Terkenal Cara Instan

Plagiat Selalu Jadi HOT NEWS


Chitchat.my.id- Aloha, ca va bien? I wish all find right. Eh napa pula bercampur bahasa prancis dengan inggris lol. Bagaimana pun juga, biang rumpi berharap teman ngerumpi pada sehat semua. So, mari aku ucapkan “Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk!” Nah, pembahasan kali ini mengenai plagiat. Sebenarnya sudah lama ingin membahas ini, tetapi belum menemukan momen yang tepat. Sejujurnya, biang rumpi selalu bertanya apa seh yang dicari dari meniru karya orang lain? Apakah teman ngerumpi pernah berpikiran sama seperti biang rumpi atau malah lebih ekstrim lagi. Atau bahkan do not care lah hihihi. . . .

Biang rumpi tidak perlu menyebutkan nama si A, si B dan si C. Pasalnya, tidak hanya satu atau dua orang saja yang kerap kali melakukan plagiat. Entah mereka sengaja ataupun tidak sengaja. Pembahasan ini sangat hot di beberapa forum dan juga group whatsapp yang biang rumpi ikuti. Apakah menceritakan ulang tersebut sama dengan plagiat? Sebagian orang bertanya-tanya. Tentu saja menceritakan kembali bukan plagiat tetapi mengaku karya orang menjadi karya sendiri, itulah yang dinamakan plagiat. Namun, biang rumpi pernah membaca di salah satu artikel social network, entahlah tidak ingat mengenai pembahasan sama tetapi tidak serupa.

Pada suatu hari, eh, memangnya biang rumpi sedang mendongeng apa hihi. Lebih baik diganti saja, pada suatu waktu, biang rumpi sedang stalking blog beberapa temans tetapi mereka pada ngandat menulis. Bosan ah, akhirnya buka sosial media dan disana biang rumpi membaca curhatan seorang editor. Ia mengaku bawasanya dia sedang mengedit dua cerita dalam bentuk novel sama persis alur ceritanya dan yang membedakannya adalah setting lokasi.

Ingat ya teman ngerumpi, mereka (kedua penulis tersebut, red) sama-sama mengirimkan tulisan mereka ke salah satu penerbit nasional dan kebetulan pula kedua buku tersebut jatuh pada editor yang sama. Editor ini merasa bingung dan mencoba mencari tahu. Ternyata keduanya tidak saling kenal dan berada di daerah yang berbeda. Apakah kemiripan dan kesamaan yang bisa dikatakan 80 persen tersebut adalah hasil plagiat? Persoalan ini masih samar-samar dan tidak jelas. Namun, sebagai seorang blogger dan penulis pemula, no worry guess. Kalau tulisan kalian sama persis pada suatu waktu ketika ada yang sedang searching. Asalkan, kalian memang menulisnya dengan gaya bahasa kalian sendiri.

Siapa coba yang tidak ingin terkenal dan kaya raya atau setidaknya memiliki nama yang diketahui kalayak banyak. Biang rumpi saja mau, tetapi proses untuk menjadi seperti itu tidak ada yang instan. Hanya saja, banyak dari kalangan muda yang menginginkan segala sesuatunya menjadi mudah agar cepat terkenal dan kemudian cepat meredup. Sudah banyak sekali contoh-contoh tersebut bukan? Tidak hanya bagi seorang penulis saja, bagi aktor di dunia perfilman juga merasakan hal yang sama. So, whatever your dream and your ambition. Do it with your spirit and your own skill without do any bad things which in the future, you will sorry about it and everything already late.


KESIMPULAN
Menjadi terkenal adalah harapan dan keinginan banyak orang. Namun, tidak semua berhasil bisa meraih keinginan tersebut. Sangat disayangkan, sebagian orang memilih cara instan agar cepat terkenal. Namun berakibat, fatal bagi dirinya sendiri. Ada baiknya menikmati proses untuk menjadi terkenal, berusaha dan mengasah kemampuan untuk menjadi lebih baik. Sebab, terkenal bukan hanya sekedar memperkenalkan diri kepada kalayak ramai, tetapi menjadi idola dan dibanggakan bagi sebagian orang. Mereka percaya bawasanya mimpi untuk sukses itu ada. Namun, kerap kali mimpi itu dihancurkan dengan cara yang menyakitkan. Sehingga sebagian orang lebih memilih menguburkan mimpi dari pada berjuang dari nol to be hero.



Salam Biang Rumpi



Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia , kotacinta dan Story citra temukan artikel menarik lainnya

CONVERSATION

3 comments:

  1. met pagi mbak, menjadi terkenal. tidak harus masuk tv, atau melakukan sensasi sensasi bodoh yang merugikan diri sendiri. mbak juga ud terkenal loh dikalangan blogger. apalagi yang senang searching didunia maya. seperti mas yang masih blogger pemula. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh... aduh... jadi malu neh cekgu. biang rumpi ini apalah atuh.... hanya seorang fana yang gemar berbagi gosip yang bermanfaat hihihi

      Delete
    2. hahaha, mbak bukan biang rumpi kok, biangnya travel blogger malah :p

      Delete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan