Hemat Listrik Bukan Tugas Mak Rempong

Kerja Sama Memperihatikan Arus

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Maaf belakangan ini si biang rumpi absent. Lantaran, lagi banyak kerjaan dan ada banyak tamu juga. Semoga di minggu akhir Februari ini, si biang rumpi akan selalu hadir menamani kalian semua. Pasti, teman ngerumpi sudah gatal ingin tahu pembahasan apa kali ini yang akan di bahas dalam  jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat,  Ngerumpi yuk! Tanpa bla...bla, mari kita menyimak bersama.


Siapa di sini yang suka bayar listrik super damper MAHAL? Angkat tangannya yuk! Hihihi, O.K lah kalau tidak ada yang mau mengaku, biar saja biang rumpi gagal PANEN eh kasih tau rahasia untuk menghemat LISTRIK agar tidak MEMBANGKAK biaya tagihan. Mungkin, sebagian teman ngerumpi sudah pada tahu “SUPER RAHASIA MENGHEMAT LISTRIK”. Namun bagi yang belum tahu, pasti-nya ingin tahu kan? Pakai BANGET! Benar nggak tuh :) Baiklah rahasia super menghemat listrik ini sebenarnya tidak hanya dibebankan oleh sang perempuan saja, tetapi juga harus gotong royong bersama.


Hemat listrik itu bukan tugasnya Mak Mama rempong saja, tetapi seisi rumah ikut handil dalam memperihatikan arus listrik. Sebenarnya sangat mudah dan sudah terbukti efesien dan sekaligus mencegah terjadinya arus pendek atau konslet yang menyebabkan kebakaran.

Caranya, ini dia! Si biang rumpi akan bagi kepada teman ngerumpi sekalian. Semoga Senin ceria di bulan terakhir Februari ini membawa cinta di rumah teman sekalian.

MATIKAN AC ATAU KIPAS JIKA TIDAK DIBUTUHKAN
Ah, biasa aja! Masa iya kita harus matikan kipas atau pendingin ruangan (AC) ketika kita sedang berpergian? Nanti malah semakin mahal, jika mati dan dihidupkan kembali. Tentu saja, jika kita mematikan AC maupun kipas angin saat tidak digunakan maka arus listrik tidak akan terpakai. Jadi, ya TEMAN BERHASIL MENGHEMAT LISTRIK.




Rahasia agar tagihan tidak membengkak meskipun pakai AC. Jangan memakai temperatur AC lebih dari 26 derajat. Sehingga angin atau pendingin tidak akan menarik arus listrik yang banyak

Efesienkan Lemari Es
 Biasanya neh, adik si biang rumpi ini paling tidak teliti dalam menutup lemari es atau kulkas. Alias, tidak rapat. Wah, si biang rumpi paling suka berteriak, “Siapa yang habis buka lemari es tidak di tutup rapat.” Mau tahu, alasannya kenapa sampai seheboh itu?
  


Sebab jika ada celah udara maka suhu dingin akan melarikan diri. Jika, di tutup rapat, suu dingin tidak  dapat melarikan diri. Sehingga mesin lemari es tidak bekerja ekstra untuk terus mendinginkan lemari es. Plus, idealnya neh teman ngerumpi suhu freezer ada baiknya minus 15 sampai minus 18 derajat celcius.  

Matikan Charger Ponsel
Tahukan teman ngerumpi, 10 persen dari pengguna listrik yang kita gunakan di rumah akibat dari charger ponsel yang selalu tetap siaga. Pasti teman rumpi tida tahu bahwa charger ponsel yang tidak digunakan dan masih dalam keadaan hidup bisa mengeluarkan arus listrik hingga 10 persen, apabila dalam keadaan standby dan tidak di pakai. So, sesudah di pakai mengisi batre ponsel. JANGAN LUPA DICABUT.

 Matikan Perlengkapan Elektronik Dapur
Biasanya ini mak-mak paling senang masak nasi pakai rice cooker bukan? Praktis dan nggak pakai ribet. Caranya dengan habis nasi matang di rice cooker langsung matikan saja setrum atau daya listriknya. Nah, jika senang pakai microwaves, rahasia jitu saat memasak makanan beku. Sebelum di masak, hilangkan dulu suhu dingin dari kulkas dengan mendiamkan sejenak, sampai suhu beku mencair dan kemudian masukan ke dalam microwaves untuk menghemat daya listrik yang bekerja memanaskan makanan dingin tersebut.


Nah, masih berpikir ini hanya tugas mak rempong saja? Tentu saja tidak demikian bukan? Ada baiknya, semua saling bahu membahu dalam memperhatikan arus listrik yang digunakan di rumah. Listrik hemat, semua senang! Sebab, uang tabungan jadi bisa bertambah untuk liburan keluarga.

KESIMPULAN
Hemat listrik bukan untuk keperluan pemerintah saja! Tetapi kita yang di rumah juga perlu melakukannya. Walaupun, teman sekalian berlebih bukan berarti mengganggap remeh penggunaan arus listrik di rumah. Sebab, hemat listrik berarti kita juga menghemat energi yang ada di bumi ini. Dompet senang, bumi pun bahagia.


Salam Biang Rumpi


Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia  dan kotacinta dan temukan artikel menarik lainnya

CONVERSATION

2 comments:

  1. Beberapa bulan ini listrik jg naik trs. Memang naik ya tiap bulannya? padahal udah hemat banget makenya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. walau hemat jika malam kabel tv atau pun ponsel tidak di cabut sama saja makan arus mbak. Memang benar seh, 20 persen arus keluar walaupun tak di pakai hihihi begitulah kira2 bunyinya. nah lo apa lagi, pagi2 lagi eror neh brainnya haha

      Delete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan