Tips Memasak Bagi Pemula

Let’s Go to Kitchen

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat. Kali ini, si biang kerok mau jadi seorang ahli penasehat khusus bagi teman ngerumpi yang masih pemula dalam urusan dapur. So, jam tayangan blog ngerumpi yuk ini bakalan semakin seru dengan gossip murahan ala si biang rumpi ini! Kebenarannya bisa diuji koq, jika ini tidak sesuai dengan FAKTA yang ada disekeliling kita.
Pengen tahu tips memasak bagi pemula ala si biang kerok ini temans? Yuk, kita simak bersama dalam tayangan nyeleh ala si biang kerok.

MASUK DAPUR


Sebelum bisa memasak, kita harus terbiasa masuk dapur dulu teman rumpi. Bagaimana mau belajar masak jika kita enggan masuk dapur! Benarkan? Jadi, kenali dapurmu terlebih dahulu untuk melihat dimana biasanya orang rumah meletakan perlengkapan dapur, seperti kompor, panci, wajan, bumbu dapur dan sebagainya.

HARUS TAHU ALAT DAPUR


Nah, masuk level berikutnya, kita harus mengetahui perlengkapan apa saja yang ada di dapur. Ternyata jenis dan bentuk panci itu beragam, termasuk jenis wajan dan juga bagaimana cara mengunakannya. Misalnya saja, panci besar jangan digunakan untuk merebus air untuk minum kopi. Bakalan lama panasnya. Wajan super besar jangan digunakan untuk goreng telur sebutir, bakalan kelamaan nunggu panas merata pada wajan. Nah, seperti itu kan teman rumpi? Benar tidak ya?


JANGAN TAKUT DENGAN PISAU


Bagaimana mau menjadi super ahli untuk urusan dapur, jika teman takut megang pisau. Nah, pisau itu salah satu alat wajib bagi yang ingin bisa masak. Kenapa? Karena gunanya pisau itu sangat banyak, memotong, memecahkan telur, dan sebagainya. Jadi, jangan sampai takut memegang pisau jika teman belajar masuk dapur. Jangan sampai salah menggunakan pisau, bagian tajam dibawah bukan DIATAS. OK!

BUMBU DAPUR WAJIB TAHU


Sudah mulai mengenal perlengkapan dapur, menggunakan pisau yang baik dan benar. Sekarang masuk ke inti yang wajib diketahui teman pemula yang ingin belajar masak. Bumbu dapur itu beragam dan jangan sampai salah menggunakannya. Sebab, rasa akan kacau binggo! SO, jangan sampai mau menambahkan merica bubuk eh salah mengenali yang dikasih vitcin atau malah parahnya kapulaga. Ih, bagaimana rasanya jadinya. Karena itu, kenali bumbu dapur yang buanyak sekali yang harus diketahui dan dipelajari bagi pemula.


 MULAI MASAK PAKAI HATI


Sebagai pemula, kadang masak suka setengah hati. Lantaran, merasa nggak PD  (percaya diri) bahkan minder gitu. Jadi masaknya dengan cemberut. Nah untuk urusan ini bisa fatal lho. Seorang expert mengatakan masaklah dengan cinta, gunakan hati maka rasa masakan akan terasa luar biasa enak. Walaupun yang dimasak telur mata sapi.

RASA BISA DI UPGRADE


Bagi seorang pemula jangan berpikiran masak yang berat-berat terlebih dahulu. Masa saja yang ringan-ringan dan soal rasa step by step bisa diupgrade. Jika teman sudah terbiasa dengan segala urusan dapur.



Nah sekian tips bagi pemula yang ingin belajar memasak. Semoga tips singkat ala si biang rumpi ini bisa diperhatikan dan dicermati dengan seksama. Sebab, semua berpulang dari keinginan teman sendiri, tul tidak benar teman ngerumpi? Semoga teman menyukai urusan dapur ya. So don’t worry dapur bukan musuh atau penjara yang sangat menakutkan koq.

KESIMPULAN
Tidak ada kata terlambat untuk masuk dapur, baik teman rumpi berjenis kelamin pria atau wanita. Asalkan teman melakukan dan mempelajarinya dengan HATI. Sebab, jika teman sudah mulai menyukai sesuatu di dapur. Sehingga urusan dapur tidak lagi menyebalkan atau menyeramkan.




Salam Biang Rumpi

Jangan lupa berkunjung juga ke kitabahagia dan kotacinta dan temukan artikel menarik lainnya di sana

CONVERSATION

12 comments:

  1. Ini saban hariku ya disini ini. tempat paporit Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku mbak, seminggu bisa dihitung pakai satu tangan hehe

      Delete
  2. wah kemarin aku masi bingung ngebedain pala sama kemiri waktu mau masak sambel terasi -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa mbak Ika, aku aja sampai sekarang merica sama ketumbar masih suka bingung yang mana satu :) untung sudah ada yang praktis hehe.. btw, bklog mbak Ika ini apa ya urlnya. Pengen mampir

      Delete
  3. Thanks for sharing, mbak. Saya baru masuk dapur pas weekend, masaknya juga yg gampang-gampang aja, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak :) yang penting statusnya bisa masak hehe

      Delete
  4. kalau memasak pakai hati, boro-boro mau gosong, masak juga gak mungkin hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha koq iso, piye carane iku mbak, penasaran deh hihihi

      Delete
  5. Yang paling bahaya buat aku ya poin mengenal bumbu nih. Kalau masih sederhana kayak garam gula lada sih bisa. Lah kalo udah main rempah ini itu, masih bingung saiah.

    Tapi bener banget, nggak ada kata terlambat untuk bisa masak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mbak, aku juga masih bingung tapi tak ada kata terlambat tuk belajar memasak hehe

      Delete
  6. Dulu sebelum nikah aku gk bisa masak, setelah nikah dipaksain eh akhirnya ya udah biasa deh di dapur, kuncinya niat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. that is all the point i mean mbak.... yups, nothing late if we want to try it.... asalkan ya Niat itu harus ada

      Delete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan