sangat penting bagi biang rumpi dan teman ngerumpi pastinya. Sehingga harus bisa mengelola uang lebih baik, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

 

 Mengatur uang bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan, tetapi menjadikan hidup lebih mudah. Apabila teman ngerumpi tahu cara mengelola uang dengan baik. Apakah dibutuhkan ahli matematika dalam mengelola keuangan? Tidak usah kuatir teman ngerumpi, matematika biang rumpi juga nggak bagus-bagus amat. Meksipun dalam mengelola keuangan juga butuh keterampilan matematika, tetapi tidak perlu menjadi hebat dalam MATEMATIKA. Teman ngerumpi cukup mengetahui pengurangan dan penambahan saja!

 

Bagaimana teman ngerumpi menghabiskan uang teman ngerumpi bisa memengaruhi skor kredit dan jumlah utang yang akhirnya teman ngerumpi harus tanggung. Bayangkan saja, jika teman ngerumpi harus bergumul dengan masalah pengelolaan uang seperti pendapatan uang tiap bulan. Ada baiknya, teman ngerumpi mengetahui cara mengelola uang agar tidak lebih besar pasak dari pada tiang, ngenes tahu.

Hal ini sudah pernah biang rumpi rasakan, teman ngerumpi akan dihadapkan pada keputusan pengeluaran; khususnya dalam hal pembelian dalam jumlah besar. Terkadang biang rumpi tahu kita merasa mampu membelinya. Namun, apakah teman ngerumpi sanggup berkomitmen pada dana tersebut untuk pengeluaran lain?

 

 Terkadang teman ngerumpi menyadari bahwasanya teman ngerumpi memiliki sejumlah uang dalam bank. Namun, teman ngerumpi juga harus ingat bahwasanya meskipun teman ngerumpi memiliki uang dan bukan berarti teman ngerumpi bisa dengan mudah mengeluarkan uang tersebut. Sehingga teman ngerumpi bisa membeli barang yang di luar perencanaan. Ingat, teman ngerumpi harus mempertimbangkan tagihan dan pengeluaran yang harus dibayarkan sebelum gaji berikutnya.

 

Dikarenakan itu biang rumpi dan teman ngerumpi wajib tahu cara mengelola uang dengan lebih baik lagi!

 

Memiliki Anggaran

Biang rumpi tahu, banyak diantara teman ngerumpi yang tidak memiliki anggaran. Dikarenakan enggan untuk melalui proses apa yang dipikirkan akan menjadi proses yang membosankan dalam mencatat pengeluaran, menambah sejumlah angka, dan memastikan semuanya sesuai anggaran.

 

Biang rumpi pastikan, apabila teman ngerumpi bermasalah dengan uang. Sudah dipastikan teman ngerumpi tidak bakalan bisa memiliki ruang dalam membuat anggaran. Sebab anggaran dibuat berdasarkan pengeluaran teman ngerumpi di waktu yang tepat dan harus dikerjakan tiap bulan untuk bisa memastikan anggaran tersebut sesuai dengan kebutuhan bulan ini dan berikutnya.

 

Memang jika biang rumpi membayangkan membuat buku anggaran harian, mingguan dan bahkan bulanan akan sangat melelahkan dan membutuhkan waktu berjam-jam. Sebenarnya teman ngerumpi jangan berfokus pada proses menciptakan anggaran. Melainkan fokus pada nilai yang akan dihasilkan pada buku anggaran dalam hidup teman ngerumpi.

 

Menggunakan Anggaran

Jangan sia-siakan waktu teman ngerumpi membuat anggaran sebelum GAJIAN. Namun, pada kenyataannya tidak pernah digunakan. Buku anggaran tersebut hanya tergeletak pada arsip yang berdebu. Buku anggaran tersebut sangat berguna untuk digunakan dalam pengeluaran uang dalam kehidupan teman ngerumpi.

 

Bahkan teman ngerumpi bisa memperbaharui daam hal membayar tagihan dan menghabiskan biaya bulanan lainnya. Pada waktu tertentu selama sebulan, teman ngerumpi harus memiliki gagasan tentang berapa banyak uang yang dapat teman ngerumpi belanjakan, mengingat segala pengeluaran yang tersisa untuk membayar.

 

 Lacak Pengeluaran

Bukan hanya detective saja yang harus melacak penjahat, tetapi teman ngerumpi wajib melacak pengeluaran teman rumpi ya; bukan pengeluaran tetangga tetangga, apalagi pengeluaran biang rumpi haha. Apakah teman ngerumpi tahu, apabila tanpa di sadari teman ngerumpi membeli pembelian dengan biaya sedikit di sana di sini dan dengan cepat bisa menghabiskan anggaran yang sudah direncanakan. Kenapa bisa seperti itu?

 

Sebab tanpa di sadari sedikit demi sedikit yang dikeluarkan juga; apabila di kalkulasi juga memiliki jumlah yang tidak sedikit. Jadi, tidak ada salahnya apa bila teman ngerumpi memulailah melacak pengeluaran teman ngerumpi untuk menemukan tempat-tempat di mana mungkin secara tidak sadar teman ngerumpi membelanjakan uang tersebut.

 

Jangan pernah membuang bill. Ada baiknya teman ngerumpi untuk  menyimpan kwitansi dan menuliskan pembelian dalam jurnal pengeluaran, kategorikanlah sehingga teman ngerumpi bisa mengidentifikasi area-area di mana teman ngerumpi mengalami kesulitan menjaga pengeluaran  milik teman ngerumpi agar kedepannya bisa terkendali dengan baik.

 

Jangan Berkomitmen pada Tagihan Bulanan Berulang. Kebanyakan dari teman ngerumpi pasti menggampangkan tagihan untuk bulan berikutnya. Apalagi jika menggunakan kartu kredit harus tahu batasan dalam menggunakan kartu kredit.

 

Pastikan Membayar Harga Terbaik. Biang rumpi maksudkan di sini bukan berarti membeli barang dengan harga mahal, melainkan teman ngerumpi harus bisa memaksimalkan belanja perbandingan uang, memastikan bahwa teman ngerumpi membayar harga terendah untuk produk dan layanan. Cari diskon, kupon, dan alternatif yang lebih murah kapan saja teman ngerumpi bisa.

 

Hemat untuk Pembelian Besar. Tahukah teman ngerumpi bahwasanya kemampuan menunda kepuasan bisa membantu teman ngerumpi menjadi lebih baik dengan uang. Ketika teman ngerumpi menunda pembelian dalam jumlah besar, daripada mengorbankan hal-hal penting yang lebih penting atau meletakkan pembelian pada kartu kredit, teman ngerumpi memberi diri waktu untuk mengevaluasi apakah pembelian itu perlu dan bahkan lebih banyak waktu untuk membandingkan harga. Dengan menabung daripada menggunakan kredit, teman ngerumpi sudah menghindari membayar bunga atas pembelian.

Nah, ini adalah cara tepat dan bijak dalam mengelola uang lebih baik dan mudah dilakukan. Tidak perlu ahli matematika dalam memecahkan persoalan pengelola keuangan teman ngerumpi. Teman ngerumpi hanya butuh bagaimana mengendalikan hasrat dalam melakukan pengeluaran keuangan. Pastikan selalu mencatat pengeluaran apa saja yang dikeluarkan setiap hari. Hal itu berguna untuk melihat proses buku anggaran tiap bulannya.

 

 

.

 



Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

0 comments:

Post a comment

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan