Tips Memotong Anggaran Gaya Hidup

Cara Memotong Gaya Hidup Ketika Pendapatan Berkurang

tips mengatur anggaran keuangan
Chitchat.my.id- Aloha, apa kabar semua. Selamat datang di jam tayangan ngerumpi nyeleneh di blog ChitChat, Ngerumpi yuk! Nah, pembahasan kali ini keuangan. Sudah lama ya, tidak ngerumpi mengenai finansial, apalagi di masa pandemic begini. Rupanya, biang rumpi bisa bertahan karena memotong beberapa anggaran di masa sulit. Mengatur keuangan itu sangat penting tidak hanya di masa pandemic, tetapi juga di masa datang.

 Mungkin ada saatnya teman ngerumpi harus menyesuaikan diri dengan pemotongan gaji. Teman ngerumpi bisa memutuskan untuk beralih perusahaan atau karier dan mengambil gaji yang lebih rendah karena peluang untuk tumbuh sangat besar. Teman ngerumpi mungkin terpaksa menerima pemotongan gaji karena PHK atau karena perusahaan teman ngerumpi membatasi paket bonus mereka. Namun, pilihan lain adalah teman ngerumpi mungkin ingin pekerjaan dengan lebih sedikit stres, dan bersedia menerima potongan gaji untuk menghilangkan stres itu.

 

Banyak orang yang bekerja sebagai marketing berharap penjualan laris manis dengan harapan menghasilkan lebih banyak. Namun, ketika teman ngerumpi menyadari gaji menurun, teman ngerumpi perlu mengambil langkah segera agar teman ngerumpi bisa terus mengelola uang secara efektif. Dengan pemotongan gaji apa pun, penting untuk mempertimbangkan dengan cermat kapan dan bagaimana teman ngerumpi akan mengurangi gaya hidup.

 

Buat Anggaran Baru


tips mengatur anggaran keuangan

Langkah pertama yang harus teman ngerumpi lakukan adalah membuat anggaran baru berdasarkan gaji baru teman ngerumpi. Jika pekerjaan baru teman ngerumpi di lokasi baru, biaya hidup dapat menyesuaikan atau menurunkan dan harus dipertimbangkan ketika teman ngerumpi menerima tawaran baru. Gaji dapat mencakup lebih banyak jika teman ngerumpi tidak tinggal di daerah dengan biaya hidup yang tinggi.

Saat teman ngerumpi membuat anggaran baru, pastikan mencantumkan kebutuhan dan kemewahan dalam kolom terpisah. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk menemukan area yang dapat teman ngerumpi kurangi dengan lebih mudah. Hal ini pernah biang rumpi alami, ketika bekerja di Jakarta. Biang rumpi beberapa kali ganti pekerjaan, sehingga harus membuat perencanaan kembali di sesuaikan kebutuhan dan juga pendapatan. Nah, apabila teman  ngerumpi tidak yakin apakah penghasilan akan menutupi pengeluaran, teman ngerumpi mungkin perlu mengganti anggaran terlebih dahulu. Pastikan, teman ngerumpi dapat melakukannya dengan gaji teman ngerumpi saat ini.

 

Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting

Seringkali cara termudah untuk melakukan pemotongan anggaran adalah dengan menghentikan atau membatasi pengeluaran diskresioner teman ngerumpi. (pengeluaran biaya pada aset tetap yang bisa dikurangi dan tidak berdampak pada kebutuhan lain). Contohnya ya, teman ngerumpi bisa memotong untuk semua kategori seperti pakaian, hiburan, dan makanan hingga 10 persen. Jenis pemotongan ini dapat memudahkan teman ngerumpi menemukan uang yang teman ngerumpi butuhkan tanpa mengurangi secara drastis area apa pun. Namun, mereka mungkin tidak cukup, dan teman ngerumpi harus memilih jenis pemotongan yang dibuat.

Hal ini juga bisa menghentikan kebiasaan finansial yang buruk karena teman ngerumpi tidak lagi memiliki uang untuk dihabiskan. Tantangan yang hemat mungkin membantu teman ngerumpi menemukan cara-cara ekstra untuk menabung dan mengendalikan pengeluaran teman ngerumpi, mantap kan!

 Cari Cara untuk Menghemat Kebutuhan Anda


tips mengatur anggaran keuangan

Teman ngerumpi juga bisa memotong tagihan bulanan. Ketika sewa naik, cari tempat tinggal yang lebih murah, atau teman ngerumpi mungkin perlu mempertimbangkan menjual rumah dan perampingan jika penurunan penghasilan teman ngerumpi cukup besar.

Pilihan lain adalah mengurangi skala rencana bulanan teman ngerumpi seperti TV kabel, Internet, dan ponsel. Meskipun penghematan mungkin tidak besar dengan memangkas kembali pada setiap paket, kombinasi tersebut mungkin cukup untuk membantu teman ngerumpi menghemat uang. Potong semua tagihan yang tidak  teman ngerumpi butuhkan. Seringkali tagihan bulanan seperti biaya untuk Netflix atau TV Kabel dimasukkan ke dalam kategori kebutuhan karena mereka keluar setiap bulan, tetapi seharusnya tidak.

 Langkah-langkah ini dapat berarti bahwa teman ngerumpi tidak perlu memotong pengeluaran diskresi sebanyak mungkin. Teman ngerumpi bisa menemukan ide lain untuk menghemat, misalnya belanja di toko yang berbeda dari langganan sebelumnya untuk mencari harga murah. Misalnya, mencari barang potongan harga di Mall atau swalayan tentu. Tentunya, dengan cara seperti ini bisa menghemat biaya pengeluaran bulanan.

 Menyimpan dengan Menempatkan Koin ke dalam Stoples

Ketika teman ngerumpi melakukan pemotongan, mungkin tergoda untuk memotong tabungan atau kontribusi pensiun teman ngerumpi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun, keputusan ini akan merugikan teman ngerumpi dalam jangka panjang. Tema ngerumpi masih ingin berkontribusi 15% dari penghasilan ke dalam rekening pensiun. Tentu saja, karena penghasilan teman ngerumpi lebih rendah sekarang, namun jangan dilakukan ya. Sebab, teman ngerumpi harus menjaga tujuan tabungan yang sama.

Lihatlah tujuan teman ngerumpi dan temukan cara untuk terus menghemat uang. Jika teman ngerumpi membuatnya otomatis dan mentransfernya saat teman ngerumpi dibayar, akan lebih mudah untuk tetap menabung. Jika teman ngerumpi memiliki gaji yang lebih kecil, bahkan lebih penting untuk memiliki tabungan yang dapat diandalkan saat teman ngerumpi menghadapi keadaan darurat.

 

Pikirkan Tujuan Jangka Panjang Anda

Jika ini merupakan pemotongan gaji yang direncanakan, pastikan teman gerumpi masih dapat memenuhi tujuan keuangan teman ngerumpi yang lain. Ini dapat mencakup hal-hal seperti kepemilikan rumah, pensiun, tabungan kuliah, atau perencanaan liburan. Jika teman ngerumpi tahu ini bersifat sementara, misalnya tinggal di rumah sampai anak-anak bersekolah, buatlah rencana tentang bagaimana teman akan meningkatkan penghasilan teman ngerumpi ketika tiba saatnya untuk masuk kembali ke dunia kerja. Teman ngerumpi mungkin perlu mengikuti sertifikasi atau pelatihan lain sehingga teman ngerumpi dapat dengan mudah menemukan pekerjaan.

Pertimbangkan untuk beralih karier sepenuhnya jika teman ngerumpi tidak bahagia dan mencari peluang untuk meningkatkan kualifikasi dan meningkatkan gaji teman ngerumpi. Pastikan teman ngerumpi tidak kehabisan utang selama waktu ini karena dapat terus menahan teman ngerumpi setelah Anda mulai bekerja lagi. Dibutuhkan disiplin untuk menangani pemotongan gaji karena teman ngerumpi terbiasa dengan harapan gaya hidup tertentu dan itu bisa lebih sulit ketika teman ngerumpi memiliki anak di rumah.

Sebab itulah membuat perencanaan keuangan dan memetakan pengeluaran sangat membantu untuk mengatasi persoalan keuangan. Apalagi di era pandemik seperti ini. Pastikan pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan!

Salam Biang Rumpi




Jangan lupa berkunjung juga ke  kitabahagia Story citra, petunjukhidup, asiabutterflytraveler dan jejakcantik 
temukan artikel menarik lainnya




CONVERSATION

7 comments:

  1. Selama pandemi saya jadi banyak belajar mba, banyak kebutuhan yang saya pangkas ternyata saya merasa jadi lebih plong

    ReplyDelete
  2. Bener kak.. harus punya anggaran baru. Sekarang sebisa mungkin hidup pake mode bertahan/survival. Karena gaya hidup bisa menyedot pemasukan kita bahkan tabungan. Kan kita gak tau pandemi ini sampe kapan berakhirnya.

    ReplyDelete
  3. Untuk gaya hidup memang harus dipotong habis he he

    ReplyDelete
  4. Tabungan koin emang penolong banget, kak. Apalagi kalau pas terdesak. Tinggal tuker ke abang parkiran, jadi deh dana darurat yang bisa dipake pas lagi tipis tipisnya rekening

    ReplyDelete
  5. Wah bener nie kak mengurangi pengeluaran beli baju,sepatu sama jalan2 huhuhu, kalau koin aku selalu masukin celengan jerapahku sie tapi koin 1.000 paling kecil huhuhu

    ReplyDelete
  6. Menyimpan uang receh 5000 kebawah ini sekarang rajin aku lakukan kak, entah buat apa pasti someday berguna. Sengaja naruhnya di tempat yang dekat meja tengah agar selalu terlihat mata, jadi kalau ada receh buru-buru dimasukan

    ReplyDelete
  7. Pokoknya harus pandailah ya mengatur keuangan saat ini. Belum tahu mau sampai kapan pulak pandemik ini. semoga perekonomian kita kembali pulih seera dan makmur semuanya.

    ReplyDelete

Hi Teman Rumpi, terima kasih sudah main ke blog chitchat, ada baiknya berbagi pendapat tanpa meninggalkan spam ya. Kita sama-sama saling menghargai rumah maya kita. Salam, thanks telah meninggalkan biang rumpi manis di sini. cheers @citrapandiangan