Taman Bunga Ruang Terbatas

Nikmati Keindahan Taman di Ruang Terbatas

Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat,  Ngerumpi yuk! Hari selasa ini, seperti biasa, apalagi kalau bukan membahas topik kece tentang home dan design, khusus di selasa yang hampir mewarnai hari di hari kasih sayang. Tidak ada salahnya jika si biang rumpi ini membahas hal yang berbau kecintaan, ih dibohongin mau hehehe.... si biang rumpi mau membahas tentang keindahan.

Yups, benar sekali membahas mengenai taman bunga. Ayo ngaku siapa di sini yang suka tanaman baik itu berupa pohon atau bunga? Angkat tangannya segi.  Oh, tidak ada yang suka ya, kasihan. Mama si biang rumpi ini demen banget dengan yang namanya tanaman yang indah penuh warna dan juga hijau. Sebab, segar di pandang mata, kalau si biang rumpi suka banget dengan bunga, tapi bunga bank ya hahaha....



Taukah, teman rumpi, tidak perlu memiliki halaman luas bagaikan istana bogor untuk membuat taman yang cantik dan indah tetapi taman bunga juga bisa dibuat dengan ruang atau space terbatas! Teman ngerumpi tepat mampir di hari ini! Karena terpesona dengan banyaknya pilihan design, keindahan taman membuat si biang rumpi menghabiskan waktu dua jam khusus untuk browsing taman bunga ruang terbatas. Banyaknya pilihan membuat si biang rumpi ingin memasukan semuanya saja di bahan rumpian kali ini, tetapi tetap harus memilih yang kece badai untuk dipersembahkan kepada teman rumpi. Akhirnya terpilih 4 koleksi ide untuk masa depan jika ingin membuat taman di rumah.

PILIHAN PERTAMA
Perpaduan teras atau perkarangan rumah yang tidak memiliki banyak ruang. Bisa digabungkan untuk membuat taman dengan ruang terbatas. Percantik ruang agar terkesan private dengan membuat dinding yang terbuat dari kayu yang di polish dan bukan di cat agar terkesan natural. Lalu, pilihlah funiture yang simple dan terkesan old style or klasik. Sehingga nuansa perpaduannya benar-benar terlihat sempurna. Jangan lupa beri kaca. Sebab, kaca memberikan trick pada mata kita. Maksudnya, kaca bisa menciptakan ilusi ruang. Sehingga membuat ruang terbatas jadi terlihat dua kali lipat luas dibanding aslinya.


 Ngerumpi: Pencahayaan dalam Box

Namun itu tergantung pemilihan cermin. Jika memilih cermin kecil tentu saja tidak akan ada dampaknya, kecuali kita rajin berkaca saat berada di taman hehehe. Karena itu, pilihlah kaca  dengan bentuk memanjang. Sehingga memantulkan ruangan agar terlihat luas. Selain itu pilihlah tanaman dalam  yang tidak perlu tanaman yang super ribet atau ukuran kecil. Pilih tanaman yang bisa tumbuh tinggi dan padukan dengan tanaman merambat agar benar-benar seperti berada di alam. Sehingga kalian dibawa ke dalam taman kota yang asri dengan kehijauan. Perpaduan coklat dan hijau membuat taman bunga ruang terbatas akan membuat mu betah duduk santai sambil menikmati sore hari sambil ngeteh or ngopi dengan membaca buku santai.   
                                             
PILIHAN KEDUA

  Ngerumpi: Punya Office di Rumah

Tidak memiliki sisa tanah yang luas hanya sedikit saja tanah di samping rumah. No worry, kita bisa menyulap sisa tanah yang tidak seberapa itu menjadi taman yang asri dan indah. Segar di pandang mata serta memberikan udara fresh  di pagi hari. Namun, sebelumnya, kita harus sedikit mengubah dinding rumah menjadi pintu kaca atau jendela kaca yang bisa dibuka dengan bentuk dan ukuran panjang sesuai dengan keinginan kita. lalu, di sisa tanah yang terbatas itu, kita bisa menanamkan tumbuhan. Bagusnya kita buat seakan berada di taman tropis, jadi pilihlah tamanan yang menjulang seperti tanaman palem, pohon pisang hias atau bahkan bisa pohin pisang asli, kenapa tidak! Sekaligus bermanfaat kalau tamanan pisangnya berbuah, kita bisa menikmati pisangnya. Jangan lupa biar terkesan eksotis, setelah ditanamin tanaman, tanahnya diberi hiasan batu agar terkesan bersih dan menarik.

Pengen memberikan nuansa warna-warni dalam taman ruang terbatas, tidak masalah. Teman ngerumpi bisa memberikan bunga yang ditaruh di dalam pot, sehingga tidak hanya hijau saja tetapi juga warna-warni bunga yang indah.

PILIHAN KETIGA

Tidak memiliki ruangan, tetapi ada membuat teras di ruangan bawah. Yuk, kita buat sedikit berbeda seperti berpikir di luar box. Wah, apa maksudnya itu? Maksudnya kenapa tidak mencoba hal yang berbeda. Salah satunya seperti Pilihan ketiga yakni membuat meja gantung yang diterangi dengan lampu liontin kawat, yang di design dengan tanaman hias sedikit diatas lampu membuat nuansa sedikit unik tetapi nyaman. Jangan lupa, pot bunga yang berisi tanaman seperti palem agar terlihat sudut ruangan terlihat hijau. Asyik ya, jika si biang rumpi memiliki taman ruang tebatas seperti ini bakalan betah bekerja di sini dengan nuansa putih, yang membuat taman jadi terlihat bersih dan indah. apalagi meja gantung sangat klasik dan unik. Tidak percaya berada di taman terbatas ini bisa menemukan sensasi yang berbeda. Pasti, banyak inspirasi yang didapat saat duduk santai di teras ruang tebatas seperti ini.

PILIHAN KEEMPAT


Tidak memiliki banyak ruangan atau sisa tanah, cuma ada sedikit di halaman belakang. Yuk, sulap menjadi taman yang indah dan teduh di halaman belakang. Apalagi jika teman ngerumpi senang bermain warna, wah semakin seru ya. Saat melihat gambar Pilihan Keempat si biang rumpi merasa excited banget, seperti berada di taman bermain atau kamar yang indah. Bayangkan saja dua bangku yang nyaman dengan bermain pada warna, tamanan hijau yan membuat ruangan jadi terkesan asyik. Apalagi tanaman yang dipilih tidak terlalu banyak tetapi malah matching banget dengan dinding berwarna. Karena cuaca panas, bisa menutupi atap dengan kain malah membuat nuansa etnic dan unik.

Sehingga halaman belakang teduh adalah tempat yang bagus untuk menghabiskan sore. Mencerahkan tampilan dengan bantal berwarna-warni, kain, karpet luar ruangan, dan pot dalam berbagai warna dan pola. Terlihat sangat menyenangkan bukan?

Source Design Taman Bunga Ruang Terbatas

Trick the eye: With space at a premium in city areas, create an illusion of space with a contemporary mirror panel. Use it to visually double the amount of space you have and increase light levels in darker corners. Choose long sheet mirror to keep the look urban and complement with contemporary linear fencing. Enhance the sense of privacy with ornamental grasses, potted evergreens and climbing plants.  (Pilihan 1)

Go tropical: When you have a small internal courtyard or outside space, leave the wow factor to the plants. Look for tropical varieties hardy enough to withstand the vagaries of the British weather and plant up your own jungle oasis. Add instant drama with towering palms, strappy phormium and cordyline and feather-leaved tree ferns like dicksonia. Be aware that some may need a bit of protection over the winter and add slate chippings to help retain moisture in the summer and make maintenance easier. (Pilihan 2)

Think outside the box: A hanging table lit with wire pendant lights, makes an interesting change to standard garden furniture. Faux-grass lettering is used to create a fun feature wall that’s in keeping with the quirky nature of this patio garden. (Pilihan 3)

(Pilihan 4) (Sorry I dont remember the source, coz some datas close before getting save.



KESIMPULAN
Taman bunga bukan sekedar mempercantik rumah tetapi lebih pada kebutuhan akan kenyamanan dan rileksasi. Sebab, melihat keindahan akan membuat jiwa yang lelah akan kembali segar dan bahkan awet muda. Terbukti mama si biang rumpi, hidupnya lebih sehat dan bahagia. Karena kebahagiaan bukan hanya sekedar jumlah harta yang kita miliki tetapi hobi dan passion yang bisa membuat kita hidup merasa bersyukur. Sebab, ketika melihat keindahan kita akan terus merasa bersyukur.

Salam Biang Rumpi


Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia  dan kotacinta dan temukan artikel menarik lainnya
  

CONVERSATION

3 comments:

  1. wah bagus ya taman-tamannya, inspiratif banget!
    personally aku sendiri lebih banyak mengutilisasi terarium dan hanging pot plants karena space untuk bunga-bunga memang minim sekali dirumah. selain lebih mudah dibersihkan, juga lebih mudah mengontrol tanaman, mengingat kalo disini hujan, anginnya suka wow sekali!

    ReplyDelete
  2. Pilihannya imut nan kece Mbak. Untung tempatku di desa. Masih byk ruang untuk ditanamin :)
    KAlo di dalam rumah, tanaman di air sih, subur juga. Bikin mata seger

    ReplyDelete
  3. bagus sekali infonya.. inspiratif sekali

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan