Dapur Kecil Idaman

Ruangan Terbatas untuk Dapur

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat,  Ngerumpi yuk! Kali ini si biang rumpi mau mengajak teman ngerumpi membahas mengenai DAPUR. Wah, lagi-lagi berhubungan dengan dapur. Belakangan ini, biang rumpi suka banget membahas hal yang namanya dapur, pasti seperti itu kan pemikiran teman sekalian?

Sebenarnya tidak juga, kebetulan saja temanya saling terkait belakangan ini. Kali ini si biang kerok ini mau mengajak teman membahas home and interior dalam nuansa dapur. Pasti, mau kaya mau miskin setiap rumah harus memiliki dapur yang cantik dan nyaman. Karena dapur adalah ruangan penting bagi kita semua. Dapur adalah spot untuk kita bisa bertahan hidup di era persaingan global warung makanan yang menawarkan harga murah hingga mahal. Dimana bisa membuat dompet melayang jika terus-terusan makan di luar. So, dapur adalah ruangan yang harus dibuat spesial karena di sana adalah ujung tombak pengeluaran harian kita.



Kali ini, si biang rumpi memberikan tiga gambar manis mengenai dapur yang dipilih secara susah payah dengan network yang lemot bin ajaib ini. Akhirnya jatuh cinta pada tiga gambar ini. Menurut interior design,  dapur dengan ruangan terbatas tetap bisa tampil gaya dengan perpaduan pemilihan funiture, permainan warna dan pastinya memasak akan jauh lebih menyenangkan. Karena dapur nyaman, bersih, maka urusan di dapur jauh dari yang namanya membosankan.

 PILIHAN PERTAMA
Dapur dengan dominasi warna hijau baik untuk prabotan, mulai dari kulkas, lemari untuk menyimpan piring dan perlengkapan dapur lainnya. Bahkan walaupun ruangan kecil. Bukan berarti dapur akan terlihat membosankan. Coba lihat ada tumpukan buku resep yang sekaligus menjadi pemanis ruangan. Asalkan kita pandai mengatur ruangan sedemikan rupa. Nah,  mari teman rumpi, kita melihat di sisi kiri ada lemari di bagian bawah yang merupakan tempat pencuci piring, rak di bagian bawah bisa digunakan untuk menyimpan piring dan gelas. Sedangkan biasanya rak di bagian atas tempat menyimpan berbagai bumbu dapur dan makanan kaleng yang tidak perlu di simpan di dalam lemari es.



Sedangkan di sisi kanan kita bisa menaruh kompor dan meja untuk memotong sayuran atau meracik bumbu. Sehingga memudahkan kita memasak. Tidak perlu balik kanan ataupun kiri. Karena space atau ruang terbatas. Gerakan memasak lurus akan memudahkan aktivitas kita memasak. Nah, untuk dominasi warna bisa disesuaikan dengan selera masing-masing teman rumpi. Nggak mesti hijau semua. Ini hanyalah sample gambar yang dipilih. Dimana semua cabinets atau lemari dalam gambar diatas merupakan hasil rancangan designer Miles Redd yang di design khusus untuk salah satu apartemen di New York untuk bagian dapurnya.

PILIHAN KEDUA
Sama sekali tidak memiliki banyak ruang untuk dapur? Apakah masih memungkinkan membuat dapur terlihat cantik dan nyaman saat memasak? Jawabannya bisa. Salah satu perancang design interior yakni Mr. Nick Olsen merancang dapur yang hanya berukuran kecil dan disudut ruangan. Ditangan mister satu ini, ruangan sudut bisa disulap menjadi dapur yang menawan berbalutan warna hijau dan putih. Sungguh perpaduan manis untuk dapur mungilmu.




Pilih perabotan sesuai bentuk ruangan mungil yakni satu kompor gas, lemari gantung yang kecil dan juga di sisi lain tempat mencuci piring dengan perpaduan warna putih dan garnis hijau. Mengapa memilih warna hijau, biar ruangan sudut untuk dapur tetap terlihat kesegaran yang membuat pemilik rumah memasak di dapur dengan riang. Jadi, tak ada alasan tidak bisa memiliki dapur indah karena ruang terbatas. Pilihan kedua bisa dicoba koq, temna ngerumpi.

PILIHAN KETIGA
Tidak perlu takut bermain warna klasik yakni hitam dan putih untuk dapur kamu lho teman.  Ditangan desainer Lily Bunn membuat ruangan dapur yang sangat simple dalam ruang terbatas. Dimana dia merancang ruangan dengan perpaduan warna hitam dan putih. Dalam gambar kita bisa melihat hanya satu sisi saja yang digunakan untuk dapur.  Namun bukan berarti membosonkan. Bila melihat ada kompor yang berukuran sedang dengan empat tungku. Sekaligus oven daam satu kompor. Sehingga tidak butuh ruangan untuk mearuh oven. Kemudian di dekat oven ada tempat mencuci piring dan sayuran yang dibuat sejajar. Dimana wastafel diletakan ditengah. Sedangkan di sisi kiri ada meja yang bisa dirangkap untuk memotong sayuran ataupun lainnya.


Sehingga ruangan terbatas tetap membuat kita nyaman bergerak saat memasak. Walaupun di cat atau memilih perabotan warna hitam pekat. Biar sedikit berwarna bisa menambahkan perpaduan gorden bermotif hitam dan putih. Sehingga nyaman saat dipandang. Oh ya, lemari di diseputaran dapur. Pastinya bisa digunakan untuk menyimpan perlengkapan dapur dan makan. So, ruangan kecil tetap terlihat rapi dan nyaman dipandang.



Nah, diatas adalah beberapa pilihan dapur dengan ruangan terbatas yang bisa menjadi inspirasi bagi teman ngerumpi yang sedang bingung mau membuat dapur tetapi ruangan tidak banyak. Semoga rumpian kita di minggu ini sangat bermanfaat bagi teman sekalian. Silahkan meninggalkan bahan rumpian untuk ide di masa datang. Jangan sekdar stalking blog rumpi tanpa meninggalkan jejak manis.

Source Design Dapur Ruang Terbatas
Gambar 1-3 source
The cabinets in the kitchen of this New York apartment by designer Miles Redd are lacquered in Bamboo Leaf by Fine Paints of Europe, as was the roller shade by Manhattan Shade & Glass. Redd says, "We pumped up the color just a scootch and lacquered it to give it life." Even the Sub-Zero refrigerator is painted green. (Pilihan 1)

Tiny Studio: In a 295-square-foot Brooklyn studio apartment designed by Nick Olsen, the kitchen corner, done in white and green to blend in, gets a helping of charm with grosgrain ribbon trim and a painted plaid backsplash. (Pilihan 2)

Bold Black: in a Manhattan apartment, the existing kitchen cabinets were painted Benjamin Moore Aura in Black. "I wanted it to look less boring and more like a smart butler's pantry," designer Lilly Bunn says. Roman shade in Holland & Sherry's Belfour linen.
Maura McEvoy (Pilihan 3)


KESIMPULAN
Dapur adalah ruangan terpenting dalam rumah tangga yang memiliki perekonomian terbatas. Karena biaya makan lebih mahal dibanding biaya lainnya. Karena itu, ada baiknya dapur dibuat senyaman mungkin, tidak mesti membuat ruangan besar. Ruangan sudut atau terbatas jika di design dan memilih funiture yang cocok. Bisa membuat dapur terlihat fancy dan stylist. Tidak percaya bukan? Silahkan baca ulang tulisan diatas.

Salam Biang Rumpi


Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia  dan kotacinta dan temukan artikel menarik lainnya

CONVERSATION

6 comments:

  1. Dapurnya lucu2..
    Wah dapurku masih versi desa Mbak, pingin jg puna dapur ecil kayak di atas, mengin2ni ya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sami mawon mbak, dapur kami juga masih biasa saja hihihi.... tapi tak ada salahnya jika memiliki dana ekstra bisa membuat lebih nyaman di masa datang

      Delete
  2. wow, keren dapurnya.. ngomong2 ini blog baru atau blog lama ya? kok sepertinya saya baru berkunjung kali pertama.. hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh jadi malu dengan pak guru ini hihihi, blog bontot kang, ya baru perdana neh mampir ke mari. Terima kasih sudah meninggalkan jejak manis di sini hihi

      Delete
  3. Cakep2 smua dapurnya.
    saya pernah kerja di luar negeri, modelnya dapurnya kecil semua dan praktis mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, aku juga mupeng hihi..... wah, iya memang di luar negeri itu semua serba paktis, karena lebih mengutamakan fungsi bukan?

      Delete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan